Wisata Kuliner di Jogja

15 Tempat Wisata Kuliner di Jogja yang Enak, Murah dan Terkenal!

Halo sobat Pesonanusantaraku, pasti saat kalian melanjong ke Kota Gudeg keinginan berburu wisata kuliner di Jogja sangat tinggi bukan? Tentu ya sobat Jogja selalu menjadi tempat istimewa di para hati wisatawan baik lokal atau pun mancanegara.

Kota ini tetap mempertahankan budaya Jawa di tengah modernitas dunia yang semakin maju. Hal tersebut pun menjadi daya pikat tersendiri dari kota Yogyakarta.

Dari sanalah Kota pelajar ini tidak hanya memikat dari sisi tempat wisata alam dan budayanya saja tapi mampu menarik perhatian pengunjung dengan kulinernya.

Nah kali ini agar sobat semua tidak kebingung menncari tempat wisata kuliner di Jogja yang bakal membuat anda ingin kembali dan kembali lagi ke kota ini. Maka wajib banget simak ulasan di bawah ini ya sobat.

Baca Juga: Rekomendasi Pusat Kuliner di Bandung yang Wajib Dikunjungi Sobat!

  1. Gudeg Pawon

Wisata Kuliner di Jogja
Sumber Foto: Dwy Prasetyo

Ini yang wajib banget sobat review, sebab tidak afdol jika tidak merekomendasi tempat wisata kuliner di Jogja yang menjual Gudeg melegenda satu ini. Ini adalah satu kuliner yang wajib banget di cicipi anda.

Kuliner yang berbahan daging nangka muda yang di masak pun masih dengan pengelolaan senderhana yakni tungku kayu bakar. Mengapa tempat ini masih mempertahan hal tersebut? Sebab rasanya akan berbeda lebih enak lho sobat.

Selain dari itu pun sesuai dengan namanya pelanggan langsung mengambil makanan dari dapur atau pawon dalam bahasa Jawa. Tempatnya memang sederhana tapi soal rasa jangan pernah di remehkan.

Nah berdirinya pun sudah cukup lama sekitar tahun 1958 yang awalnya berjualan di Pasar Sentul Yogyakarta. Alamatnya bisa datang ke Jalan Janturan No 36 Umbulharjo, Yogyakarta. oh iya untuk menikmati menu disini sobat hanya perlu merogoh kocek antara Rp 11.000 sampai dengan Rp 24.000.

  1. Angkringan Lik Man

sumber foto: Angkringan Kopi Jos Lik Man

Angkringan di kota ini memang banyak tapi tempat kuliner yang harganya merakyat, serta tempat wisata kuliner di Jogja yang sekaligus sebagai sebuah budaya hanya ada di Angkringan Lik Man.

Lalu apa sih yang istimewa dengan teman ini? Tempat kuliner satu ini menjadi angkringan pertama di Yogyakarta yang sudha ada sejak tahun 1969. Menu yang di sajikan pun hampir sama dengan kebanyakan yang lain seperti sego/nasi kucing, sate telur puyuh dan aneka gorengan.

Tapi ada satu menu yang menjadi andalannya yakni kopi jos. Uniknya di sajikan dengan arang yang masih merah membara yang kemudian di campur ke dalam kopi. Nah bunyi Joooss yang timbul itulah membuat kopinya di nama kopi jos.

Katanya juga arang yang di celup tersebut akan menetralisir kafein yang ada dalam kopi untuk menjaga keamanan pencernaan. Mangkanya sobat wajib datang ke salah satu wisata kuliner di Jogja yang terkenal satu ini.

Pengunjung pun tidak perlu merogoh kocek besar cukup kisaran Rp 10.000  – Rp 15.000 saja. Alamatnya ada di sekitar kawasan Stasiun Tugu, Yogyakarta. di buka dari pukul 21.00 hingga 02.00 WIB.

  1. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

Wisata Kuliner di Jogja
Sumber Foto: Yohna Fortinatus

Bagi kalian yang suka dengan makanan pedas datanglah ke tempat ini. Dari namanya saja sudah kebanyangkan sobat akan rasanya. Oseng-oseng buk Narti ini menjadi salah satu tempat wisata kuliner yang rasanya enak dan murah serta sudah banyak pelanggannya.

Isi yang bakal di dapat ialah gajih, tulang, kulit dan cabe rawit yang pedas bahkan bisa bikin anda keringatan saat menyantapnya. Berdirinya pun sudah sejak lama yakni pada tahun 1998.

Tepatnya ada di Jalan KH Ahmad Dahlan No 110, Gang Purwodiningratan, Yogyakarta.  Mulai buka setiap hari dari jam 17.00 WIB sampai pukul 00.00 WIB. Sobat sarankan darang lebih awal agar kebagian dan masalah harga kami jamin pas di kantong sobat.

  1. Mie Ayam Buk Tumini

Sumber Foto: datawisata.com

Anda pencinta mie ayam, kalau begitu hal yang wajib abnget datang ke salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang menu di mie ayam terenak. Dimana lagi kalau bukan Mie Ayam Buk Tumini yang sudah terkenal.

Harga yang di banderol seporsinya bakal buat anda terkejut, bagaimana tidak cuma Rp 8.000 saja? Sudah enak murah lagi, definisi nikmat yang tiada tara ya sobat.

Nah untuk alamatnya sendiri ada di Jalan Imogiri Timur No 187, Umbul Harjo. And abisa datang dari pukul 10.00 WIB sampai dnegan tutup pukul 17.00 WIB dan buka setiap harinya.

  1. Sate Klathak Pak Pong

Wisata Kuliner di Jogja
Sumber Foto: Siroj Ahmad

Anda lagi mencari tempat wistaa kuliner di Jogja yang menyukai sate kambing. Maka bisa datang ke sate klathak Pak Pong yang soal rasanya jangan di ragukan lagi, buku yang di pakai pun sederhana tapi rasanya bakal menggugah lidah pengunjung.

Hal unik lainnya biasanya sate di tusuk di tusuk sate yang terbuat dari bambu, tetapi disini menggunakan jeruji besi sepeda. Konon katanya mampu membuat dagingnya matang secara merata dan sekaligus juga rama lingkungan yang bisa digunakan berkali-kali.

Lokasinya ada di Jalan Imogiri Timur Km 10, Wonokromo, Bantul, Yogyakarta. yang di buka dari jam 10.00 Pagi sampai dengan jam 00.00 WIB.

  1. Pecel Pasar Beringharjo

Sumber Foto: Cahya Nugraha

Pasar Beringharjo sendiri adalah salah satu pasar terbesar yang ada di Jogja serta sangat legendaris. Bukan sembarang pasar ya sobat ternyata mulai dari menu kuliner untuk sarapan tradisional pun ada dengan rasa yang enak tentunya.

Bahkan tempat wisata kuliner di Jogja satu ini terkenal dengan aneka kuliner legendaris yang sudah ada sehajk puluhan tahun lalunya. Di pagi harinya tempat ini di padati wisatawan yang mau berburu sarapan mulai dari pecel, sego empal hingga sate kere yang gurih.

Nah sobat punya rekomendasi makanan tradisional yang menari untuk di coba yakni Pecel Senggol Beringharjo. Namanya sendiri di cetus karena ramainya pengunjung dan loaksi yang padat membuat yang ingin membeli relah bersenggolan untuk menyatap menu ini.

Dalam satu porsi pun terdiri dari aneka sayur segar seperti daun pepaya, kenikir, jembak, bayam, bunga turi, kecambah dan kol yang di siram buku khasnya.

Oh iya sobat bisa datang saja ke jalan Margo Mulyo tepatnya ada di jalan besar Jenderal Ahmad Yani, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta. yang buka mulai pukul 06.00 WIB hingga 15.00 WIB.

  1. Moelih Ndeso

Wisata Kuliner di Jogja
Sumber Foto: Marlinda Iryanti

Seseuai dengan namanya datang kesini mengajak pengunjung sejenak pulang (moelih) ke desa. Bagaimana tidak suasana disini masih begitu asri dan alami sehingga cocok sekali untuk bercengkraman bersama keluarga, kerabat atau teman karib.

Udara disini maish begitu alami yang di kelilingi sawah, kolam, pepohonan dan semilir angin. Sambil menikmati hidangan khas kampung halaman yang penyajiannya secara istimewa

Enaknya di sini bukan sekedar tempat wisata kuliner di Jogja saja tapi ada fasilitas playground dan outbond juga yang bakal membaut pengunjung tambah betah berlama-lama disini.

Lokasinya ada di Jalan Beringin 1 Garan, Denokan, Maguhajo, Depok, Sleman Kota Yogyakarta. yang di bukan pada tiap hari mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 21.00 WIB

  1. House Of Raminten

Sumber Foto: Neni Sundari

House Of Raminten ialah salah satu temat wisata kuliner di Jogja yang mana menu makanan tradisional yang bakal di sajikan walaupun di tempat ayng elegan dan berkelas.

Ini salah satu rumah makan yang menunya tradisional Yogyakarta seperti wedang sereh, cunduk, tahu bola, brongkos, sate lilit dan nasi kuncing. Pokoknya menjadi hal yang wajib banget buat anda kunjungi.

Di depan arsitektur rumah makan ini bakal terlihat mewa dimana da kereta kuda sedangkan di dalam ruangannya bernuansa arsitektur Jawa lengkap dengan wangi dupa yang khas. Bahkan juga ada iringan gending Jawa yang mengalun.

Selain dari itu juga semua pelayannya memakai pakaian khas yakni kemben Jawa. Selanjutnya di meja akan di temukan kentongan yang fungsinya untuk memanggil pelayannya jika ada yang di butuhkan.

Anda bisa saja langsung datang ke Jalan Faridan Muridan Noto 7, Kota Baru, Gondokusuman, Yogyakarta. bukanya pun setiap hari dengan waktu 24 jam.

  1. Lumpia Samijaya

Wisata Kuliner di Jogja
sumber foto: travelingyuk.com

Kemudian anda pengen cari cemilan yang enak ? kira-kira dimana ya tempat wisata kuliner di Jogja tersebut yang menjajakan cemilan murah, enak dan terkenal?

Bisa langsung datang ke Lumpia Samijaya yang berada tepat di Jalan Malioboro No 18. Tempat ini juga buka setiap harinya mulai pukul 08.00 hingga jam 21.00 WIB. Untuk harganya pun sangat terjangkau yakni dari Rp 4.000/lumpia.

Walaupun yang berjualan menggunakan gerobah kaki lima gitu tapi rasanya tetap enak dan juara di hati pelanggannya. Isinya saja menggunakan bengkoang yang di campur tauge, wortel, daging ayam atau telur puyuh.

Khasnya sendiri kulitnya begitu renyah dan gurih saat di sampai di gigit treakhir. Anda juga bisa menambah bumbu seperti ada saus yang di buat dari bawang putih dan bengkoang. Jadi ini lumpiah terenak dan terlaris di Jogja ya sobat.

  1. Soto Bathok Mbah Katro

sumber foto: Lucia Advin

Kalian lagi cari tempat wisata kuliner di Jogja ynag menjajakan soto terenak? Sobat rekomendasikan untuk datang ke Jalan Candi Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

Disana akan anda temukan soto khas Jogja yang penyajiannya sangat uni yakni dengan menggunakan batok kelapa yang di desain sedemikian rupa membentuk mangkok.

Oh iya nama tempatnya ialah soto bathok mbah katro. Menu andalannya ialah soto daging sapi dan kuah bening yang gurih membuat siapa pun yang menyantapnya akan menambah selera makan. Di tambah sambil menikmati pemandangan hamparan sawah hijau di sebelah selatan.

Selain itu ada juga macam sate dan topingnya mulai dari sate usus, telur puyuh dan gorengan tempe yang renyah. Harga yang di banderol pun kisaran mulai dari Rp 5.000/porsi. Di buka setiap harinya dari pukul 06.00 WIB sampai dengan 16.00 WIB.

  1. Nasi Rames Demangan

Wisata Kuliner di Jogja
sumber foto: jogya.com

Kalau yang satu ini salah satu tempat wisata kuliner di Jogja yang sudah melegenda di semua kalangan. Bagaimana tidak sudah ada sejak tahun 1993. Lokasinya ada di Jalan Demangan, Gejayan tepat di depan Apotek Ardi Farma.

Mneu andalannya memang nasi rames Demangan tetapi lain dari itu ada juga yang tidak kalah enak yakni nasi campur sambal teri, nasi campur gejayan. Nah isinya ada lauk sambal teri dan tempe kering serta sayur lodehnya.

Untuk sayur lodenya sendiri pengunjung bisa memilih ada labu siam, nangka muda dan kacang panjang yang sudah di bumbui kuah santan peda. Tentu bagi yang sudah pedas akan tergoda ya sobat. Tapi jika yang tidak terlalu menyukai pedas bisa sisihkan terlebih dahulu ya sobat agar tidak sakit perut nantinya.

Menu yang di sajikan dengan harga yang nggak bakal kantong anda menipis kok sebab mulai dari Rp 30.000 saja anda dapat menikmatinya sampai kenyang. Dan dibuka setiap hari dari jam 21.00 WIB hingga habis.

  1. Jenang Bu Gesti

sumber foto: Awen Tjiang

Selanjutnya ada tempat wisata kuliner di Jogja yang ternyata menjadi tempat langganan dari Sri Sultan Hamengkubuwono X, Presiden Soeharto dan juga Presiden Megawati. Dan bahkan juga salah satu pakar kulinet Bapak Bondan Winarno juga penah datang kesini lho.

Lokasi dari jenang Bu Gesti ini berada di Pasar Lempuyangan yang ada di Jalan Hayam Wuruk, Tegal Panggung, Danurejan, Kota Yogyakarta. Memang jenang disini terkanal dengan kelezatannya.

Bagaimana tidak di buat dari resep turun temurun dari ibunya yang tentunya cita rasa khas benar-benar otentik. Ada empat pilihan yang di coba yakni jenang sumsum coklat manis, jenang sumsum putih gurih, jenang candil dan jenang mutiara. Tapi tenang kok bisa campur dan tambahan santan kelapa gurih.

Sobat juga bisa datang lebih awal yang dibuka dari jam 07.30 sampai habis. Sebab juga sudah siang habis karena kebanyakan pembeli tersebut dan katanya dalam waktu 3 jam saja sudah ludes.

  1. Lupis Mbah Satinem

Wisata Kuliner di Jogja
sumber foto: Monica Dae

Kalau soal lupis sobat suka banget sama makanan tradisional satu ini. Anda juga tidak perlu bingung mencari wisata kuliner di Jogja yang menjual lupis ketan legendaris, cukup datang Jalan Bumijo No 50, Gowongan, jetis, Kota Yogyakarta. yakni tepat di Tugu Jogja ke arah Barat yang bersebarangan dengan Pesona Hotel.

Lupis Mbah Satinem ini pun sudah beroperasi sejak tahun 1963, lama bangetkan sobat? Sobat juga bakal kaget saat datang kesini soalnya untuk menikmati lupis yang lembut dan manis ini anda perlu mengantri dengan nomor antrian.

Selain dari itu juga ada jajanan tradisional lain lho seperti ketan, tiwul, gatot dan cenil. Oh iya sobat wisata kuliner di Jogja satu ini juga cepat laku keras lho jadi buat yang rindu jajanan tradisional bisa datang lebih awal dari jam 06.00 – 08.00 WIB.

  1. Wedang Tahu Bu Sukardi

sumber foto: Cahya Nugraha

Dari tadi kita membahas makanan terus ya, bakal serat tenggorokan kalau tanpa minum. Tapi tenang sobat mau merekomendasikan minuman segar yakni wedang yang terbuat dari kedelai yang kenyal dan lembut bersama kuah jahe yang kaya akan rempah-rempah.

Tempat wisata kuliner di Jogja satu ini memang street food gitu tapi soal rasa bakal menyegarkan sampai titik terakhir. Alamatnya sendiri ada di Jalan Kranggan No 75, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. yang bersebarangan di depan Gudeg Bu Djuminten. Buka pukul 06.30 sampai dengan 11.00 WIB.

  1. Soto Sampah

Wisata Kuliner di Jogja
Sumber Foto: Bob Rachman

Nama tempat wisata kuliner di Jogja satu ini cukup unik ya sobat dan lokasinya sendiri berada jalan Kranggan No 2, Cokrodiningratan, Jetis, Kota Yogyakarta. yang dibuka dari pukul 20.00 WIB sampai dengan 03.30 WIB.

Walaupun makanan warung tenda kaki lima tapi selalu di padati pengunjung. Untuk lauknya di temani sate ati, sate usus, telur darar, gorengan yang dapat anda pilih sendiri.

Jadi seporsinya dari soto sampah ini juga telah tersedia nasi, bihun, kecambah, kubis, daun seledri, bawang koreng dan tidak lupa di siram dengan kuah kaldu bening yang di racik dengan rempah-rempah berlimpah.

Untuk medapatkan seporsi soto sampah yang memang tidak begitu banyak tapi mengenyang ini anda perlu membayar seharga Rp 8.000/porsi. Murah kan sobat?

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sobat Pesonanusantaraku tidak bingung lagi kan mencari tempat wisata kuliner di Jogja. Sudah pasti juga murah, enak, terkenal dan sudah menjadi tempat favorit di semua kalangan.

Apalagi ke wisata kulineran ini bersama keluarga, kerabat, teman atau kekasih tambah nikmat deh.

Oke, semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman berwisata kuliner di setiap kota yang anda singgahi untuk di nikmati sobat semuanya.

Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *