Bukit Jamur Ciwidey
Sumber Gambar: @firman_akoeng

Bukit Jamur Ciwidey Wisata di Bandung

Bukit Jamur Ciwidey merupakan satu dari sekian banyaknya pesona wisata alam yang ada di Kecamatan Ciwidey. Tepatnya berada di kaki Gunung Tilu dan Gunung Patuha  di desa Rancabolang, Kecamatan Ciwidey, Jawa barat.

Wisata satu ini ada di kawasan Geodipa Energi atau Kebun Teh Rancabolang PTPN VIII Ciwidey. Di sekitaran daerah ini juga masih banyak sekali ditemukan rumah-rumah tua yang bergaya Belanda.

Perlu anda ketahui juga bahwa awal mulanya bukan sebagai tempat wisata tapi merupakan perkebunan teh yang banyak di tumbuhi oleh pohon cemara.

Uniknya lagi mengapa disini banyak bangunan rumah bergaya arsitektur Belanda ? karena ternyata pabrik yang mengelolah PT Perkebunan Nusantara (PTPN) VIII ini sudah ada sejak zaman pemerintahan Belanda.

Jika anda ingin datang kesini sobat pesonanusantaraku menyarankan untuk datang di waktu siang hari.

Dengan begitu anda akan mendapatkan latar foto yang cerah. Serta memang disini memiliki pemandangan alam yang nan indah dan hijau. Tempat wisata satu ini juga akan membuat foto-foto anda menjadi instagramable yang bertemakan alam. Bahkan sering dijadikan lokasi untuk foto prewedding.

Nah soal fasilitas umum yang di dapat di Bukit Jamur Ciwidey ini sama saja dengan tempat wisata lainnya mulai dari area parker, toilet, tempat makan dan mushola.

Setelah menikmato dan memutari bukit, anda dapat beristirahat di kayu-kayu gelondongan maupun di gazebo yang ada di wisata ini. Nah fasilitas yang ada disini juga tak kalah keren dari wisata lainnya yaitu spot foto yang instagrammable.

Rute Ke Bukit Jamur Ciwidey

Jarak dari pusat koat untuk sampai ke lokasi ialah sekitar 61 Km dan dapat di tempuh baik menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat. Dengan waktu perjalanan kurang lebih 2 jam 10 menit melewati jalan toll yang sudah ada saat ini.

Sobat pesonanusantaraku juga mengingatkan bahwa untuk sampai ketujuan ini jika mengguankan kendaraan roda dua anda perlu mengeluarkan tenaga dan waktu yang ekstra. Karena lokasinya cukup jauh dari perkotaan dengan medan jalan yang berbatuan dan tanah. Apalagi saat hujan makan akan membuat jalan yang dilalui menjadi licin.

Harga Tiket Masuk Bukit Jamur Ciwidey

Tak perlu khawatir jika anda berpikir untuk berwisata disini harus menguras kantong. Karena harga tiketnya Cuma di banderol Rp 5.000 untuk per orangnya. Biaya parker kendaraan beroda dua hanya Rp 2.000 sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000.

Jam Operasional Bukit Jamur Ciwidey

Buka setiap harinya mulai dari pukul 08.00 WIB hingga jam 17.00 WIB. Sehingga anda dapat datang kapan pun ada waktunya

Spot Foto Di Bukit Jamur Ciwidet

Sobat pastikan anda tida akan menyesal daatng kesini karena pemandangan yang menakjubkan di tawarkan tempat ini akan membuat anda refreshing mata dari sibuknya aktivitas bekerja. Serta spot foto yang tak kalah dengan wisata lainnya.

Pepohonan Cemara

Ternyata bukit yang ada di sini tidak di penuhi jamur lho. Melainkan area perbukitan setengah lingkaran yang menyerupai semacam taman. dimana di sana banyak ditanami sejenis pohon cemara kerdil, sehingga menyerupai tanaman jamur payung gitu.

Pastinya akan cocok dong jika berfoto di antara pohon tersebut yang akan menghasilkan gambar unik nan instagenic serta disana juga terdapat kursi kayu untuk duduk saat mengambil spot foto. Serta ad juga gazebo yang beralatarkan pepohonan cemara.

Poho-pohon tersebit berderetan dengan rapi sehingga menghasilkan foto yang keren. Sebab Itu juga mengapa tempat ini  sering dijadikan spot untuk foto pre-wedding.

Baca Juga : Wisata Ciwidey Bandung yang Sangat wajib Anda Kunjungi!

Awal viralnya pun di media sosial, membuat banyaknya pengunjung dari luar Kabupaten Bandung datang berbondong-bondong untuk menikmati keindahan alam bukit Jamur Ciwidey tersebut. Bahkan ketika pandemi pun, masih banyak orang yang mengunjunginya. Karena kekhas-annya.

Kebuh Teh

Tak jauh dari Bukit jamur Ciwidey, anda dapat mampir ke kebun the. Di perkebunan the ini anda dapat berfoto sepuasnya untuk dapat menghasilkan foto-foto yang bagus. Misalnya berfoto di sela-sela pohon teh dengan tatanan yang sangat menarik.

Bangunan Klasik Belanda

Kemudian spot foto yang ada di Bukit Jamur Ciwidey ialah bangunan bergaya arsitektur Belanda. Bangunan tersebut tidak lah jauh dari pabrik tehnya. Bahkan yang benar-benar menandakan bahwa itu bangunan rumah klasik Belanda yakni adanya cerobong asap sebagai penghangat ruangan. Dengan begitu  bangunan dan cerobongnya  dapat Anda manfaatkan sebagai spot foto.

Tips Saat Berkunjun Ke Bukit Jamur Ciwidey

  • Pastikan cek ban kendaraan anda, terutama bagi yang akan mengendarai mobil. Sebaiknya bawa ban cadangan, karena akan melewati jalan yang berkerikil dan cukup menanjak.
  • Untuk mengehamt pengeluaran ketika berkunjung sebaiknya bawa minum dan makanan ringan dari rumah, karena memang juga alasannya jarang ada warung makanan di daerah tersebut. Jika ada pun tak begitu banyak.
  • Bagi yang gak tahan dingin, sebaiknya gunakan jaket atau pakaian hangat. Karena suhu di sana cukup dingin maka gunakan pakaian tebal untuk menghangatkan tubuh anda
  • Jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Dan ingat tetap patuhi protokol kesehatan saat berwisata dimana pun dan kapan pun
  • Apabila anda membawa buah hati ataupun anak kecil, selalu perhatikan dan jangan sampai jauh dari jangkauan kalian.

 

Nah demikian sedikit informasi mengenai tempat wisata Bukit Jamur Ciwidey dari sobat pesonanusantaraku. Semoga dapat membantu anda dalam berlibur ke Bandung dan menjadikan liburan Anda semakin mengesankan.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *