situ patenggang ciwidey
Sumber Gambar: tempatasik.com

Wisata Alam Situ Patenggang Ciwidey

Situ Patenggang Ciwidey adalah salah satu tempat rekriasi yang ada di wilayah Bandung Selatan. Wisata ini wajib anda kunjungi saat melanjong ke Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung Selatan.

Letak tempat wisata ini sangat mencuri perhatian. Dimana berada di dataran tinggi dan dikelilingi oleh perkebunan teh yang indah, sehingga mata para wisatawan akan di manjakan dengan hamparan pemandangan hijau yang masih asri sepanjang perjalanan ya sobat pesonanusantaraku.

Serta sejuknya udara pegunungan mampu menyihir para pengunjng untuk berlama-lama di sana. Dibalut juga dengan kabut tipis yang ada memberikan kesan romantis saat ada di sana. Bagaimana sudah punya rencana untuk melepas penat dari rutinitas bekerja dan berkunjung ke Situ Patenggang Ciwidey?

Sejarah Situ Patenggang Ciwidey

Terdapat kisah melegenda mengenai tempat wisata satu ini. Dimana kisah cinta antara Dewi Rengganis dan Ki Santang yng terpisah sekian lama dan saling mencari, kemudian dipertemukan di Batu Cinta yang ada di Situ Patenggang ini.

Patenggang sendiri berasal dari kata pateangan-teangan yang artinya dalam bahasa sunda ialah saling mencari sedangkan siti bermakna danau.

Dari cerita masyarakat bahwa pada zaman Majapahit dulu hidupnya sepasang kekasih di Bandung Selatan yang keduanya sangat mencintai satu sama lain.

Baca Juga : Wisata Ciwidey Bandung yang Sangat wajib Anda Kunjungi!

Raden Indara Jaya atau yang terkenal Ki Santang yang merupakan keponakan Raja Pajajaran yakni Prabu Siliwangi.

Dan sang wanitanya ialah putri dari Kerajaan Majapahit, yaitu Dewi Rengganis. Dari kisah cinta inilah sejarah Situ Patenggang beredar.

Keduanya di pisahkan saat meletusnya Perang Bubat antara Kerajaan Pajajaran dan Majapahit. Hingga akhirnya keduanya di pertemukan kembali di suatu tempat di Bandung Selatan yang sekarang etrekanl dengan sebutan Batu Cinta Situ Patenggang.

Sekian lama terpisah, Dewi Rengganis mengajukan permintaan untuk di buatkan perahu. Dengan alasan ingin berlayar bersama pujaan hatinya menggunakan perahu tersebut. Dan kabarnya saat ini kapal tersebut berubah menjadi pulau yang berbentuk hati dan diberi nama Pulau Asmara. Ada juga yang menyebutnya pulau Sasaka.

Lokasi Situ Patenggang Ciwidey

Berada di daerah Bandung Selatan, Berdekatan dengan Perkebunan teh Ciwalini. Posisi wisata ini tidak tau dari kawah putih yakni kurang lebih 5 KM setelahnya.

Menjadi lokasi favorit para treveler, bagaimana tidak karena lokasi wisata berupa danau ini terletak pada 1600 meter di atas permukaan air laut dengan dipagari oleh kebun teh Rancabali yang memberikan kesan syahdu. Luas danau ini pun mencapai 45.000 Hektar di dalam kawasan cagar alam seluas 123.077,15 Hektar. Bisa di bayangkan bukan betapa luas ny akwasan wisata satu ini.

Setiap akhir pekan atau libur akhir tahun tempat ini selalu rmai wisatawan. Ternyata awalnya tempat wisata ini dahulu ialah cagar alam atau taman nasional. Kemudian pada tahun 1981 pehutani mulai di kelola menjadi area wisata yang dapat di nikmati kita.

Harga Tiket dan Jam Operasional Situ Patenggang Ciwidey

Tiket masuk ke wisata ini seharaga Rp 18.000 per orang (wisatawan lokal) dan wisatawan Mancanegara Rp 135.000 pada hari senin sampai jumat sedangkan pada hari. Sabtu dan minggu harga tiket di banderol Rp 20.000 (wisatawan lokal) dan wisatawan mancanegara harga tiket seharga Rp 185.000.

Untuk tarif pakir kendaraan roda dua seharga Rp 3.500 sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 11.000, kemudian untuk kendaraan besar misalnya bu sdan truk dikenakan tarif sebesar Rp 22.000.

Jam buka wisata ini setiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan jam 20.00 Wib. Serta jam operasionak tersebut juga berlaku di hari libur nasional.

Fasilitas Di Situ Patenggang Ciwidey

Banyak sekali aktivitas yang dapat dilakukan di sana untuk mendapatkan spot foto yang tentunya instagramable.

Danau Situ Patenggang

Danaunya sendiri berair hijau dengan di kelilingi perkebunan teh dan perbukitan. Disana anda dapat melakukan piknik dengan menggelar tiker dna makanan sambil menikmati keindahan danau.

Pinisi Resto

Ternyata juga tersedia resto yang akan mengisi perut anda dengan ragam makanan. Katanya tak lengkap jika ke Situ Patenggang tidak mampir ke Pinisi Resto ini. Sebab semua pengunjung diperbolehkan untuk masuk ke area ini meskipun tidak membeli makanannya.

Di Pinisi Resto ini makanannya sistem prasmanan, jadi tinggal ambil yang mau dimakan dan bayar di kasir. Harganya? Untuk harganya masih terjangkau kok.

Ada beberapa spot foto keren di Pinisi Resto ini salah satunya di Geladak kapal yang disulap menjadi tempat makan dengan view danau Situ Patenggang Ciwidey yang menawan. Lumayan bukan unti di posting di media sosial.

Jembatan Pinisi

Spot foto disini tidak aklah bagusnya dengn Pinisi resto dimana jembatan gantung ini cukup panjang dengan berwarna putih. Harga tiket Cuma di banderol seharga Rp 10.000.

Batu Cinta

Turun dari spot foto Pinisi Resto, pengunjung bisa masuk ke area Batu Cinta yang terkenal dengan mitos tentang Ki Santang dan Dewi Rengganis tersebut.

Batu di mana pasangan yang saling mencintai yakni Dewi Rengganis dan Ki Santang di Pertemukan setelah sekian lama berpisah.

Taman Kelinci

Disini dpat menjadi tempat bermain si buah hati. Dengan harga tiket masuk seharga Rp 15.000 per orang. Akan tetapi jika anda mengambil tiket terusan makan cukup membayar untuk membeli pakan kelinci berupa wortel seharga Rp 5.000.

Teras Bintang

Fasilitas satu ini wajib kamu kunjungi untuk mempunyai foto yang instagramable, karena terdapat platform berbentuk bintang untuk foto-foto.

Dari atas sini pengunjung bisa melihat keseluruhan area wisata Situ Patenggang dan kebun teh dari ketinggian. Harga tiketnya Rp 20.000 per orang jika tidak membeli tiket terusan.

Floatinglake Bridge

Sesuai dengan namanya yakni adanya jematan yang mengapung di atas danu situ patenggang. Jembatan ini jika ingin kesana juga membayar jadi saran sobat pesonanusantaraku untuk membeli tiket terusan langsung biar menghemat uang.

Wahana Perahu

Spot ini keren lho, tidak afdol jika tidak menggunakannya untuk berkeliling danau dengan perahu motor satu ini.

Harga tiketnya sebesar Rp 30.000 per orang. Bila perkelompok satu perahu di banderol seharga Rp 200.000 per perahu.

Glamping Lakeside

Ini bisa menjadi alternatif untuk anda yang ingin menginap bisa Glamping Lakeside Ciwidey ini.

Jenis penginapan yang ebragam mulai dari yang paling murah yakni Keong Tent Resort dengan harga Rp 1.140.000 per malam.

Tips Berkunjung ke Sotutu Patenggang Ciwidey

• Sebaiknya gunakan kendaraan pribadi. Jarang ada angkutan umum yang menuju ke Situ Patenggang. Agar anda tidak kesulitan akses pergi dan pulangnya.
• Pakailah pakaian yang cukup tebal seperti jaket atau sweater. Hawa di danau ini bakal terasa dingin, belum lagi kalau hujan dan kabutnya turun.
• Bawalah payung supaya, jaga-jaga saat hujan turun. Wisata alam di daratan tinggi cenderung memiliki curah hujan lebih tinggi yang kapan saja hujan.
• Jangan membuang sampah sembarang. Sudah tersedia banyak tempat sampah di sana, pisahkan juga tergantung jenisnya, ya.
• Jangan lupa patuhi protokol kesehatan yang berlaku di sana. Pakai masker, jaga jarak, hindari kerumunan dan cuci tangan.

 

 

Tentang Serli Munawaroh

2 comments

  1. kerenn euy, saya pernah kesini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *