Danau Paisu Pok

Danau Paisu Pok | Kolam Cermin dengan Dua Rasa

Hallo sobat Pesonanusantaraku, Danau Paisu Pok ini berada di Sulawesi Tengah. Yang danaunya memiliki dua rasa, kemudian di Kalimantan juga ada danau dua rasa lho yang di kenal Danau Labuan Cermin.

Danau ini menawarkan air sebening kaca, jadi sobat pastikan bahwa setiap pengunjung akan terbius sampai disini. Ini adalah salah satu tempat yang bakal memberikan ketenangan dengan udara segarnya.

Tapi memang letak danau seindah ini jauh dari perkotaan serta masih di kelilingi hutan yang begitu asri. Pokoknya rekomendasi banget buat kalian yang sedang melanjong ke Sulawesi Tengah untuk mampir ke wisata alam Danau Paisu Pok.

Sejarah Penamaan Danau

Ternyata ada alasan tersendiri mengapa danau ini diberinama Danau Paisu Pok yang maknanya air hitam. Hal tersebut sebab masyarakat setempat melihat warna air yang ada di area danau hampir menghitam.

Padahal sebenarnya hal itu terjadi karena pantulan dari rumput di bagian dasarnya sehingga air yang awalnya terlihat berwarna biru lebih gelap.

Lokasi

Alamatnya berada di Desa Luk Panenteng, kecamatan Bulagi Utara, Kabupaten Banggai Kepulauan, Sulawesi Tengah. Dari pusat kota yang berjarak 87 Km, anda hanya memerlukan waktu 2,5 jam baik dengan kendaraan pribadi atau pun kendaraan umum.

Setelah sampai di desa pun anda masih perlu mendaki selama 5 hingga 10 menit dari  jalan utama menyusuri setiap hutan rimbun untuk tiba di Danau Paisu Pok. Memang segala keindahan dari danau ini harus di bayar dengan pengorbanan tenaga yang ekstra.

Rute Perjalanan

Rute yang dapat di tempuh jika anda datang dari luar kota misalnya dari jakarta. Dimana akan menempuh perjalanan ke Makassar lalu melanjutkan menuju Kota Kendari. Kemudian mesti perlu ke Kota Banggai dan selanjutnya ke Bitung.

Sedangkan jika anda berasal dari pusat kota Banggai, cukup membutuhkan waktu jarak tempuh 3 Km saja. Setelah sampai di daerah Luk Panenteng, parkirkan kendaraan anda di tempat yang sudah di sediakan. Tinggal lanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki menuju Danau Paisu Pok kurang lebih 15 menitan.

Selama berjalan kaki yang hanya akan di temukan berupa pemandangan yang indah dan asri dari pepohonan rindang. Jalanannya juga sudah cukup mudah di lalu walaupun nantinya akan bertemu beberapa kontur tanah yang naik turunnya.

Kunjugi Juga Yuk: Rekomendasi Menginap Kelas Mewah di Highland Park Resort Bogor!

Daya Tarik

  1. Air Sebening Kaca

Danau Paisu Pok
sumber foto: IG @agnesherlambang

Datang kesini bisa sambil berkaca lho sobat, jadi kebayangkan sejernih apa air yang ada di danau ini. Bahkan semua jenis tumbuhan atau pun hewan yang ada di dasar danau laut juga bakal kelihatan dari atas permukaan danau.

Dan jangan lupa untuk sobat Pesonanusantaraku berpose agar bisa  mengabdikan setiap momen. Hasil foto yang di dapat pun bakal instagenic.

Sudah jauh-jauh untuk sampai ke lokasi wajib banget dah apalagi uang yang di keluarkan juga tidak begitu kecil.

  1. Warna Air Biru Kehitaman

Sumber Foto: IG @monalisa_cafeondae

Kemudian daya tarik lainnya berupa warna air yang terdapat di danau ini, dimana cukup berbeda dari danau yang banyak di temukan pada umumnya.

Yang sudah di sebutkan bahwa warna air di danau ini biru kehitam-hitaman. Padahal warna gelap tersebut datang dari pantulan tumbuhan rumput laut yang ada tepat di dasar danaunya.

  1. Udara yang Sejuk dan Menyegarkan

Sudah barang pasti udara di sini sejuk apalagi jauh dari kebisingan perkotaan dan banyaknya pohon yang tumbuh rindang sehingga udara di sini begitu menyejukan. Terutama udara dingin di pagi harinya.

  1. Panorama Keindahan Alam

Sebelum sampai pun kita telah di suguhkan dnegan panorama keindahan alam sekitar dari Danau Paisu Pok sendiri. Hutan yang masih rimbu, udara yang begitu menyegarkan dan menyejukan serta suasana yang asri.

Hanya berupa hamparan hijau saja yang terlihat setidaknya ini salah satu cara mencari ketenangan. Apalagi bagi mereka yang suka menjelajahi alam atau sering di sebut pencinta alam.

Kemudian setelah sampai ke danau anda bisa menaiki perahu kecil yang tersedia di sana untuk menyusuri setiap sisi keindahan danau tersebut.

  1. Memiliki Ombak yang Tenang

Danau Paisu Pok yang ada di daerah Sulawesi Tengah ini memiliki ombak yang begitu tenang. Jadi aktivitas berenang disini pun cukup aman di lakukan. Bahkan sobat bisa melihat pemandangan yang berada di dasar paling bawah danau yang bikin kita terdecak kagum.

Lain dari utu juga pengunjung dapat melihat hewan dan juga tumbuhan apa pun itu yang ada di dalam danau kaca ini.

  1. Memiliki Air Dua Rasa

Ini hal yang menarik dari kebanyakan danau yang ada di Indonesia dan hanya sedikit di miliki dengan air dua rasa. Dimana dahulunya air di Danau Paisu Pok ini rasanya asin, kareana jika di lihat dari letak geografis yang cukup dekat dengan laut.

Namun lama-kelamaan akibat proses alam airnya berubah dan menjadi tawar. Hal tersebutlah membuat danau ini di juluki danau dua rasa air yakni air tawar dan asin.

Harga Tiket Masuk dan Jam operasional

Sampai disini dengan segala keindahannya anda hanya mengeluarkan kocek yang begitu pas di kantong lho. Bisa tebak berapa harga tiket masuknya? Ya benar sekali cukup membayar Rp 10.000/orang.

Kemudian bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi ada biaya retribusi kendaraan ya sobat. Dimana kendaraan roda membayar Rp 2.000/unit dan kendaraan roda empat membayar sebesar Rp 5.000/unit.

Disana juga telah disediakan perahu dayung bagi kalian yang mau menyusuri Danau Paisu Pok dengan tarif Rp 20.000. anda hanya cukup duduk tenang saja dan akan di bawa keliling danau ini.

Oh iya sobat hampir lupa untuk jam operasionalnya sendiri di buka setiap hari selama 24 jam nonstop juga. Jadi bisa lebih puas bukan menikmati segala keindahan dari danau ini.

Fasilitas

Melihat potensi yang cukup besar sebagai destiansi wisata, jadi wajar saja beberapa fasilitas yang ada di sini sudah cukup memadai. Dimana tersedia tempat apsrkir motor yang cukup luas.

Kemudian ada kamar mandi yang bisa di gunakan untu breganti pakaian setelah setelah berenang. Lain dari itu ada gazebo tempat beristirahat, kios penjual makanan.

Dan ada juga penginapan lho di sekitar area Danau Paisu Pok serta harganya cukup ramah di kantong yakni Rp 70.000/malam. Fasilitasnya cukup lengkap mulai dari kipas, kasur, kamar mandi dan kamar yang cukup luas.

Aktivitas Menarik di Danau Paisu Pok

  1. Berenang

Sumber Foto: IG @goproid

Ternyata disini juga di bolehkan berenag lho sobat sehingga bisa langsung melihat objek jenis tanaman yang hidup di dasar danau. Apalagi airnya menyegarkan dengan kedalaman Danau Paisu Pok sekitar 4 sampai 5 meter.

Jadi cukup aman bukan jika pengunjung berenang disini serta di pinggiran danau juga memiliki kedalaman yang amat dangkal kok.

  1. Berkeliling Danau dengan Perahu Dayung

Danau Paisu Pok
Sumber Foto: IG @indonesiajuara

Sudah tahukan bahwa tersedia fasilitas perahu dayung disini untuk menambah kesan kagum sobat untuk menyusuri setiap sisi keindahan dari danau ini sekaligus memanjakan mata sepanjang perjalanan.

  1. Berburu Spot Foto Keren

Danau Paisu Pok
Sumber Foto: IG @framehouseproduction

Danau Paisu Pok ini sangat menarik perhatian siapa saja yang datang dengan segala keindahannya. Jadi sayang sekali jika sudah berlibur jauh ke Sulawesi Tengah tanpa mengabadikan setiap momennya.

  1. Bermain Air

Yang sama-sama telah di sebutkan bahwa air disini begitu jernih serta sangat menyejukan walaupun hanya sekedar bermain air saja. Pokoknya pas banget di jadikan tempat rekreasi yang suka wisata alam.

  1. Melihat Pembesaran Ikan Koi

wah cukup jarang ya di temukan danau yang juga sekaligus ada tempat pembesaran benih ikan koi. Setelah besar ikan koi ini akan di lepas ke danau Danau Paisu Pok. Bahkan bisa anda lihat saat menyusuri danau ini perahu dayung.

  1. Menikmati Panorama Alam Sekitar

Sumber foto: IG @indonesia_geographic

Sudah pasti ya ini sudah apalagi yangd atang dari luar kota ingin melepas rasa penat, maka salah satu caranya ya menikmati segala keindahan ciptaan yang Kuasa.

Di tambah keindahan dari Danau Paisu Pok sendiri yang membuat pengunjung sedang bercermin langsung di air danaunya.

  1. Memberikan Edukasi Kepada Anak

Jika anda datang bersama keluarga apalagi si buah hati selama perjalanan juga bisa mengedukasi dengan mengenalkan ragam tumbuhan yang tumbuh di sekitar area atau selama perjalanan menyusuri Danau Paisu Pok ini.

Mereka juga harus dikenalkan dengan kekayaan alam yang di miliki Indonesia untuk lebih mencintai dan merawat alam sekitar.

  1. Bersantai di Gazebo

Danau Paisu Pok
Sumber Foto: IG @om_dedenarswendy

Setelah di rasa cukup puas menikmati apa yang di suguhkan di Danau Paisu Pok entah itu berenang atau sekedar bermain air. Anda bisa beristirahat di gazebo yang telah di sediakan sampai bercengkraman bersama keluarga atau pun teman dan jangan lupa sambil menyatap makanan.

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku terkait Danau Paisu Pok di Sulawesi Tengah yang sangat cocok bagi kalian pencinta alam.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *