Menara Siger

Menara Siger | Ikon Khas Kota Lampung

Hallo sobat Pesonanusantaraku, Menara Siger bukan sembarang tempat wisata yang ada di kota Lampung. Akan tetapi area yang memiliki nilai filosofis, dimensi tradisi dan budaya serta menjadi ikon kebanggaan bagi masyarakat Lampung.

Letak kota Lampung sendiri yang menjadi provinsi paling ujung di Pulau Sumatera yang hanya di batasi laut dengan Pulau Jawa. Jika sobat semua telusuri lebih dalam maka akan ada banyak sekali pesona yang di tawarkan, adat istiadat serta budaya yang masih begitu kental.

Saat kita berkunjung ke Lampung melalui Pelabuhan Merak menuju ke Bakauheni, akan terlihat dengan gagah sebuah monument. Dengan bentuknya yang khas mahkota serta warna yang begitu menyala yang di dominasi warna kuning dan merah.

Apalagi kalau bukan Menara Siger yang bakal sobat bahas pada kesempatan kali ini. Mulai dari sejarahnya, daya tarik, lokasi hingga ke harga tiket masuk wisata ini.

Sekilas Sejarah Terkait Menara Siger

Walaupun Menara Siger ini baru di bangun pada 30 April 2008 lalu, tetapi sudah menyedot animo masyakat dari berbagai kalangan untuk datang kesini. Langsung di resmikan oleh Gubernur Lampung yakni Bapak SJahroedin, Z.P.

Bentuk khasnya sendiri ialah mahkota pengantin wanita dari adat Lampung. Dengan ketinggian mencapai 32 meter di atas permukaan bukit. Bahkan dari titik pelabuhan Bakauheni sudah terlihat jelas monumen satu ini.

Mahkotanya sendiri terdiri sembilan rangkaian yang maknanya sembilan macam bahasa di Lampung. Warnanya yang sudah kita sebutkan ada kuning dan merah dengan maksud mewakili warna emas dari topi adat pengantin wanita.

Kunjungi Juga Yuk: Wajib Datang Ke Taman Langit Pangalengan yang Viewnya Sunset dan Sunrise Indah!

Lokasi

Menara Siger berada tepat di Jalan Lintas Sumatra, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Dimana berada di atas Bukit Gamping dengan ketinggian sekitar 110 mpdl.

Lokasinya sendiri dekat dari Pelabuhan Bakauheni yang berjarak 1 Km dengan memakan waktu tempuh kurag lebih 10 menit berkendara saja.

Rute Perjalanan

Rute menuju lokasi Menara Siger ini sangat mudah di akses baik menggunakan kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat hingga ke area parkirnya.

Dari pusat Kabupaten Lampung Selatan sendiri hanya perlu menempuh jarak sekitar 29 Km dengan waktu tempuh sekitar 40 menit saja. Kemudian anda juga bisa melewati Pelabuhan Merak yang bisa dilalui dengn waktu 1,5 jam perjalanan untuk sampai ke tujuan.

Daya Tarik

  1. Arsitektur yang Bernilai Filosofis

Menara Siger
Source: IG @potretlampung

Arsitektur dari corak bangunannya sendiri berhiaskan ukiran kain tapis khas kota Lampung. Bangunan yang berisi data asta gatra yakni trigatra yang meliputi letak geografis, demografis dan kekayaan Sumber Daya Alam (SDA). Lalu adanya panca gatra yang berisi ideologi dan hankam.

Payung tiga warna yag ada di puncak Menara Siger yakni warna putih, kuning dan merah. Sebagai sebuah simbol tatanan sosial. Pada bangunan utamanya terdapat Prasasti Kayu Are dengan makna pohon kehidupan.

Ternyata tidak hanya sebagai bentuk fisik bangunan saja tetapi mencerminkan budaya masyarakat, identitas masyarakat Lampung yang sesuai denagn filosofi berpikir dan bertindak sesuai visi dan misi mewujudkan Lampung yang unggul dan berdaya saing.

Kemudian jumlah dan bentuk atap bangunan Menara Siger sendiri mengacu pada jumlah para leluhur yang ada di Lampung. Dari sana pun sudah terlihat ada begitu banyak sekali nilai filosofis, tradisi dan budaya yang berkembang di Lampung.

  1. Sekaligus Wisata Edukatif

Source: IG @isad_arifaldi

Objek wisata dan sekaligus ikon kota Lampung ini bisa anda jadikan tempat berlibur yang bertemakan wisata keluarga edukatif. Apalagi anda datang bersama si buah hati untuk mengenalkan banyaknya budaya dan tradisi di Indonesia.

Terutama Menata Siger ini yang pada akhirnya di tetapkan sebagai titik nol kilometer Sumatera. Dimana pengunjung harus menuruni anak tangga menuju tugu titik nol kilometer yang ada di bawah menara.

Disini juga pengunjung bisa mendapatkan informasi mengenai informasi lengkap Kota Lampung beserta jarak titik nol kilometer untu menuju suatu tempat. Seperti jarak dari titik nol kilometer ke Banda Aceh yakni 2.652 Kilometer.

Bahkan disini juga dijadikan tempat dimana di selenggarakannya festival budaya atau pun kesenian.

  1. Bangunan Tahan Gempa

Menara Siger
Source: IG @ayodolan

Bisa di katakan bahwa bentuk bangunannya begitu unik dan sudah di pastikan tahan gempa yang di rancang atas bantuan arsitek Ir. Anshori Djausal MT yang membutuhkan teknik khusus dalam pembangunannya.

Dimana sistem ferrocement supaya tahan dengan guncangan gempat dan terpaan angin. Yang mana sama kita ketahui lokasi menara berada di atas bukit dan di tepi laut.

Selain itu juga untuk menambah ketahan di bagian siger mengguankan jaringan kawat yang berbentuk jaringan laba-laba. Dengan maksud mengurangi beban pad bangunan dan struktur bangunan tetap kuat.

Dari sana pun sudah terlihat kokohnya bangun Menara Siger yang sampai sekarang belum pernah mengalami rusak akibat guncangan atau terpaan angin kencang sedikit pun

  1. Panorama Alam Sekitar

Source: IG @ayokelampung.com_

lanjut ke daya tarik panorama keindahan alam sekitar yang memukau para pengunjung. Dari atas akan terlihat keindahan laut, bahkan aktivitas kapal eksekutif yang berlayar pun tampak jelas.

Di atas Menara Siger juga kita bakal di buai angin sepoi yang berhembus syakdu di tambah pemandnagan Teluk Lampung dan Selat Sunda.

Harga Tiket Masuk

Untuk sobat yang penasaran dengan Menara Siger yang ada di Lampung ini, anda tidak perlu takut jika berwisata kesini akan emnguras kantong sobat. Sebab hanya membayar tiket masuk yang di banderol seharga Rp 20.000/orang. Anda sudah bisa naik hingga ke atas menara dan melihat semua pemandangan dengan menggunakan teropong.

Jam Operasional

Sobat juga harus perlu mencari tahu jam berapa sih wisata Menara Siger ini di buka. Ini hal yang wajib ya saat berkunjung ke suatu destinasi wisata apa pun itu.

Nah untuk jam operasional mengunjungi ikonik kota Lampung sendiri di buka setuap hari dari jam 06.00 WIB hingga pukul 24.00 WIB.

Fasilitas Pendukung

Sudah menjadi keharusannya sobat pihak pengelolah bersaa pemerintahan Lampung sangat ingin membuat siapa saja yang berkunjung ke Menara Siger merasakan kenyaman. Hal tersebutlah yang dilakukan dan sama juga dilakukan oleh tempat wisata lainnya dengan menyediakan fasilitas yang mendukung agar wisatawan betah berlama-lama di wisata ini.

Mulai dari adanya area parkir yang luas, kantin, tempat pembelian souvenir untuk dijadikan oleh-oleh ke sanak keluarga, gazebo, toilet bersih dan teropong jarak jauh untuk melihat keindahan kota Lampung.

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku terkait Menara Siger di Lampung sekaligus ikon dari kota ini yang sangat cocok bagi kalian yang mencari tempat wisata edukasi bagi si buah hati. Atau sekedar melepas rasa penat dengan rutinitas bekerja.

Di tambah dengan spot foto yang instagramable, suasana yang nyaman serta lokasi yang udaranya yang sejuk. Cocok untuk menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga tercinta dan belajar terkait Kota Lampung.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *