Air Terjun Terinting | Pesona Alamat di Atas Awan

Hallo Sobat Pesonanusantaraku, ada yang tahu dimana keberadaan Air Terjun Terinting ini? Air terjun ini sendiri berada di salah satu pulau terbesar di Indonesia, tepatnya di kalimantan Barat.

Ini juga destinasi wisata yang paling populer di Kalimatan Barat sendiri, ditambah keindahan hutan tropis yang melengkapi pesona dari air terjun ini.

Selain ini masih banyak lagi kekayaan alam dari Kalimantan Barat yang panoramanya bakal membuat kita kagum. Tapi pada kesempatan ini sobat bakal ulas secara rinci mengenai Air Terjun Terinting di Kalimanatan Barat terlebih dahulu ya. Yang bisa di baca dibawah ini.

Seputar Air Terjun Terinting

Air Terjun Terinting
View Sunrise IG @decndra

Ternyata di masyarakat sekitar lebih dikenal dengan sebutan Air Terjun Terintik atau Rombo Terintik. Memiliki ketinggian kisaran 50 meter dan berada pada  ketinggian antara 500 sampai dengan 600 meter diatas permukaan laut.

Jadi tidak heran jika destinasi wisata ini letaknya ada di ujung Kabupaten Landak. Serta mendapat julukan air terjun di atas awan. Tapi hal tersebutlah yang membuat Air Terjun Terinting bebebda dengan kebanyakan air terjun lainnya.

Selain memang alam sekitar yang memukau, sobat juga bakal di sapa view pengunungan, hamparan hutan rimbun serta area perbukitan. Sehingga cocok sekali di jadikan tempat refreshing setelah sibuk dengan aktivitas yang menumpuk.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Alamat lengkap dari Air Terjun Terinting sendiri ada di Kabupaten Landak, Kecamatan Air Besar, Desa Sempatung Lawe, Kalimantan Barat. Atau yang biasa dikenal ialah dengan Desa Serimbu.

Pengunjung pun harus menempuh waktu perjalanan kurang lebih 5 sampai dengan 7 jam dari pusat Kota Pontianak menuju Desa Sempatung Lawek. Kemudian masih harus melanjutkan perjalanan yang memasuki hutan dengan berjalan kaki.

Jadi ada baiknya para pengunjung yang ingin berwisata kesini harus mintak izin baik ke kepala desa atau pun menggunakan jasa dari warga sekitar agar dapat di tunjuk ke lokasi tujuan.

Rute perjalanannya sendiri ialah dari kota Pontianak menuju Kabupaten Landak atau daerah Ngabang yang memakan wkatu berkisar 4 sampai 5 jam dengan laju kendaraan 60 hingga 70 Km/jam.

Kemudian lanjut ke daerah Serimbu hingga ke Dusun Engkangin dan juga Dusun Jamu  sebagai tempat peristirahatan dan untuk sampai pun harus memakan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

Lalu anda melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki yang mana jalan setapaka dan mendaki yang lamanya 6-7 jam an.

Kunjungi Juga Yuk: Rekomendasi Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Enak!

Jalur Trekking

Tingkatan AIr Terjun Terinting IG @guleduriann

Semua pesona alam yang akan para pengunjung nikmati harus di bayar dengan dengan jalur trekking yang menantang. Apalagi jiak datang saat cuaca kurang bersahabat terkadang jalur hutan dan tebing menanjak dan licin.

Hal tersebut pun bisa menjadi penghambat yang bakal memakan waktu juga, jadi wajar ya sobat jika waktu perjalanan untuk sampai ke Air Terjun Terinting sampai 7 jam an.

Sudah di sebutkan juga untuk mempermudah perjalanan anda bisa sewa pemandu trekking dari masyarakat sekitar yang tarif biayanya pun tidak begitu mahal cuma perlu membayar Rp 30.000.

Lalu setelah sampai sobat bisa mendirikan tenda dan bermalam atau bisa di penginapan setempat. Nah esok harinya momen matahari terbit yang paling di tunggu-tunggu denagn pesonanya yang jangan sampai di lewatkan.

Aktivitas Menarik yang di Lakukan

  1. Menjelajahi Hutan
Air Terjun Terinting
Hamparan Hutan Lebat IG @ahmadalfialfarizy

Ini hal yang cukup melelahkan sekaligus menyenangkan bagi mereka yang sudah terbaisa terutama para pencinta alam. Sebab disana pengunjung akan menjelajahi hutan dan mendaki bukit untuk sampainya.

Dalam perjalanna ke Air Terjun Terinting nantinya akan di temukan ragam jenis flora dan fauna yang sangat unik mendiami hutan tersebut. Bahkan akan bertemu juga dengan warga desa yang berladang disana.

Mereka berladang di hutan tersebut lantaran terdapat ladang karet miliki masyarakat setempat. Kegiatan yang dilakukan pun untuk menyuburkan tanah ladang.

Selama perjalan di hutan jika benruntung anda akan bertemu langsung dengan Burung Enggang. Sebab Burung Enggang sendiri ialah salah satu dari banyak satwa endemik khas Kalimantan yang di lindungi.

Jadi momen ini jangan sampai anda lewatkan begitu saja untuk di abdikan. Untuk melanjong ke Kalimantan Barat pun mungkin kesempatan yang cukup besar menyaksi segala keindahan alam yang miliki pulau ini.

  1. Menyusuri Sungai

Selanjutnya pengunjung juga akan menyusuri sungai yang ada di dalam hutan tersebut. Sobat sudah tahu akan bahwa yang akan di tuju ialah air terjun, tentu sudah barang pastin untuk sampai Ke Air Terjun Terinting ada aliran sungai.

Nah aliran sungai itu pun datang langsung dari air terjunya. Enaknya juga aliran sungai disana sangat tenang jadi aman di lalui para pengunjung. Airnya begitu jernih, segar dan bersih sehingga baik di konsumsi.

  1. Berkemah
Air Terjun Terinting
Suasana Berkemah IG @oliviafebyrd

Sudah pasti sesampai di sana anda harus bermalam dengan mendirikan tenda melihat waktu tempuh yang di lakukan cukup lama. Untuk area berkemah sendiri begitu luas yang berada di hamaparan hutan.

Anda juga masih perlu teliti ya untuk memilih tenpat yang aman. Di kegiatan berkemah jika cuaca cerah di malam harinya akan terlihat hamparan bintang di atas langit Kalimantan Barat.

Kemudian terlihat juga landscap kota Pontianak secara langsung di atas perbukitan. Atau jika berkemah dekat dengan air terjun jangan lewatkan menyaksikan sunrise yang menakjubkan. Sebab muncul di antara celah-celah pepohonan.

Selanjutnya yang tidak terlewatkan dengan julukanya yakni pemandangan lautan awan yang langsung di lihat denagn mata telanjang. Ini salah satu yang dapat membayar lelah anda  tepat di Air Terjun Terinting berupa hamparan awam yang luas.

  1. Hunting Foto
Sumber Foto: IG @ditarelda

Apa pun kegiatan yang dilakukan rasanya ada yang kurang jika tidak di abadikan setiap momen tersbeut. Disini akan ada banayak sekali spot foto untuk berburu foto unik nan epik.

Apalagi yang berlatar belakang lautan awam yang menakjubkan, panorama alam sekitar yang masih begitu asri di tambah udara yang sejuk.

Tapi pengunjung yang datang ke Air Terjun Terinting harus berhati-hati juga memilih tempat berfoto. Menginggat destiansi wisata ini berada pada ketinggian, jai wajib banget waspada agar hal yang tidak di inginkan tidak terjadi.

Tidak ada yang tidak terkagum-kagum dengan keindahan yang di sugguhkan kepada setiap pelancong yang berdatangan. Ini salah satu kekayaan alam yang dimiliki oleh Indonesia. Patut kita rawat dan jaga untuk bisa di nikmati para wisatawan nantinya.

Tips Berwisata ke Air terjun Terinting

Sobat juga mau bagi tips untuk anda agar perjalanan yang di lalui pun akan terasa nyaman dan menyenangkan tanpa adanya hambatan.

  • Ini hal yang utama pastikan kondisi tubuh anda dalam keadaan sehat dan fit ya sobat. Atau bila perlu bawaklah perlengkapan obat-obat yang di butuhkan untuk berjaga-jaga.
  • Lalu cek kondisi kendaraan yang abkal di gunakan mulai dari mesin sampai bahan bakarnya.
  • Ini juga cukup penting bawaklah persiapan makanan dan minuman secukupnya. Untuk kembali ke desa terdekat pun harus memakan waktu jadi siapkan secara matang.
  • Membawa pakaian ganti dan juga sepatu yang nyaman serta cocok untuk mendaki ya sobat.

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Air Terjun Terinting di Pontianak yang sangat cocok bagi kalian pencinta alam. yang suka dengan hal menantang serta dapat menikmati suasana alam serta sejuknya udara sekitar.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *