Pantai M Beach Kalianda

Pantai M Beach Kalianda | Wisata Bahari Keluarga

Halo sobat Pesonanusantaraku, kali ini kita masih belum beranjak dari objek wisata pantai di Lampung. Dimana kita akan membahas Pantai M Beach Kalianda yang mempunyai pesona keindahan senja dan pasir putihnya.

Pokoknya sobat semua wajib banget datang ke pantai ini saat sedang melanjong ke Kota Lampung bersama keluarga atau pun teman. Hamparan pasir putih yang ada di pantai ini begitu halus dan di tambah pepohonan yang rindang di sekitarnya.

Sehingga destinasi wisata Pantai M Beach Kalianda ini pun menjadi tempat berlibur yang cocok untuk mengisi liburan panjang. Nah pastinya sobat semua sebelum berkunjungi kesini ada baiknya membaca ulasan di bawah ini untuk lebih paham seputar pantai ini.

Lokasi

Sebelum kita beranjak ke alamat pantai ini ada baiknya kita ketahui asal nama pantai ini sebelumnya.

Sebelumnya nama pantai yang sama-sama kita kenal sekarang ternyata nama pantai ini dahulunya adalah Pantai EMBE (EM = Merak, BE = Belantung) atau Pantai Merak Belantung. Namum pada akhirnya namanya di tata kembali seperti yang di kenal saat ini dan masyarakat lebih familier dengan nama tersebut yakni Pantai M Beach Kalianda.

Lalu dimana ya lokasi dari pantai yang tekenal dengan pasir putihnya yang lembut? Lokasinya berada di Dusun Muing RT 02, RW 01, Desa Merak Belantung, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, 35551.

Tepatnya ada di sekitar jalan Trans Sumetera KM 45, aksenya pun cukup mudah bisa dari arah Pelabuhan Bakaueheni yang berjarak 39 Km dengan waktu tempuh 1 jam, bisa juga dari kota Kalianda yang jaraknya hanya 12 Km denagn waktu tempuh sekitar 20 menit ataupun dari pusat kota Bandar Lampung sendiri dengan jarak 53 KM yang memakan waktu kisaran 1 jam.

Rute Perjalanannya

Dari beberapa rute yang telah di sebutkan di atas semuanya bisa di lalui dengan semua jenis kendaraaan. Baik itu kendaraan roda dua atau pun kendaraan roda empat.

Pertama rute dari koat Bandar Lampung, setelah melewati pinto tol Sidomulyo belokkan kendaraan ke arah kiri tepatnya Kalianda. Kemudian sekitar 6,3 Km belok ke kanan di arah Grand Elty Krakatoa. Masuk lagi tidak begitu jauh akan telihat Pantai M Beach Kalianda di sisi kiri jalannya.

Fasilitas Pendukung

Pantai M Beach Kalianda
Salah Satu tempat Makan
Arena Bermain Anak-anak
Pantai M Beach Kalianda
Area Camping IG @mbeachlampung

Pantai M Beach Kalianda ternyata bukan di kekola oleh pemerintah tapi di manajemen Krakatoa Nirwana Resort atas naungan PT. Bakrieland Develpment Tbk.

Akan tetapi pihak pengelolah ini mengatakan bahwa pantai ini tidak hanya di kembangkan sebagai wahana ekowisata yang hanya bisa di lihat satu sisi aspek rekreasi saja, tetapi juga dari sisi edukasi terkait pelestarian lingkungan kepada masyarakat.

Beberapa fasilitas yang dapat di nikmati oleh pengunjung di Pantai Merak Belantung ialah adanya kamar bilas, mushola lengkap dnegan peralatan sholatnya, cafe yang menyajikan makanan dan minuman yang lezat.

Selain dari itu juga tersedia area parkir yang luas, toilet yang bersih, penginapan, kuliner laut, jelalah laut, tempat mini mancing, bola di air, Voli dan sepak bola pantai, outbond track, penyewaan kano, dan pondok-pondok bersantai.

Bahkan pengunjung yang ingin melakukan camping ground juga di perbolehkan lho tapi ada baiknya kita melapor terlebih dahulu kepada petugas yang berjaga agar anda pihak pengelolah sama-sama merasakan kenyaman.

Kemudian bisa bermain permainan tradisional yang memanfaatkan media tanah atau berang-barang di sekitar. Misalnya enggrang, gobak sodor, gasing dan beberapa lagi permainan khas generasi pada 90an.

Baca Juga: Pantai Ketang Kalianda Dengan Pesona Batu Karangnya!

Harga Tiket Masuk

Jika anda ingin menikmati semua fasilitas dan keindahan yang di suguhkan dari Pantai M Beach Kalianda, tidak perlu mengeluarkan kocek dalam-dalam. Nantinya juga uang dari tiket masuk tersebut digunakan untuk menambah fasilitas dan perbaikan pantai yang bakal menambah kenyaman pengunjung.

Pengunjung cukup membayar Rp 15.000/orang dewasa pada hari Senin. Sednagkan hari Rabu, Kamis, Jumat tiket masuk di bandero seharga Rp 25.000/orang dan hari Sabtu dan Minggu seharga Rp 35.000/orang. Tiket masuk ini mulai berlaku dari usia 2 tahun keatas ya.

Oh iya sobat informasi di atas langsung di dapat dari salah satu sosial medianya Pantai M Beach Kalianda yakni instagram @mbeachlampung.

Dan untuk menikmati beberapa kegiatan seru lainnnya anda perlu membayar biaya tambahan seperti sewa ban sebesar Rp 20.000, gazebo senilai Rp 25.000/2jam, tikar sebesar Rp 20.000, ATV membayar Ro 40.000/15 menit dan banana boat sebesar Rp 350.000/10 menit (6 orang maks).

Selanjutnya bagi pengunjung yang membawa kendaaraan roda dua membayar iuran retribusi sebar Rp 5.000/uni dan kendaraan roda empat membayar Rp10.000/orang.

Jam Operasional

Selanjutnya jam buka dari Pantai M Beach Kalianda ini menyesuaikan harinya ya sobat dan pada hari selesa di tutup yang mana mulai di berlaku pada tahun 2019 lalu. Jika di tahun sebelumnya memang di buka 24 jam.

Dari hari Senin, Rabu, Kamis dan jumat jam operasional yang bisa di kunjungi ialah dari pukul 10.00 WIB sampai dengan 17.00. sementara di hari Sabtu dan Minggu di buka dari jam 08.00 WIB hingga 17.00 WIB

Daya Tarik

Pantai M Beach Kalianda
View Berlatar Belakang Sunset IG @mbeachlampung
Pantai M Beach Kalianda
Spot Foto di Sangkar Burung
Pemandangan Pantai IG @mbeachlampung

Pesona yang di miliki Pantai EMBE ini banyak memikat wisatawan lokal atau pun mancanegara sehingga tidak bisa di ragukan lagi. Apalagi jika di libur akhir pekan dan libur panjang sekolah tercatat banyak sekali yang berkunjung tiada hentinya.

Di tambah juga penduduk lokal di sekitar area begitu ramah tamah terhadap wisatawan yang datang dengan tidak melihat itu dari lokal atau asing.

Walaupun berada di sebuah teluk kecil yakni Teluk Belantung yang bersebalahan dengan Kalianda Resort. Tentu tidak mengalahkan pesonanya dengan pantai lain yang ada di Kalianda.

Pasir putih yang bersih dan indah, deburan ombak yang tidak begitu kuat menambah dan menjad daya tarik tersendiri dari Pantai M Beach Kalianda. Bahkan melakukan aktivitas renang pun merasa lebih aman di tepi pantai.

Kemudian yang banyak di nanti pengunjung ialah sunsetnya saat matahri tenggelam dari Kalianda dengan latar belakang gedung pencakar langit dan tower. Jadi jangan sampai anda ketinggalan momen ini untuk mengabdikannya.

Apalagi jika  anda datang saat cuaca yang cerah tetntu akan terlihat anak Gunung Krakatau dari kejauhan. Kemudian juga bisa menyewa speedboat untuk mengunjungi gunung berapi yang masih aktif. Tarif sewa ke tujuan pun relatif murah yakni Rp 5.000 sampai Rp 10.000.

Tips Berkunjung Ke Pantai M Beach Kalianda

  • Sobat sarankan bahwa sebelum berkunjung bawaklah sebuah keperluan yang memang di butuhkan di sana seperti pakaian ganti atau bila perlu bawak bekal sobat hemat, selain untuk menghemat juga.
  • Selanjutnya jangan lupa perlengkapan kesehatan agar liburan anda pulang dnegan nyaman dan selamat seperti sabun, tissue basah, sampo, antiseptik dan lain sebagainya.
  • Selain dari itu fisik juga harus sehat ya sobat beserta kendaraan pribadinya.
  • Untuk tempat penginapan pun tak perlu khawatir sebab ada yang dekat dari Pantai M Beach Kalianda tersebut yakni Grand Elty Krakatoa Resort. Dengan kamar dan villa yang di lengkapi segala fasilitas yang memadai mulai dari kolam renang, restoran, ruang pertemuan dan lain sebagainya. Serta di banderol dengan harga yang sangat pas di kantong jadi pengunjung tinggal menyesuaikan lagi dengan budget.

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Pantai M Beach Kalianda di Lampung Selatan yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dan teman. Selain puas dengan suasana dan spot-spot foto yang instagrmable sekaligus view panorama alam sekitar.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

 

 

 

 

 

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *