makanan khas Sunda
Sumber foto: pingpoint.co.id

Makanan Khas Sunda Yang Mengunggah Selera

Apa saja sih makanan khas Sunda ynag punya cinta rasa lezat?

Jika berbicara tentang kulineran daerah satu ini pasti yang terpikir di benak kalian ialah rasanya yang manis. Namun, sebenarnya makanan yang berasal dari sunda punya ragam cita rasa lho, mulai dari rasa asam, segar, pedas, dan asin.

Sehingga tidak heran kan kalau makanan khas Sunda memiliki banyak penggemar di penjuru Indonesia. Lantas hidangan apa saja sih yang populer di hidangankan dengan khas Sunda Yang wajib anda coba?

  1. Karedok

Wah kalau makanan khas Bandung yang pertama ini sudah tidak asing lagi di lidah kita. Makanan yang berbahan campuran jenis-jenis sayur sayuran seperti kacang-kacangan, kubis, tauge, terong kecil, kemangi dan timun mentah. Nah untuk menambah rasa nikmatnya di siram dengan menggunakan bumbu kacang yang telah di haluskan dengan beberapa bumbu penyedap lainnya.

  1. Nasi liwet

Kalau nasi liwet ini sudah pasti banyak di temukan di tempat makan yang menjual makanan khas Sunda.

Sebab nasi ini memiliki rasa gurih yang mana di masak dengan beberapa rempah pilihan seperti cabe, bawang putih, bawang merah, jambal roti dan serai. Terus di santap dengan ikan asin, tahu dan ayam goreng sebagai pelengkap.

  1. Soto Bandung

Dari namanya aja sudah pasti makanan khas Sunda. Karena Bandung termasuk salah satu provinsi di Jawa Barat yang juga wilayah Sunda.

Baca Juga: Tempat Makan Yang Enak dan Akan Mengunggah Selera Di Bandung

Sekilas tampaknya soto ini seperti soto pada umumnya, tetapi setelah menyatapnya akan ada rasa yang unik yakni di tambahnya kacang kedelai di atasnya yang menjadi pembeda sendiri.

  1. Empal Gepuk Daging Sapi

Makanan khas Sunda satu ini di olah dengan cara di pukul-pukul atua di pipihkan hingga teksturnya gepeng dan empuk.

Kemudian selanjutnya untuk memiliki rasa yang lezat di bumbui dengan lumuran bumbu yang bercita rasa manis hingga meresap ke bagian serat-serat daging.

  1. Laksa Bogor

Pasti kalian kira laksa Bogor ini makanan khas kota Bogor, padahal ini kuliner khas Bandung.

Bahkan dasarnya kuning yang berasal dari kunyit dengan di tembah berapa bumbu lainnya yang memberikan cita rasa yang lezat.

Untuk kuah ya di buat dari bumbu seperti ketumbar, lada, kemiri serta bawang putih. Selanjutnya di tambah santan, oncom, dan kaldu ayam di kuahnya yang akan memberikan rasa gurih.

Terakhir saat menghidangkan kuah yang lezat tadi di siram ke mangkuk yang berisi ayam, telur rebus, kemangi dan bihun.

  1. Bakakak Hayam

Ini salah satu makanan khas Sunda yang unik, untuk penyajiannya menggunakan dada ayam yang di belah hingga terbuka dan kemudian di tusuk hingga membentuk Bakakak. Cara memasaknya juga beragam bisa di goreng dan atau di bakar.

  1. Tahu Sumedang

Tahu Sumedang ini banyak sekali penggemarnya. Karena makanan khas Sunda satu ini berbeda dari rasa tahu goreng biasanya.

Dengan memiliki tekstur yang khas, ketika di makan tahu Sumedang renyah dan kering dan di dalamnya lembut gitu.

Untuk mendapatkan sensasi yang lezat enaknya di makan saat masih hangat di cocol dengan sambel atau cabe.

  1. Tahu Gejrot

Satu lagi makanan berbahan tahun khas Sunda. Tahu gejrot ini berasal dari daerah Cirebon.

Di makan dengan kuah pedas yang di olah dari cabe, bawang merah, dan bumbu lainnya yang kemudian tahu nya di potong kecil-kecil agar semua bumbu meresap.

  1. Gemblong

Siapa yang tidak suka sama makanan khas Sunda satu ini? Kalau jajan satu ini khas nusantara jugo lho yang berbahan dasar tepung beras ketan putih. Selanjutnya nya di balut rasa manis karena gula aren. Biasanya di daerah Jawa Timur di kenal dengan sebutan Getas.

  1. Batagor

Bakso tahu goreng atau batagor ini adalah makanan khas Sunda Yang banyak sekali penyukanya bahkan di seluruh daerah ini menjadi makanan favorite.

Awal adanya makanan ini di pengaruh oleh keturunan tiong Hoa.

Kuliner satu ini terdiri dari siomay goreng dan tahu yang berisi olahan ikan tenggiri.

Terus di sajikan ddan di jual dengan bumbu kacang, kecap manis, jerus nipis dan di beri cabe agar ada sensasi pedas.

  1. Nasi Tutug Oncom

Dari kebanyakan dari kita pasti belum tau dengan makanan khas Sunda satu ini. Padahal rasanya sangat lezat.

Ini hidangan yang berasal dari daerah Tasikmalaya dengan campuran nasi dan juga olahan kedelai alias oncom.

Bahkan menu ini banyak di temui di beberapa restoran terkenal di Bandung yang di hidangkan dengan tambahan ikan asin, tempe, daun pisang, jeruk nipis. Selanjutnya yang punyai daya tarik ialah sausnya yang berbahan sambel hijau.

  1. Lotek

Lotek ini hampir sama dengan karedok yang juga sama-sama makanan khas Sunda.

Lotek ini bedanya lebih menyajikan sayur sayuran rebus seperti kacang panjang, bayam, dan kapri. Terus di baluri bumbu kacang dan di tambah kerupuk di atasnya.

Nah, untuk lebih kenyang ada tambahan lontong, nasi, atau mie.

  1. Soto Mie

Sini merapat kalian yang suka makanan mie tapi pengen sesuatu yang beda. Cuba deh soto mie makanan khas Sunda satu ini.

 

Bukan Indonesia saja yang suka kulineran Jawa Barat ini, ternyata negara tetangga seperti Malaysia dan Singapura juga suka lho dengan jenis makanan berkuah ini.

Soto mie di hidangkan bersama kombinasi bahan pelengkap lainnya seperti daging sapi, daging ayam, jeroan sapi juga ada misalnya babat, urat serta kaki sapi.

Kemudian juga di tambah kentang rebus, telur ayam rebus, kacang, tomat dan tauge. Untuk kuahnya sendiri dibuat dari kaldu ayam atau kaldu sapi.

Menambah rasa nikmatnya makan dengan nasi hangat, bawang goreng, sambal, jerus nipis, kecap manis, emping dan cuka.

  1. Sate Maranggi

Sini pencinta sate wajib coba sate satu ini yang berasal dari daerah Purwakarta, Jawa Barat. Bahan utamanya daging kambing atau daging sapi.

Makanan khas Sunda satu ini beda dari cara mengelola yakni dagingnya terlebih dahulu di rendam ke dalam bumbu sebelum di tusuk dan di bakar.

Karena sudah di lumuri bumbu jadi sate maranggi tidak perlu adanya saus lagi. Tapi cita rasa nya lebih nikmat, di atasnya di beri irisan bawang goreng dan tomat seger.

  1. Surabi

Surabi kue yang terbuat dari tepung beras yang di bakar di tungku dari tanah liat.

Sehingga saat di makan akan terasa gurih dan legit. Sekarang makanan khas Sunda satu ini telah banyak barisan rasa agar tidak bosan seperti raca durian, strawberry serta markisa.

  1. Cireng, Cilok, Cimol

Wah ini mah paket komplit untuk dijadikan cemilan saat santai.

Cireng adalah singkatan aci di goreng dengan bahan tepung sagu. Kemudian di bentuk bulat dan di goreng, biasa juga di beri isian seperti sosis, kornet, ayam, abon, bakso.

Selanjutnya ada cilok yakni aci dicolok. Rasanya yang legit dan kenyal. Rasa kenyal tersebut karena ada tambahan tepung terigu dan tepung sagu. Setelah di bentuk kemudian di goreng. Biasanya akan di tusuk dan di lumuri bumbu kacang.

 

Cimol singkatan dari aci digemol dengan vahna dasar sagu di bentuk bundar-bundar seperti bola terus di goreng dengan api kecil. Setelah matang di santap dengan bumbu kering atau basah juga enak. Seperti rasa keju, BBQ, pedas, asin atau saus dengan kecap juga enak.

  1. Misro

Ini makanan khas Sunda Yang berbahan utama parutan singkong yang digunakan untuk mebalut isiannya gula merah. Bentuk Misro ini bulat pipih dan enak di santap saat panas agar isinya lumer di mulut.

 

Itulah beberapa makanan khas sunda yang bisa anda coba saat melanjoh Ke Bandung dan beberapa di antaranya juga sudah tersebar di kota anda. Karena memang makanan Sunda itu enak semua. Oh ya semoga artikel di atas bermanfaat.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *