Gedung Sate Bandung
Sumber Foto: kompas.com

Gedung Sate Bandung Bangunan Bersejarah

Gedung Sate Bandung merupakan salah satu di antara tempat bersejarah yang terkenal di Kota Bandung. Bangunan ini ialah peninggalan masa kolonial Belanda yang sampai sekarang mempunyai daya tarik tersendiri terhadap pegunjungnya.

Tahukah anda pemberian nama gedung sate ini di ambil bukan tanpa alasan yang jelas. Atau di antara kita ada yang mengira bahwa gedung sate ini berbentuk sate atau ada yang menjual berbagai jensi sate disan? Lalu apa ya sobat pesonanusantaraku Gendung Sate Bandung itu?

Sejarah Gedung Sate Bandung

Gedung sate adalah kebanggaan masyarakat Jawab Barat. Yang telah berdiri kurang lebih 100 tahun lamanya. Daya tarik gedung sate ini adalah terdapatnya ornamen enam tusuk sate yang ada di atas menara sentra.

Enam tusuk sate sendiri melambangkan 6 juta Gulden yang di pakai untuk mengembangakan gedung satu ini yang berwarna putih pada masanya. Di pemerintahan kolonial Belanda sering di sebut Gouvernements Bedrijven (GB)

Di bangun sekitar tahun September 1920 hingga sampai saat ini bangunannya masih berdiri kokoh dan berfungsi sebagai pusat pemerintahan Kota Bandung. Hingga di jadikan referensi tempat wisata di Bandung yang paling banyak dijadikan tempat berfoto-foto. Sebab arsitekturnya yang nan indah dan medah serta sejarah dan budaya yang di miliki.

Yang merancang gedung ini adalah tim ahli dari Belanda yang terdiri Ir.J. Gerber, Ir. Eh. De Roo dan Ir. G. Hendriks. Tapi model arsitekturnya masih bernuansakan tradisional khas Nusantara yang tidak lepas dari masukan seorang maestro arsitek Belanda yang bernama Dr. Hendrik Petrus Berlage kepada Ir. J Gerber.

Baca Juga: Rekomendasi tempat wisata di Bandung wajib anda Kunjungi!

Angka uang cukup banyak dengan 2000 pekerja yang di kerjakan untuk menyelesaikan gedung, yang terdiri 150 orang ahli pahat dan sisanya terdiri tukang batu, kuli aduk serta peladen yang bersal dari Kampung Sekeloa, Kampung Coblong Dago, Kmaoung Gandok dam Kampung Cibarengkok.

Lokasi dan Jam Operasional Gedung Sate Bandung

Luas gedung ini mencapai 27. 990. 859 M2. Terdiri dari Basement gedung luasnya 3.039,264 m² dan Lantai I 4.062,553 m² dengan teras lantai I seluas 212,976 m². Kemudian di Lantai II seluas 3.023,796 m² di tambah teras LantaII luasnya 212.976 m² serta ada pda bagian menara 121 m² dengan teras menara seluas 205,169 m².

Yang beralamat di Jalan Diponegoro No 22 Kelurahan Cihaurgeulis, Kecamatan Coblong, kota Bandung.

Lokasi ini dekat dengan pusat kota Bandung, dimana untuk sampai ke Bandara Husain Sastranegara hanya membutuhkan waktu tempuh berjarak 5,5 Km. Sedangkan ke Stasiun Kereta Api Bandung berjarak 3,1 Km.

Bahkan juga dekat dengan tempat wisata lainnya seperti Kebun Binatang Bandung yang jaraknya 2,2 Km, selanjutnya jarak ke tempat wisata Forest Walk di Babakan Siliwangi dan Teras Cikapundung BBWS berjarak sekitar 2,9 Km.

Untuk jam operasional Gedung Sate dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu dengan waktu buka sekitar pukul 08.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.

Tiket Masuk Gedung Sate Bandung

Jika ingin berwisata disini tak perlu mengelurkan uang yang akan menguras kantong anda. Sebab harga tiket masuk sangat terjangkau jika berkunjung ke sini cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 5.000 yang di dapat dengan registrasi online di website Museum Gedung Sate.

Sobat pesonanusantaraku mengingatkan saat berkunjung kesini untuk menaati secara cermat semua aturan yang ada karen agendung ini juga di gunakan sebagai kantor pemerintahan kota Bandung.

Spot Di Wisata Gedung Sate

Ada beberapa spot yang bisa ada nikmatai saat berada di Geudng sate yakni:

Keindahan Taman   

Awal pintu masuknya anda sudah bisa menikmtai halaman taman yang luas serta terlihat indah. Di taman ini juga banyak yang mengabadikan momentnya bahkan sering dijaidkan juga untuk lokasi foto prewedding. Keindahan taman di tambha dengan latar gedung yang megah.

Melihat Uniknya Gamelan

Gamelan adalah alat musik khas Sunda yang akan anda temui di awal masuk gedung berjajar dengan rapi. Gamelan disini akan dibunyikan jika ada acara tertentu saja seperti menjamu tamu spesial negara yang datang kesini.

Oh ya tidak heran jika ketika da masuk ke gedung ini terlihat ruang berbentuk kantor sebab memang tempat gedung ini ialah kantor pemerintahan kota Bandung.

Berkunjung Ke Museum

Di dalam gedung ini tepatnya di lantai dasar terdapat meseum dengan berbagai macam koleksi seni terkait dengan Kota Bandung.

Juga ada bebatuan yang digunakan untuk membangun Gedung Sate Bandung sendiri, misalnya batu kali, batu gelas dan baja Swedia.

Bisa Bermain Media Interaktif  

Aktivitas yang bisa dilakukan disini ialah bermain enam instalasi interaktif. Yang mana ada media interaktifnya berupa visual pembangunan Gedung Sate dan miniature Gedung Sate. Sedangkan visual kota Bandung dapat di lihat di bagian lorong yang dekat dengan ruang audio visual.

Berkunjung Ke Ruang Augmented Reality

Menariknya lagi anda bisa masuk ke ruang augmented reality, yang bisa bertemy dnegan animasi orang Belanda dan pekerja yang membangun Gedung Sate Bandung.

Dan anda juga bisa ke ruang terbuka virtula realy yang menawarkan kesan seakan-akan anda melihat Gedung Sate melalui balon terbang.

Melihat Kota Bandung Dari Atas Gedung

Bandung dengan pesonanya dapat dilihat di lantai teratas yang ada di menara setelah anda berkeliling gedung sate. Anda kan langsung di suguhkan view keindahan kota dan pegunungan yang mengelilingi Kota Bandung.

Serta juga akan terlihat pemandangan lapangan Gasibu dan Monumen perjuangan dengan latar Gunung Tangkuban Perahu.

Tips Berkunjung ke Gedung Sate Bandung

Tempat wisata ini berbeda dengan yang lain sebab gedungnya juga dijadikan kantor pemerintahan serta banyak seklai sejarah di sini, bahkan anda juga harus meminta surat izin terlebuh dahulu saat ingin berkunjung. Tips saat berkunjung ialah:

  • Kelilingin semua isi museum gedung sate. Karena akan ada banyak informasi yang di dapat.
  • Anda juga wajib mengunjungi teras atap yang bisa mendapatkan view pemandangan luar gedung dari ketinggian.
  • Bawka kamera terbaik ya sobat pesonanusantaraku untuk mengabadikan setiap momen di Gedung Sate Bandung.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *