Pantai Ketang Kalianda

Pantai Ketang Kalianda: Pesona Batu Karangnya

Halo sobat Pesonanusantaraku, Pantai Ketang Kalianda atau lebih dikenal Pantai Batu Rame ialah salah satu destinasi wisata pantai yang banyak peminatnya. Karena memang kawasan Kalianda di kenal sebagai destinasi pantai yang semuanya mempunyai sisi keunikkan.

Sampai-sampai Kabupaten Lampung Selatan di beri julukan Kabupaten 1000 pantai. Betapa kayanya kabupaten ini akan pariwisata bahari yang tak kalah eksotis.

Nah sobat jadi penasaran makanya pada kesempatan kali ini bakal membahas terkait tempat wisata bahari yang ada di Kalianda dan sangat bagus untuk dijadikan spot foto yang keren. Pantai itu ya Pantai Ketang Kalianda yang bakal di ulas secara lengkap disini.

Sekilas Asal Penamaannya 

Nah jika banyak di kenal masyarakat sekitar ya sebutan pantai Batu Rame, tapi sebenarnya itu merupakan pantai yang sama dan sama-sama terkenal untuk namanya sendiri dengan pantai ketang.

Pemberian namanya ialah berasal dari banyaknya bebatuan karang yang ada di pantai tersebut sehingga masyarakat sekitar lebih mudah mengingatnya dengan nama pantai batu rame.

Setiap sisi dari pantai ketang Kalianda selalu bisa memikat mata yang memandangnya, seperti view pantai di sekelilingnya, view bebatuan karang di bibir pantai yang tersebar serta sensasi sunset dan sunrise baik di sore hari atau di pagi harinya.

Lokasi

Pantai Ketang Kalianda pun mudah di jangkau oleh para pengunjung baik lokal atau pun mancanegara, yang berlokasi tempat di Desa Way Urang, Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Indonesia 35551.

Rute Perjalanan

Akses jalananya juga tidak sulit untuk di jangkau oleh banyak pengunjung dan ternyata juga dekat dengan pusat ibukota yang hanya berjarak kurang lebih 5 Km saja serta perkiraan waktu tempuh 10 menit saja dari pusat kota Kalianda.

Rutenya jika lewat dari Jalan Kususma Bangsa atau juga bisa Jalan Gatot Subroto/Jalan Lintas Sumatera. Pengunjung pun tidak pelu khawatir bakal tersesat sebab sudah ada papan penunjuk jalan. Ternyata juga sudah tersedia di apliaksi Google Maps setiap ponsel canggih mu.

Begini rute perjalanannya kalau anda dari arah Bandar Lampung dapat naik bis jurusan ke Pelabuhan Bakauheni atau trevel yang biasanya di banderol dari tarif Rp 30.000 (bis) dan Rp 50.000 (trevel).

Kemudian akan turun di Masjid Agung Kalianda atau lebih di kenal Masjid Kubah Intan. Dan di lanjutkan   masuk gang Kusuma Bangsa yang tidak begitu jauh dari masjid tadi. Untuk lebih enaknya anda bisa membawa kendaraan pribadi untuk sampai ke pantai ketang Kalianda dan akses jalannya pun sudah begitu bagus.

Harga Tiket Masuk

Semua orang pasti senang bukan jika berlibur ke pantai tanpa harus mengeluarkan uang untuk membayar tiket masuk? Maka datanglah ke pantai batu rame Kalianda, tapi jika anda tidak ingin lelah bisa sewa delaman untuk sekalian jalan sebesar Rp 10.000.

Walaupun gratis pantai ketang Kalianda masih begitu alami berkat masyarakat sekitar. Pasir putih yang terhampar luas dan lembut pada bibir pantai, ditambah keindahan bebatuan karang yang menghiasinya serta view yang berlatar belakang Gunung Rajabasa.

Jam Operasional

Belum ada jam batas bagi pengunjung untuk berkunjung ke pantai ketang ini jadi bukanya setiap hari dengan kisaran jam 06.00 sampai lelah dengan sendirinya.

Destinasi Wisata yang Dekat dengan Pantai Batu Rame

Menurut sobat ini menjadi bahan pertimbangan dan juga nilai plus sendiri, bagaimana tidak ada beberapa wisata yang tidak begitu jauh dengan wisata Pantai Ketang Kalianda.

Mulai dari alau-alau boutique resort, pantai way urang, taman kain inuh Kalianda, pemandian air panas way belerang, dermaga bom Kalian, pantai canti indah, pantai guci kapa batu serta pantai wartawan.

Baca Juga: Wisata Baru di Lampaung Yakni Kebun Edukasi Kalianda!

Daya Tarik

  1. Kulineran

Setelah asyik berkeliling melihat setiap sudut dari pantai ketang Kalianda pasti perut bakal keroncongan. Eits sobat nggak perlu khawatir sebab sudah banyak sekali tempat yang menjajakan makanan sampai cemilan khas daerah sana.

Atau anda suka dengan kulineran seafood, tentu adaya sobat jadi pas sekali jika berlibur kesini. Sbeb ada banyak sekali jenis ikan segar yang siap di masak dan di santap nantinya dalam kondisi yang begitu fresh sambil melihat view pantai.

  1. Spot Foto

Sumber Foto: IG @sashimiii5
Pantai Ketang Kalianda
View Gunung Rajabasa IG @detamonica02

Benar kata para kaum millennial tidak afdol jika sudah jauh berkunjung ke suatu tempat tanpa mengabdikan setiap momennya. Salah satu yang paling sering dijadikan latar spot foto ialah panorama pemandangan Gunung Rajabasa yang ketinggian sampai 1.281 mdpl.

Atau bisa juga mengambal foto genetik saat saat bermain par pantai yang halus tersebut. Oh iya ombak di pantai ketang Kalianda juga tidak begitu kuat jadi masih cukup aman untuk bermain.

  1. Bebatuan Karang

Spot Foto Batu Karang IG @luckyferdianto_

Ini objek yang paling utama ya sobat sebab berjumlah puluhan batu karang yang ada dengan ukuran dan bentuk yang beragam juga.

Untuk warnanya ialah hitam cantik, di tambah paduan air laut yang warna biru serta buih-buih putih ombat yang menabrak bebatuan tersebut. Kemudian menghasilkan suara khas yang benar-benar tidak bisa di sandingkan dengan pantai lain.

Bahkan sering di jadikan sebagai lokasi prewedding, sebab keindahan batu karang yang berjejran di pinggir pantainya memang tidak setinggi dengan batu-batu karang dari Pantai Gigi  Hiu Tanggamus, tapi tak kalah fotogenik ya di Pantai Ketang Kalianda.

  1. Pasir Putih yang Lembut

Yang sudah di sebutkan ya sobat pesonanusantarku bahwa pasir putih yang menghampar disini sangat indah di pandang dan juga halus saat di pegang. Sekedar duduk bersantai di sekitar pantai pun cukup merileksasi pengunjung setelah penat dengan rutinitas bekerja.

  1. Air yang Jernih

Pantai Ketang Kalianda
Sumber Foto: IG @intan__permana

Kemudian air di pantai ini sangat jernih ketika kita melakukan aktivitas berenang akan terasa  menyegarkan sekali. Cukup melihat panorama keindahan laut saja sudah begitu bersyukur atas nikmati dari yang menciptakan langit dan bumi ini.

  1. Ikan Hias

Oh iya selain yang telah di sebutkan di atas ternyata jika kita ingin melakukan aktivitas renang dengan menggunakan kaca mata khususnya, maka akan di temukan indahnya ikan-ikan kecil yang beragam warna dengan keindahannya.

Hal tersebut pun bukan tanpa sebab mengapa bisa melihat secara jelas, ya dari pasir putih dan air biru yang jernih tersebut. Sampai-sampai kegiatan berenang di pantai ketang Kalianda bisa lebih menyenangkan dan mengasyikan apalagi ebrsama keluarga atau pun teman kalian.

  1. Sunset dan Sunrise yang Memukau

Pantai Ketang Kalianda
View Sunset IG @bellaaprilianaa_

ini adalah satu satu daya tarik yan paling di nanti para pengunjung yakni ketika matahari terbit dan matahari terbenam. Anda bisa datang ke pantai petang kisaran jam 06.00 Pagi dan sekitar jam 17.00 sore harinya, sambil duduk bersantai.

Pengunjung relah berbondong-bondong datang untuk menyaksikan sunrise dan juga matahari tenggelam di ufuk barat.

Tips Berkunjung Ke Pantai Ketang

Sobat sarankan bahwa bebatuan karang di pantai ketang Kalianda ini terbilang agak tajam. Takutnya kaki bisa lecet apalagi sampai terpeleset dan terbentur dengan batu-batu. Jadi anda jangan terlalu dekat ya dengan bebatuan karang yang ada di sekitar pantai agar tetap aman.

Kemudian anda bisa juga kenakan pakaian pelindung yang tebal untuk juga nantinya menghindari gesekan dengan bebatuannya.

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Pantai Ketang Kalianda di Lampung Selatan yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dan teman. Selain puas dengan suasana dan spot-spot foto yang instagrmable sekligus view panorama alam sekitar.

Semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

 

 

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *