Way Belerang | Pemandian air Panas di Lampung

Halo Sobat Pesonanusantaraku, datanglah ke pemandian air panas Way Belerang jika anda sedang mencari objek wisata yang menawarkan rileksasi dengan air hangat dan jernih.

Jadi sangat cocok sekali bukan untuk dijadikan salah satu destinasi rekreasi bersama keluarga anda untuk menghabiskan akhir pekan yang pastinya menyenangkan. Oleh sebab itulah tempat ini juga begitu banyak menarik pengunjung apalagi saat liburan panjang.

Bagaimana tidak di sekelilingnya masih sangat banyak pohon-pohon besar yang memberikan sensasi alami dan juga sejuk. Sayangkan jika sudah jauh-jauh melanjong ke kota Lampung tanpa datang ke pemandian air panas Way Belerang. Yuk lak kita simak selengkapnya di bawah ini.

Lokasi

Dimana sih alamat yang lengkap dari objek wisata pemandian air panas ini di kota Lampung? Lokasinya sendiri tepat berada di lereng Gunung Rajabasa, Kecamatan Kalianda, Kabuaoten Lampung Selatan, Lampung 35551.

Tapi bagi kalian yang datang luar dari provinsi Lampung, tidak perlu khawatir atau pun kebingguan ontok letaknya. Sebab anda bisa langsung mencari lokasi di ponsel canggih di aplikasi Google Maps. Disana juga sudah tertandai dimana alamat lengkapnya.

Rute Perjalanan

Yang ingin berkunjung ke pemandian air panas Way Belerang dengan titik lokasi dari Bandar Lampung. Maka waktu tempuh perjalanannya sekitar 2 jam dengan jarak tempuh sekitar 60 Km.

Sobat Pesonanusantaraku bisa ambil dari Jalan Soekarno Hatta (By Pass) yang bakal masuk melewati Jalan Lintas Sumatera. Saat sudah tiba di pusat Kalianda, anda tinggal membelokkan kendaraan ke kanan hingga bertemu Kantor Bupati Lampung Selatan.

Nah dari tempat tersebut pun [engunjung hanya membutuhkan jarak tempuh sekitar 5 Km lagi untuk sampai ke lokasi pemandian air panas Way Belerang.

Kondisi jalan ke tujuan pun sudah beraspal, jadi dijaminlah perjalanan bakal lancar saja. Atau jika bingung anda pun bisa bertanya ke warga sekitar. Seperti kata pepatah jangan malu bertanya jika tidak ingin sesat di jalan.

Fasilitas

Sama seperti kebanyakan objek wisata lainnya yang ingin selalu memberikan pelayanan serta fasilitas yang lengkap sehingga membuat pengunjung nyaman.

Tentu pihak pengelolah pemandian air panas Way Belerang sudah mlengkapinya selain kolam air panas, kolam renang komersial, kamar bilas, taman, balai pertemuan, peternakan kuda, kantin, dugan party  serta wahana permainan.

Ada juga fasilitas pendukung lainnya yang terjaga kebersihannya dan terawatt yakni area parkir kendaraan yang luas, mushola, kamar mandi, penginapan dan lain sebagainya.

Oh iya juga ada pondokan ukuran 2×2 meter untuk beristirahat atau pun meletakkan barang-barang bawaan.

Semuanya juga tidak lepas dari pengelolaan yang langsung di lakukan oleh Dinas Pariwisata Lampung bertujuan untuk memajukan kepariwisataan di daerah Kalianda ini.

Baca Juga: Secret Garden Bali Yakni Wisata Berlibur Sekaligus Edukasi!

Akses Transportasi

Wisatawan local atau pun mancanegara tidak perlu pusing masalah ini, karena memang mudah di jangkau serta lokasinya sendiri dekat dengan pusat kota. Jika ingin enak di perjalanan ialah menggunakan kendaraan pribadi.

Akan tetapi juga sudah ada transportasi umum lainnya baik itu bus atau pun angkutan umum lainnya yang menuju pemandian air panas Way Belerang.

Harga Tiket Masuk

Tentunya akan ada tarif berupa tiket masuk, tapi tenang harganya cukup terjangkau untuk segala aktivitas dan juga fasilitas yang di tawarkan yakni cukup membayar Rp 10.000 /orang sudah termasuk parkir dan asuransi.

Jika ingin berenang di kolam renang air tawar komersial harus membayar Rp 5.000/orang. Di pintu masuk pengunjung akan di tawarkan sabun belerang yang harganya Cuma Rp 1.000/2 keping kecil.

Jam Operasional

Oh iya sebelum berencana datang pastinya kita bakal mencari infomasi terkait wisata tersebut seperti jam bukanya. Jadi anda bisa berkunjung ke sini ketika pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB.

Daya Tarik

Ada Begitu banyak aktivitas yanga dapat di lakukan di Way Belerang serta memang daya tariknya berbeda dari yang lain. Tak kalah lagi pesona keindahanya yang dimiliki tidak ada duanya. Yuk langsung saja kita ulas.

  1. Rileksasi di Air Panas
way belerang
bersantai di tepi kolam IG @pikniklampung

Sumber air belerang di tempat pemandian air panas ini berasal dari Gunung Rajabasa dan ternyata ada juga dari bawah kolamnya sendiri, itulah yang membuat airnya masih begitu murni.

Tapi sobat juga harus berhati-hati ketika itu berenang atau pun menyelam, jangan sampai air belerang tersebut mengenai area mata apalagi masuk. Takunya akan menyebabkan iritasi atau pedih.

Sedangkan dari sisi manfaatnya air belerang di pemandian air panas Way Belerang bisa mengobati permasalahan pada kulit seperti gatal-gatal. Pengunjung juga bisa memilih ingin merileksasikan di kolam mana sebab beragam suhu mulai dari 60 derajat Celcius.

  1. Wahana Permainan
way belerang
sumber foto: IG @safitrijayantii

Ini yang menjadi nilai plusnya yakni terdapat kawasan rekreasi di Way Belerang seperti taman bermain untuk anak-anak, flying fox, ayunan dan juag perosotan

  1. Udara Sejuk dan Asri

Di kelilingi pohon-pohon baik di kanan atau kirinya sehingga hawa sejuk bakal terasa dan udara yang masuk ke rongga-rongga pernapasan bakal membuat kita fresh.

Kenyaman lainnya sambil berkunjung ke Way Belerang coba mampir di area peternakan kuda atau duduk bersantai di taman yang tertata rapi sambil menyatap makanan yang di jajakan. Seperti ada kelapa muda, otak-otak dan jajan pasar lainnya, jadi pengunjung tidak perlu takut kelaparan.

  1. Berenang
Way Belerang
Kolam Renang di Way Belerang IG @luckyferdianto_

Ini daya tarik yang utama yang sobat menikmati kolam renang air tawar untuk berenang bagi kalian yang hobi berenang. Tiket yang di banderol pun begitu pas di kantong yakni sebesar Rp 5.000/orang.

Kolam renang disini pun berbeda dengan pada umumnya, dimana bagian lantai di sisinya terdapat batu kecil-kecil dan tingkat kedalamannya pun berunduk-runduk sehingga memungkin kita bisa berendam sambil duduk santai.

Disini juga terdapat dua kolam, yang pertama bagian atas dengan kolam yang memiliki warna lebih pekat dan aroma belerangnya lebih menyengat. Kedalamannya sekitar 100 cm, terdapat pancuran air panas dengan suhu 50 sampai 60 derajat Celcius berasal dari Gunungnya.

Sobat juga menyarankan jangan langsung berenang di pemandian air panas Way Belerang tapi biasakan lebih dahulu dengan suhunya secara berangsur-angsur.

Kemudian ada kolam bagian bawah yang airnya lebih jernuh dan lebih luas. Kedalamnnya mencapai 150 cm dan sumber air hangatnya berasal dari bagian bawah kolam. Tapi jika kita mendekati sumber belerangnya airnya terasa agak panas.

Lain dari dua kolam tersebut ada juga air belerang dingin yang mengalir di parit kecil dan terentu secara alami, aroma belerang tidak begitu menyengat, warna air jernih dan dingin.

Tips Berjunjung

  • Sebelum berpergian siapkan semua keperluan yang di butuhkan dan yang pasti jangan berlebihan agar tidak memberatkan bawaan.
  • Usahakan juga membawa pakaian ganti, selesai berenang di air belerang yang menyengat ada baiknya menganti pakaian.
  • Jangan lupa juga ajaklah keluarga atau pun teman agar liburan tambah menyenangkan dan abadikan setiap momen berharga mu.

 

Bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang pemandian air panas Way Belerang yang sangat cocok untuk berwisata bersama keluarga dan teman.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau bisa juga share ulasan di atas untuk menambah informasi kepada halayak ramai.

 

Tentang Serli Munawaroh

2 comments

  1. Mantap euyy tempatnya pernah singgah kesini waktu mau ke jakarta

  2. Kangen kesana sama keluarga, gara gara pandemi jadi ditutup

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *