Kampung BW Pringsewu

Kampung BW Pringsewu: Wisata Keluarga Ala Puncak Bogor

Halo sobat Pesonanusantaraku, Kampung BW Pringsewu ialah salah satu wisata baru yang areanya khas dengan pendesaan. Yang mengusung konsep alam dan kelurga, tentu bakal bikin liburan mengasyikkan.

Dilengkapi juga restoran yang berkonsep tradisional yang menawarkan suasana perkampungan dengan di kelilingi area persawahan dan rumah adat. Sebenarnya tempat ini ialah dahulunya kebun buah naga kemudian di sulap jadi destinasi wisata.

Kalian pada penasaran nggak sama nama yang di gunakan dari destinasi wisata ini yakni Kampung BW Pringsewu? Dari pada penasaran dan menerka-nerka, mari simak ulasan di bawah ini.

Sekilas Asal Usulnya

Wisata ini resmi dijadikan menjadi tempat wisata sekitar Juni 2020 lalu, dimana sudah di sebutkan bahwa awalnya kebun buah naga dan sawah saja yang ada disini hingga pad akhirnya di sulap oleh pemilikinya.

Konsep wisata agro yang lebih di bangun oleh pemiliknya, pemiliknya suka mengkomsumsi buah naga yang di tanamnya selama 6 tahun sampai di kenal lah tempat sekarang.

Di Kampung BW  ada sekitar 300 batang buah naga yang di beri pupuk organik sehingga rasa buahnya lebih segar dan pengunjung pun bisa memetik sendiri dan bisa juga coba makanan dan minuman yang telah di olah.

Kebanyakan pengunjung yang datang pun merasa betah berlama-lama disini walaupun hanya duduk bersantai saja, setidaknya bisa fresh kembali setelah penat dengan rutinitas .

Untuk pemilihan nama dari Kampung ini sendiri ternyata di ambil dari gabungan nama inisial pemilikinya yakni Bapak Buyung dan Istrinya Ibuna Wina hingga di pada akhirnya dinamai Kampung BW Pringsewu.

Lokasi Kampung BW Pringsewu

Ini hal yang pasti penting bagi kebanyakan wisatawan agar mengetahui terlebih dahulu loksi yang ingin di capai. Lokasinya sendiri untuk sampai ke tujuan tepat berada di jalan KH Agus Salim, Desa Podosari, Kecamatan Pringsewu, Kabupaten Pringsewu, Lampung.

Akan tetapi terkadang masih banyak yang bingung dengan alamatnya, tapi sobat tidak perlu panik. Sebab tinggal cari saja di setiap ponsel canggih sobat sekalian. Disana juga bakal tertandai dimana alamat lengkap destinasi wisata Kampung BW Pringsewu.

Baca Juga: Rasakan rileksasi di Pemandian Air Panas Way Belereng Langsung dari Sumber Gunung Rajabasa!

Rute Perjalanan Kampung BW Pringsewu

Kampung BW Pringsewu terletak di sebelah Utara Pringsewu, yang mana bersebelahan dengan SMA 2 Pringsewu sebelum bertemu jembatan Way Sekampung.

Atau jika anda mengambil arah dari pasar Pringsewu jaraknya hanya sekitar 3,5 Km dengan waktu tempuh kisaran 10 menit berkendara untuk kecepatan sedang ya sobat.

Atau bisa juga dari pusat kota Bandar Lampung yang berjarak hanya 40 Km dan anda bisa memakan waktu berkendara dengan kecepatan sedang sekitar 1,5 jam. Rute yang bisa di pilih yang paling cepat ialah melewati Gedongtataan dan Gading Rejo.

Adapun jika memakai Google Maps ke Kampung BW Pringsewu, pertama anda akan di arahkan ke Gang Pusri- Jalan Sarinongko- Tugu Payung. Kemudian melewati Jalan Lap, Megaria- Jalan Nawatama- Jalan Lingkar Utara- Gg Moro Seneng.

Jika tanpa aplikasi bisa di awali dari Terminal Pringsewu- Jalan KH Gholib Raya. Lalu anda akan bertemy jembatan kecil dan sebuah pertigaan. Tepat di pertigaan setelah jembatan belok ke kanan saja.

Selanjutnya tinggal ikuti saja jalannya, nah disisi kanan akan terlihat persawahan. Kemudian mentok dan belokkan saja kendaraan ke kiri sedikit dan sampai deh ke tujuan.

Jam Operasional

Kampung BW Pringsewu
View Pemandangan IG @luckyferdianto_

Selain alamat ini tidak kalah penting ya sobat jangan sampai datang ke Kampung BW Pringsewu ternyata belum buka, padahal sudah jauh perjalannan yang di lalui.

Anda bisa datang pada hari Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu saja sedangkan hari Senin pihaknya libur. Nah jam operasionalnya sendiri mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Harga Tiket Masuk

Ini juga sama kok dengan wisata lainnya yang ada di Lampung yang biasanya sebelum masuk anda harus membayar biaya tikert masuk tapi terjangkau kok.

Itu juga sudah termasuk dengan voucher yang dapat pengunjung tukarkan dengan minumannya. Anda bisa membayar tiket masuk sekitar Rp 20.000/orang. Sedangkan tiket seharga Rp 30.000 bisa di tukar dnegan makanan dan juga minuman seharga voucenya.

Enaknya lag tarif tiket masuk ini mulai berlaku bagi anak-anak usia di bawah enam tahun, tidak dikenakan biaa. Atau bisa hubungi Nomor Telpon/WA ini untuk informasi lebih lanjut yakni 0821-1166-6555 dan bisa kunjungin Instagram @kampungbw.

Fasilitas Umum

Kampung BW Pringsewu
Menikmati Alam Sekitar IG @luckyferdianto_

Anda yang datang bakal di buat nyaman, bagaimana tidak semua telah di kelola dan di rawat dan di jagain sendiri.

Dimana di lengkapi fasilitas outdoor camping, cafe, dapur roasting (pembuatan kopi), kabun buah naga, kabun bunga telang, spot foto, prewedding, restoran, mushola, cottage, area parkir yang memadai dan juga kolam.

Nah berbagai fasilitas di atas yang telah di sediakan pihak Kampung BW Pringsewu bukan hanya sebagai tempat liburan saja tapi sering juga di gunakan untuk kepentikan gathering, photo shot dan acara pernikahan.

Daya Tarik

  1. Kampung yang Asri

View Pemandangan IG @luckyferdianto_
View Pemandangan IG @luckyferdianto_

Sudah dikatakan bahwa memang tempat ini begitu khas dengan suasana yang menenagkan serta cocok sekali bagi mereka yang rindu akan suasana yang jaub dari kebisingan kota dengan segala rutinitas yang padat.

Luasnya area Kampung BW Pringsewu ini, dengan hamparan sawah yang hijau, serta di petak juga sebuah kola ikan, taman yang juga di hiasu dengan berbagai bunga serta adanya rumput hijau juga di beberapa bagian.

Tentu kita yang datang bersama bekeluarga dengan nuansa alam bakal merasa di manjakan mata dan menghirup udara segeranya.

  1. Spot Foto Outdoor

foto prewedding IG @kampungbw
Kampung BW Pringsewu
Birthday Party IG @kampungbw
Kampung BW Pringsewu
Spot Foto IG @luckyferdianto_
Spot Foto IG @luckyferdianto_

Nilai plus lainnya ternyata ragam pilihan resto outdoor yang sekaligus bisa di jadikan spot foto instagramable. Jadikan sambil menunggu sajian hidangan atau selesai menyantap makanan anda bisa ambil foto untuk dijadikan momen berharga.

Di antaranya ada gubuk berbentu segitiga yang menghadap langsung ke view sawah, gazebo di atas kolam, area kafe utama, area kafe lantai 2 menghadap ke sawah juga serta spot menikmati kuliner di area tamannya sendiri.

Spot foto yang menarik lainnya ialah rumah adat tradisional ala Vila Lombok dan juga rumah panggung dari kayu yang menjadi ciri khasnya dari Kampung BW Pringsewu sendiri sebagai spot untuk berswafoto.

Lain dari itu pihak pengelolahnya juga melayani booking untuk kegiatan tertentu seperti wedding party dan spot foto prewedding yang langsung di koordinir melalui wedding organizer.

Anda juga bakal dapat suasana private dan sementara tertutup untuk kunjungan umum. Kisaran tarifnya foto prewedding di hari biasa di kenakan Rp 50.000/pasangan dan weekend Rp 100.000/pasangan, ini di luar tiket masuk utama ya sobat.

  1. Kulineran

Kampung BW Pringsewu
sumber foto: Yohanes Sepbianto

Sobat Pesonanusantaraku sudah mengetahui berbagai tempat makan yang unik yang tersedia di Kampung BW Pringsewu. Lalu bagaimana sih dengan menu-menu yang di tawarkan dan ada menu apa saja?

Tenangnya sobat pihaknya begitu menjunjug kenyaman pengunjung sehingga menu makanan dan minuman yang di sajikan sudah pasti lezat dan bakal mengoyahkan lidah.

Minumannya sendiri ada aneka minuman bunga telang, aneka minuman kopi, jus buah dan sayur serta tek markisa. Lalu ada menu makanan ringan juga seperti pisang goreng, roti bakar, cireng, kentang dan egg toast.

Selanjutnya ke menu makanan berta muali dari mie godog ayam Kampung BW, mie goreng Kampung BW nasi goreng kampung BW dan nasi ayam spesial Kampung BW Pringsewu.

Uniknya lagi pengunjung tidak perlu heran jika akan di sajikan nasi berwarna biru yang dihasilakn dari warna organi bunga telang, menu mie pun langsung original produksi sendiri yang juga di padukan bunga telang sehingga di hasilkan mie berwarna biru yang lezat.

Sobat Pesonanusantarku juga bakal jamin semua menu makanan dan minuman disini sangat terjangkau, yang di mulai dari harga Rp 8.000 sampai dengan Rp 30.000 saja. Murah bukan sobat?

 

Oke, bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Kampung BW Pringsewu yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dan teman.

Selain puas dengan kulineran, suasana, dan spot-spot foto yang insagramable ala perkampung.

Nah, semoga ulasan di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau bisa juga share ulasan di atas untuk menambah informasi kepada halayak ramai.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *