Kampung Cai Ranca Upas
Sumber Gambar: dakatour.com

Kampung Cai Ranca Upas

Kampung Cai Ranca Upas atau yang juga di kenal Ranca Upas ialah salah satu sarana reakreasi favorit bagi para wisatawan.

Para treveler pasti sudah tau dengan tempat wisata seru satu ini. Lokasinya yang berada di Jalan Raya Ciwidey-Patengan KM. 11 Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat. Yang memiliki luas sekitar 215 Hektar, berada di ketinggian 1700 dengan suhu 17 sampai 10 derajat celcius.

Dengan udara yang segar, dekat dengan kawasan kebun teh, serta hutan lindung yang alami. Jadi wajar bukan wisata satu ini menjadi banyak pengunjung untuk sekedar menghilangkan kepenatan dari aktivitas yang sibuk.

Dan ternyata bukan tempat wisata biasa dong disini, karena anda juga dapat camping disini baik bersama keluarga atau teman.

Bahkan banyak yang sengaja datang ke Kampung Cai Ranca Upas hanya untuk camping dan untuk jam operasionannya buka 24 jam. Walupun begitu tidak akan membuat tempat ini menjadi sesak karena area yang cukup luas.

Sejarah Kampung Cai Ranca Upas

Jika berkunjung ke suatu tempat anda harus mengetahui asal usul dari tempat tersebut.

Nama Ranca Upas yang berikan untuk dijadikan nama wisatanya ternyata di ambil dari bahasa Sunda yakni Ranca yang bermakna rawa sedangkan Upas berarti seorang petugas perum perhutani yang sudah terkenal dan melegemda di kawasan Gunung Patuha.

lalu siapakah sosok upas tersebut?

Ia adalah seorang pria berkebangsaan belanda yang memiliki tinggi 198 cm dengan tubuh kekar. sosoknya meninggal saat menjalankan tugas yaitu mengeksplorasi daerah rawa, Konon katanya sampai saat ini jasadnya belum juga ditemukan Sobat pesonanuasantaraku.

Baca Juga : Wisata Ciwidey Bandung yang Sangat wajib Anda Kunjungi!

Dari cerita para pengunjung yang pernah berwisata di sana, mereka pernah melihat penampak seseorang yang di duga upas serta lengkap mengenakan baju petugas perhutani.

Namun cerita di atas hanya mitos, karena nama upas sendiri sebenarnya di ambil dari nama pohon beracun yaitu antiaris toxicaria.

Wahana di Kampung Cai Ranca Upas

Sebagai kampung wisata yang banyak peminatnya, berarti Raca Upas tergolong sukses dalam mempromosikan lokasi wisatanya. Bahkan pemerintah setempat menaruh perhatian lebih untuk tempat ini.

Buktinya bukan hanya dijadikan tempat wisata saja, namun telah banyak kegiatan yang sering di adakan di sini. Dampaknya akan mendorong perekonomian setempat.

Camping Ground

sudah jelas bukan bahwa kampung Cai Ranca Upas ini merupakan tempat favorit untuk bercamping. Keindahan alam yang di tawarkan tidak hanya mempesona di siang hari, akan tetapi juga menarik di malam hari. Wajar bukan akan membuat para pengunjung susah move on dan ketagihan untuk datang lagi.

Lain dari itu di malam hari anda bisa menjelajahi daerah camping dan masih banyak lagi kegiatan kemah lainnya.
Anda juga tinggal langsung datang tanpa berepot-repot membawa perlengkapan karena disana langsung menyewakan perlengkapan berkemah seperti sleeping bag, matras, kompor, bahkan pisau lipat.

Penangkaran Rusa

Nah loh ini salah satu tempat yang banyak di sukai kalangan terutama anak-anak. Mereka akan berlibur disini sekaligus edukasi. Sebab banyak tanaman-tanaman langka yang tumbuh dan juga beberapa satwa yang bisa di perkenalkan kepada anak-anak.
Bahkan pernah di pakai buat foto prewedding bersama rusa-rusanya. Ada cerita yang unik juga dari rusa-rusanya katanya rusa tersebut pemalu. dan Cuma ada satu petugas yang mampu menarik perhatian rusa imtuk makan.

Aktivitas yang dapat dilakukan memberi makan rusa-rusa dengan terlebih dahulu membeli wortel di area penangkaran dan ada petugas kampung Cai Ranca Upas yang akan memberinya.

Pemandian Air Panas dan Waterboom

Banyak manfaatnya sobat pesonanusantaraku jika kita berendam di pemandian air panas ini. Salah satunya dapat merilekskan tubuh setelah beraktivitas penuh.

Alasan lainnya juga air panas yang ada di sana mengandung belerang yang memang mempunyai manfaat bagi kulit dan tubuh. Rasakan ketenangan dan keteduhan saat berendam di tempat ini ya sobat.

Kegiatan Outbond

Banyak sekali aktivitas yang dapat di lakukan muali dari menikmati Fun Advanture dan Fun Games seperti Flying fox, swing stair, shake stair, cano, Elvis Bridge, Burma V, Paintball hingga Archery War. Permainan tersebut cocok untuk anda yang ingin mengadakan kegiatan outdoor kampus seperti perkemahan atau pelatihan kepemimpinan.

Harga Tiket Masuk Kampung Cai Ranca Upas

Untuk berlibur dan menikmati keindahan alam di sana anda tak perlu takut kantong akan terkuras. Karena harga tiket masuk sangat terjangkau sesuai dengan yang anda dapatkan. Nah, untuk lebih hemat lagi anda dapat mengambil paket wisata kalau datangnya berkelompok. Harga tiket masok per orang Seharga Rp 20.000.

Jika anda membawa kendaraan, anda hanya akan dikenakan biaya parkir untuk kendaraan roda dua seharga Rp 5.000, kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000, untuk penitipan helm Rp 2.500/helm.

Kemudian tiket masuk ke kolam renang dibanderol seharga Rp 20.000, wortel seikat untuk memberi makan rusa Rp 10.000, serta kangkung seikat Rp 5.0000.

Selanjutnya untuk kegiatan aktivitas outdoor terdapat:
• Sepeda Gunung : Rp 10.000 / Jam
• Paint Ball : Rp 90.000
• Jembatan Goyang : Rp 15.000
• Fun Game : Rp 75.000
• Burma V : Rp 15.000
• Elvis Bridge : Rp 15.000
• Flying Fox : Rp 15.000
• Bunge Trampolin : Rp 15.000

Kampung Cai Ranca Upas Bandung juga menyediakan perlengkapan camping lengkap mulai dari tenda sampai kayu bakar. Untuk tenda dengan kapasitas 2-3 orang seharga Rp150.000, tenda regu berkapasitas 20 orang Rp350.000, tenda Charly kapasitas 7 orang Rp 300.000, tenda panggung p 700.000, tenda pesta seharga Rp 600.000hari serta booking area Rp500.000.

Harga sewa perlengkapan Camping:
• Gag Rp. 1,5 juta
• Petromax Rp. 50 ribu
• Sound System (7 jam) Rp. 1 juta
• Genset Rp. 800 ribu
• Instalasi listrik Rp. 600 ribu
• Kayu bakar Rp. 15 ribu
• Sleeping Bag Rp. 20 ribu
• Martas Rp. 10 ribu
• Extra Bed Rp. 70 ribu

Oke demikian lah info mengenai Kampung Cai Ranca Upas. Sobat pesonanusantraku juga memberikan tips saatakan kesana Jangan lupa siapkan pakaian-pakaian hangat karena di sana udara malamnya cukup dingin. Dan tempat wisata satu ini akan lebih seru apabila Anda nikmati bersama dengan teman-teman atau keluarga.

Dan semoga membantu anda saat akan berkunjung ke sini. Bagikan pengalaman anda juga ya jika sudah datang kesini di sematkan pada kolom komentar di bawah ini.

 

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *