Curug Malela Bandung
Sumber Gambar: wisatainfo.com

Curug Malela Bandung Dengan Keindahannya

Curug Malela Bandung merupakan air terjun terbesar yang ada di Jawa Barat. Bentuk dari curug ini hampir mirip dengan air terjun Niagara yang ada di Perbatasan Negara Amerikan-Kanada.

Curug ini sendiri menawarkan pemandangan yang sungguh eksotik. Sebelum menjadi air terjun yang banyak di kenal orang lain seperti sekarang, curug ini terkesan terasingkan. Karena aksesnya yang untuk sampai ke lokasi cukup sulit untuk di jangkau.

Tapi sekarang siapa pun yang berkunjung kesini akan susah move on terhadap keindahan curug. Air terjun ini sangat unik, yang mana melebar dengan alirannya yang deras seperti air terjun Niagara. Bahkan di gadang-gadang sebagai Niagara mini versi Jawa Barat.

Air yang dialirkan dari curug ini ternyata berasal dari hulu sungai bagian utara Gunung Kendeng, Gunung ini sediri ialah gunung berapi yang tidak aktif lagi dan letaknya ada di sebelah barat Ciwidey.

Asal Usul Nama Curug Malela Bandung

Sebelum berkunjung anda harus cari tahu dlu info dari curug ini. Ternyata nama Curu Malela di ambil dari anma penguasa kawasan curug. Anada sudah tahu kan bahwa arti curug adalah air terjun sedangakan kata malela dari nama Eyang Tadjimalela.

Daerah cerita masyarakat Eyang Tadjimalela terkadang suka menampakan dirinya dengan sosok kakek yang berjenggot, mengguankan pakaian serba putih. Yang terkadang ada di background air terjun saat pengunjung mengambil foto.

Tapi tenang itu hanya sebuah kepercayaan daerah setempat.

Lokasi Curug Malela Bandung

berada di Kampung Manglid, Desa Cicadas, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Curug Malela Bandung ini tepat berada di Perbatasan antara daerah Bandung Barat dengan Kabupaten Cianjur.

Area di sekitarnya yang masih hijau dan asri ini dengan ketinggian curug sekitar 60 meter serta lebarnya mencapai 70 meter. Terdapat lima jalur air terjun yang sama-sama memberikan pemandangan nan indah dan mempesona.

Untuk rute menuju curug Malela iini agar bisa menikmati keindahannya anda harus melewati Batujajar kemudian lanjut ke Cililin yaitu belok kanan di pertingaan jalan. Selanjutnya terus lurus melalui Citapen dan belok ke arah kiri.

Setelah itu ada akna menemukan pertigaan jalan, ambi saja arah kiri kembali. Bertemu kembali dengan persimpangan jalan maka   ambil ke arah kanan. Baru setelahnya anda akan sampai.

Untuk jalan akses kesini masih di temukan jalan yang berlubang ya sobat pesonanusantaraku. Tapi anda jangan khawatir jika akan tersesat sebab sudah banyak petunjuk yang tersedia.

Jam Operasional dan Harga Tiket Masuk Curug Malela Bandung

Buat sobat pesonanusantaraku yang ingin melanjong kesini pastikan anda datang pada waktu sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB. Curug ini juga buka setiap hari.

Nah, untuk harga tiket masuk ke curug di banderol dengan harga Rp 5.500 per orang. Saat sampai di parkiran kendaraan baik itu motor atau mobil. Anda dapat  memarkir kendaraan di sana dengan harga kendaraan roda dua Rp  2.000/per unit dan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000/per unit.

Ternyata sampai di parkiran anda harus berjalan kaki atau menggunakan jasa ojeg. Sebab tidak memungkinkan membawak kendaraan. Jasa ojeg disini kendaraannya sudah di desain untuk mengantarkan anda ke tujuan, tarifnya pun kisaran dari Rp 25.000 sampai dengan Rp 30.000.

Baca Juga: Rekomendasi tempat wisata di Bandung wajib ana Kunjungi!

Sedangkan sewa ojek dari curug karena jalannya yang masih menanjak sehingga harga yang di banderol sekitar Rp 40.000. tapi anda juga dapat berjalan kaki dengan kontur tanah liat yang agak basah dan licin serta jalurnya trekking dengan jarak tempuh sekitar 1 Km.

Daya Tarik Curug Malela Bandung

Walaupun akses menuju lokasi tujuan masih sulit tapi disana pengunjung akan di manjakan dnegan daya tarik dari curuh itu sediri.

The Little Niagara Versi Indonesia

Curug ini beda dengan kebanyakan curug pada umumnya. Karena bentuknya yang melebar sehingga di sebut-sebut mirip Niagara Falls yang ada di Kanada.debit air terjun disini tergantung pada musim, jika musim hujan maka debit airnya an deras dengan kondisi iar yang berwarna coklat.

Daya tarik yang di hadirkan curug ini ialah dinding air terjunnya yang berupa batuan berwarna kecokelatan. Serta di sekelilingnya yang masih banyak di tumbuhi pepohon dan semak yang begitu rimbun dan lebat. Memberikan kesan asrinya alam sekitar.

Jika anda ingin mendekati area curug tersedia jembatan penghubung, ari atas jembatan itu anda dapat merasakn hembusan air yang di curahkan. Akan tetapi pengunjung harus tetapu berhati-hati ya apalagi ingin mengambil spot foto agar tidak terpeleset.

Hunting Spot Foto Di Curug Malela Bandung

Tidak afdol bukan jika sudah berkunjung ke objek wisata tanpa mengabadikan moment berharga, berikut beberapa spot foto yang jangan anda lewatkan saat berkunjung ke Curug Malela.

  • Berfoto di tulisan Curug Malela yang berbentuk lingkaran. Ini adalah ikon dari wisata Curug Malela Bandung.
  • Abadikan moment di jembatan nusa indah yang berlatarkan Curug Malela itu sendiri.
  • Selanjutnya di jembatan yang ada dekat dengan Curug Malela, cari spot foto yang instagramable ya agar bisa di posting di berbagai sosial media.

Tips Berlibur Ke Curug Malela Bandung

  • Anda wajib gunakan alas kaki yang nyaman di pakai dan tidak licin
  • Jika membawa serta anak-nak dan orang tua maka lebih baik anda naik jasa ojeg disana.
  • Bawalah minuman secukupnya sebagai bekal di perjalanan jika memilih jalan kaki.
  • Jika anda gunakan jasa ojek pastikan untuk berpegangan yang kuat sebab jalanya yang menanjak.
  • Jangan lupa untuk tetapi jaga kebersihan dan keasrian lokasi Curug Malela Bandung.
  • Siapkan kamera terbaik untuk mengabadikan moment indahnya curug malela.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *