Kebun Edukasi Kalianda

Kebun Edukasi Kalianda, Agrowisata Baru di Lampung

Halo sobat Pesonanusantaraku, kebun edukasi Kalianda merupakan salah satu destinasi wisata baru yang bisa digunakan untuk menghabiskan liburan akhir pekan. Disana pengunjung bisa mengenal beragam jenis sayuran hingga tanaman toga lainnya.

Masyarakat sangat takjub dengan wisata ini, sebab dahulunya ini hanyalah lahan yang dipenuhi semak belukar yang tidak terawat.

Sampai pada akhirnya pihak Dinas Pariwisata Lampung Selatan menyulapnya menjadi objek wisata edukasi pertanian yang banyak peminatannya apalagi gratis.

Pasti kalian pada penasaran dengan wisata ini biasanya kota Kalianda terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang mempesona, tapi berbeda akhir-akhir ini hadirnya Kebun Edukasi Kalianda yang banyak menyihir para pengunjung.

Lokasi

Kebun Edukasi Kalianda
Panen Buah Semangka IG @riniariasih

Pengunjung tidak perlu pusing untuk mencari dan mencapai ke tujuan. Karena wisata ini amat mudah di jangkau. Dimana kebun edukasi ini tepat di belakang Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Alamat lengkapnya Jalan Lintas Sumatra No 22, Kedaton, Kecamatan Kalianda, Kabuapaten Lampung Selatan, Lampung, Indonesia 35551.

Atau jika ini kunjungan pertama anda ke kota Lampung Selatan, maka ketik saja di kolom pencarian aplikasi Google Maps yang ada di ponsel canggih anda dengan Kebun Edukasi Lampung Selatan/Rumah Dinas Bupati Lampung Selatan.

Oh iya sobat bagi anda yang pencinta gunung, maka Kebun Edukasi Kalianda menjadi salah satu cara menikmati view Gunung Rajabasa dari kejauhan. Yang mana tepat berhadap-hadapan dengan Gunungnya setinggi 1.281 mpdl.

Harga Tiket Masuk

Sobat tidak perlu mengeluarkan uang sepeser pun sebab destinasi wisata Kebun Edukasi Kalianda ini tanpa di pungut biaya apapun atau gratis untuk masyarakat umum.  Bagaimana pasti tertarikkan berkunjung kesini saat sedang melanjong ke Kota Lampung Selatan?

Jam Operasional

Walaupun objek wisata Kebun Edukasi Kalianda tidak di pungut biaya apapun tapi pihak pengelolah tidak serta merta membukanya selama 24 jam. Jadi pengunjung tidak bisa leluasa untuk mengunjunginya kapan pun.

Dimana mulai di buka dari jam 07.00 WIB sampai dengan pukul 17.00 WIB pada setiap harinya yakni dari hari Senin hingga Minggu sekalipun. Enaknya anda datang sekitar pukul 10.00 pagi menjelang siang dan jam 03.00 sorenya.

Fasilitas

wahana bermain IG @wisatalampunghits

Pihak pengelolah pastinya ingin memberikan suatu kenyaman yang nantinya akan berdampak kepercayaan pengunjung kepada wisata Kebun Edukasi Kalianda.

Tentunya disani tidak hanya menyadikan wisata edukasi saja bagi pengunjungnya, tetapi ada uga ragam tempat bermain untuk anak-anak seperti prosostan dan ayunan. Jadi berkunjung bersama si buah hati pun akan lebih menyenangkan.

Kemudian anda juga akan menemukan beragam tanaman yang di tanam di kebun legkap dengan hiasannya di sepanjang jalan. Misalnya terowongan berbentu love atau jalan yang berwarna-warni. Serta juga di sugguhkan bunga-bunga cantik yang tumbuh di pinggir jalannya.

Ada lagi gazebo tempat bersantai, kolam ikan, spot-spot foto yang keren, toilet, tempat duduk, area kuliner, souvenir serta area parkir yang luas.

Semua itu pun masih dalam tahap pembangunan agar lebih lengkap dan mempercantik Kebun Edukasi untuk tidak membuat bosan pengunjung.

Baca Juga: Wisata Keluarga di Kampung BW Pringsewu, Wajib di Kunjung!

Daya Tarik

Kebun Edukasi Kalianda
View Gunung Rajabasa IG @luckyferdianto_
kebun edukasi kalianda
spot foto lorong cinta @nurimaulida

Wisata Kebun Edukasi Kalianda di bangun di atas lahan seluas kurang lebih 2,5 hektar. Alasan di bangunnya sendiri ialah untuk memperkenalkan kepada generasi mudah lainnya untuk lebih peduli lingkungan terutama pertanian.

Yang menjadi daya tarik ialah wisata edukasinya berupa pengenalan jenis tanaman yang tumbuh subur disana. Mulai dari alpukat, sirsak, semangka, melon, timun suri dan duren.

Selain dari tanaman buah-buahan juga ada tanaman perkebunan khas kota Lampung seperti cengkeh dan lada kemudian ragam tanaman obat atau toga yang di tanama yakni jahe, kencur dan lain sebagainya.

Kunjungan Mahasiswa Penelitian IG @capingmerapi

Di kebun Edukasi Kalianda juga tersedianya lahan untuk praktik jika kunjungan anak juga yang ingin belajar.

Nah wisata ini sendiri garap sekitar Maret 2020 lalu yang bekerjasama dan gotong royong pada semua kepala OPD setempat. Memang adanya tanaman taoi juga kolam ikan yang di tanaman dengan ragam jenis sayuran dan kebun toga yang sengaja di tanaman oleh ibu-ibu PKK.

Oh iya di sana juga ada beragam spot foto yang instagramble ya sobat. Salah satunya kita mendekatai tembok pembatas kebun edukasi, akan di sugguhkan juga lukisan tembok atau yang lebih dikenal dengan istilah mural.

Ternyata juga menjadi daya tarik pengunjung dimana dnegan tema pahlawan atau kebangsaaan, cinta tanah air, flora, fauna, seni, budaya dan keindahan alam lainnya.

Tentunya lukisan tersebut pun di buat oleh orang yang profesional untuk mempercantik destinasi wisata ini dengan gradiasi warna yang terang juga.

Rekomendasi Penginapan Terdekata dengan Kebun Edukasi

Pastinya banyak juga para wisatawan baik itu lokal atau pun mancanegara lebih memilih menginap di sekitar area entah itu untuk beristirahat atau memang ingin menikmati wisata Kebun Edukasi Kalianda lebih lama.

Tapi tenang Sobat Pesonanusantaraku bakal kasih kalian referensi beberapa penginapan yang paling dekat dengan wisata ini, yakni ada Wisma Belerang, Hotel Kahai Beach, Negeri Baru Kalianda, Hotel Kalianda dan Grand Elty Krakatoa.

Tips Berwisata Ke Kebun Edukasi

Nah beberapa tips yang bakal sobat bagikan kali ini harus benar-benar di perhatikan ya sobat agar berkunjung pun lebih meyenangkan tanpada kendala yang berarti.

  • Jadilah pengunjung yang bijak dengan tidak merusakan fasilitas dan tanaman yang hidup di taman tersebut agar tetap bisa kita nikmati di lain harinya.
  • Tidak hanya itu jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah di sembarangan tempat. Alam sekitar baiknya di rawat dan di jaga secara baik.
  • Oh iya disini belum banyak pedagang yang menjajakan makanan atau minuman , sudah pasti lelah berkeliling anda akan keroncongan. Jadi sangat di anjurkan untuk membawah bekal dari rumah sendiri apalagi yang membawa si buah hati.
  • Dimana pun berwisata kita juga harus dan wajib menaaati semua aturan protokol kesehatan yang di anjurkan mengingat masih masa pandemic. Mulai dari menjaga kesejatan yang paling utama sebab sehat itu mahal serta patuh dan taat dalam menjalakan 3M.

Kesimpulan

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Kebun Edukasi Kalianda di Lampung Selatan yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dan teman terutama si buah hati.

Selain puas dengan suasana dan spot-spot foto yang instagrmable ala perkampung serta berlibur sambil belajar mengenail tanaman.

Jadi itulah review singkat ulasan terkait wisata kebun edukasi yang di susun sedemikian rupa dan selengkap mungkin untuk di baca serta sebagai acuan kunjungan anda.

semoga artikel di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau jika di rasa artikelnya bermanfaat, maka silakan saja share ke media sosial sobat. kurasa cukup sekian dan ucapkan terima kasih.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *