Taman Nasional Way Kambas
IG @angga_reza1101

Taman Nasional Way Kambas Lampung | Wisata Edukasi

Halo sobat Pesonanusantaraku, Taman Nasional Way Kambas ternyata adalah satu satu kawasan konservasi yang ada di Provinsi Lampung. Juga sebagai tempat melindungi satwa dari pemburuan.

Terdapat gajtaman Nasonal Way Kambasah, badak serta fauna yang langka lainnya untuk nantinya di lestarikan dan juga bisa dijadikan sarana eduaksi bagi para pengunjung dengan tujuan agar lebih mencintai hewan-hewan.

Jadi di sarankan sekali jika sudah jauh-jauh melanjong ke Kota Lampung untuk berkunjung kesini. Jadikan taman nasional way kambas ini menjadi salah satu daftar wisata yang masuk di daftar list anda ya sobat.

Sekilas Sejarah dari Taman Nasional Way Kambas

Terhitung sejak berdirinya sekitar tahun 1936 oleh Resident Lampung yakni Mr. Rookmaker melalui surat keputusan Gubernur Belanda tanggal 26 Januari 1937 Stbl 1937 Nomor 38.

Sebenarnya tujuan awal didirikannya taman ini ialah sebagai tempat tinggal dari bermacam satwa liar, seperti tapir (Tapirus Indicus), gajah Sumatera (Elephans Maximus Sumatranus), kihang (Muntiacus Muntjak), enam jenis primata, rusa sambar (Cervus Unicolor),  harimau sumatera (Panthera Tigris), dan beruang madu.

Hingga pada tahun 1991 keluarnya Suarat Keputusan Menteri Kehutan tanggal 13 Maret 1991 maka dinyatakan sebagai Taman Nasional way Kambas di bawah pengelolaan Sub Balai Konservasi Sumber Daya Alam Way Kambas.

Pihaknya pun bertanggung jawab lagsung kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam II Tanjung Karang. Nah untuk luas taman ini sendiri mencapai kurang lebih 130.000 hektar. Yang di liputi hamparan padang rumput, semak belukar serta hutan pantai.

Alamat

Jika anda berencana berkunjung ke Taman Nasional Way Kambas yang alamatnya tepat berada di Raja Basa Lama, Labuhan Rtau, Sukadana, Kabupaten Lampung Timur, 34196.

Rute Perjalanannya

Untuk sampai ke tujuan ada beberapa rute yang dapat di tempuh para pengunjung, entah itu menggunakan kendaraan pribadi ataupun jasa transportasi umum.

Jika anda datang dari Jakarta, tentu dapat menaiki peswat ke Lampung. Setelahnya, naik taksi dan turun di kota Metro. Kemudian turun di desa gajah batu dan gunakan ojek untuk sampai ke taman nasional ikon gajah ini.

Atau jika menaiki bus, perjalanannya dimulai dari terminal kampung rambutan menuju pelabuhan merak sampai pelabuhan bakauheni. Lalu baik bus yang menuju termina raja basa tanjung karang. Anda juga akan melewati Labuan ratulama dan turun di desa batu gaja. Terakhir cari ojek menuju gapura taman nasional way kambas.

Tentu yang lebih enak ialah mengendarai kendaraan pribadi atau jasa tour yang sudah pasti menyedikan paket perjalanan ke taman nasional ini.

Baca Juga: Rekomandasi Air Terjun Lembah Pelangi yang Memiliki Sumber Air Panas!

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki taman ini anda perlu membayar tiket masuk yang hanya di banderol seharga Rp 7.000/orang saja. Sedangkan yang membawa kendaraan pribadi roda empat dikenakan biaya tambahan untuk parkirnya Rp 10.000/unit.

Nah di depan pintu masuk anda akan menemui penjaja pisang, jika ingin memberi makan gajah yang ada maka dapat membeli pisang tersebut yang berkisar seharga Rp 10.000 an.

Selanjutnya bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi menunggangi gajah bisa membayar biaya retribusi sebesar Rp 20.000 untuk satu putaraanya dengan jarak 50-100 meteran. Se ekor gajah dapat di naiki oleh 2 pengunung dan 1 pawang juga.

Atau jika ingin melihat gajah-gajahnya di mandikan di pagi hari anda dapat datang ke taman nasional way kambas sekitar pukul 06.00 dini hari.

Oh iya jika di puas dan ingin bertualang dengan gaja anda bisa ambil paket yang biayanya sekitar Rp 150.000.

Jam Operasional

Untuk jam bukanya sendiri di buka setiap harinya, tapi jika tertarik untuk menjelajahi kawasan taman nasional ini dengan berbagai fasilitas dan keseruan berangkatlah lebih awal dan pengunjung pun belum ramai. Jam operasionalnya ialah pukul 08.00 WIB dan tutup kisaran jam 18.00 WIB.

Fasilitas Pendukung

Tentu pihak pengelolah selalu berusaha memberikan pelayanan serta fasilitas yang nyaman agar para pengunjung betah berlama-lama disini. Maka dari itulah fasilitas disini sangat memadai baik dari sarana dan prasarana yang tersedia.

Mulai dari adanya penginapan, arena berwisata, pusat informasi, mushola, WC bersih sampai pedagang makanan juga ada. Jadi pengunjung tidak perlu khawatirkan akan hal itu.

Tapi sangat di sayangkan para wisatawan yang ada terkadang tidak merawat dan menjaga alam sekitar taman nasional way kambas. Kenapa begitu? Sebab banyak sekali di temukan sampai yang di buang sembarangan.

Padahal hutan ini hidupnya para satwa yang juga ingin tetap terawat. Nah ada baiknya kita para pengunjung entah itu sampai atau bekas makanan lainnya setelah tidak di gunakan di buang apada tempatnya.

Bagaimana sobat dari semua fasilitas dan juga panorama keindahan alam serta satwa yang ada dengan tiket masuk yang di banderol? Itu cukup terjangkau bukan jadi jangan lupa datang kesnini ya sobat.

Untuk anda yang mencari penginapan dekat tama nada beberapa rekomendasi seperti Mahout Guest House, Satwa Elephant, Eco Lodge, Aston Lampung City Hotel, OYO 3207 Hotel Gracia dan Asoka Luxury Hotel.

Lebih enaknya lagi ada tempat wisata yang juga bisa di jangkau di sekitar taman ini seperti Pantai Kerang Mas, DAM Beringin Indah, Danau Way Jepara, Situs Purbakala Pugung Raharjo, dan Pantai Kuala Kambas.

Daya Tarik Taman Nasional Way Kambas

Okey, sobat kita beralih ke apa yang menjadi daya tarik taman nasional ini sehingga mampu menarik begitu banyak wisatawan. Salahnya ialah ikon gajah Sumatra, hewan denagn ukuran besar dan termasuk satwa yang dilindungi.

Menyaksikan Atraksi Gajah

Ini salah satu kegiatan yang menarik pastinya tidak kalah dengan penampilan gajah sirkus. Sebab gajah-gajah disini sudah terlatih jadi dapat melakukan atraksi seperti joget, parade dan bahkan menendang bola.

Sungguh banya sekali hal yang dapat di lakukan gajah ini mulai dari berjoget hingga melakukan hal ekstrem. Seperti melangkahi deretan manusia yang terbaring dan tentunya sudah dilakukan oleh orang yang profesional ya sobat.

Aktivitas tersebut pasti buat para pengunjung terhibur dan tidak lupa kita bisa sambil belajar.

Memandikan dan Menunggangi Gajah

Sumber Foto: IG @tamannasionalwaykambas

Taman Nasional Way Kambas

Kegiatan edukasi lainnya yang sudah di sebutkan sobat di atas ialah memandikan gajah. Disini pengunjung bisa mengharga hewan lain untuk juga di rawat. Kemudian ada kegiatan menunggangi gajah tersebut.

Untuk biayanya anda bisa membaca ulasan di atas ya dan tahukah bahwa wahana satu ini sangat menarik sekali untuk dilakukan saat sedang di taman nasional way kambas.

Sepak Bola Gajah

Waw daya tarik satu ini cuma ada di taman nasional ini yang sampai-sampai di juluki sebagai sekolah sepak bola gajah.

Dimana di taman nasional way kambas para gajahnya bisa menendang dan menggiring bola yang ukuran vesar di bawah tunggangan satu orang pawing agar mengarahkan gajah tersebut.

Bahkan di sediakan lapangan tersendiri untuk gajah tersebut bermain bola dan kalian bisa melihatnya. Kegiatan yang menyenangkan sobat?

Suaka Rhino Sumatra

Lanjut di Suaka Rhino Sumatera ini ialah tempat pengembangbiakan satwa liar di Indonesia seperti badak Sumatera. Malahan lokasi ini hanya ada satu-satunya di dunia.

Karena zona ekslusif tentu wisatawan yang ingin masuk juga di batasi oleh pihak pengelola terutama yang berkepentingan untuk penelitian dan juga pengembangan badak Sumatera.

Jadi lebih tepatnya lokasi ini ialah tempat konservasi. Ada proyek yang sedang di jalan tempat ini yakni royek Penelitian Pembangunan Populasi Badak Sumatera dan juga Proyek Penelitian Populasi Harimau Sumatera.

Tujuan kegiatan tersebut meliputi tracking di Hutan Rimba Way Kambas dengan menggunakan perahu motor untuk mengamati flora dan fauna tersebut.

Watching Bird

Sebagai kawasan yang kondisi hutan masih relatif utuh tentu lokasinya sendiri sangat strategis untuk menjangkau lokasi wisata lainnya seperti Kalibiru, Kuala Kambas dan Wako.

Sungai Way Kanan sampai ke pantai Kuala Kambas ini terdapat gradasi tipe ekosistem yang dapat dikatakan menarik.

Nah alasan tersebutlah yang mendasari bahwa kebanyakan wisatawan mancanegara yang berkunjung ke  Way Kanan sekitar lebih dari 75 persen ialah termotivasi untuk mengamati burung (birdwatching).

Sebab terdapat jenis burung langka seperti jenis mentok rimba (Cairina Scutulata), terus ada jenis rangkong, elang dan masih banyak lagi.

Junggle Track

Taman Nasional Way Kambas
Sumber Foto: IG @nazaruddinwan

Anda menyukai hal yang seru maka bisa mencoba jungle track dimana menyusuri hutan dan sungai yang ada di taman ini. Anda juga akan menjumpai beragam flora dan fauna saat menjelajahi hutan.

Lebih saru lagi menaiki perahu motor yang ada disini sambil memanjakan mata dengan panorama alam sekitarnya.

Resort Way Kanan

Resort way kanan sendiri ialah salah satu lokasi yang masih termasuk dalam wilayah Taman Nasional Way Kambas. Dari pintu gerbang jaraknya sekitar 13 Km.

Jika pengunjung datang kesini dapat melihat satwa di hutan secara langsung. Jadi sangat cocok bagi yang pencinta alam.

Camping

Kegiatan yang tidak kalah seru ialah camping, rasakan menginap disini bersama orang terdekat anda. Enaknya lagi sudah tersedianya fasilitas berkemah juga dan ingat jangan berbuat yang sembarangan.

Berkemah disini pun tidak sembarang tempat bisa di jadikan tempat berkemah dan tentunya harus mendapat izin terlebih dahulu dari pihak pengelola. Yang di utamakan sekali bagi peneliti yang ingin mengamati kehidupan satwa di malam hari tentu di perbolehkan.

Terdapat Flora dan Fauna Yang Manakjubkan

Sumber Foto: IG @tamannasionalwaykambas

Sudah barang pasti ya sobat Pesonanusantaraku jika taman ini di huni ragam flora dan fauna. Taman Nasional Way Kambas sendiri terdiri hutan rawa air tawar, semak belukar, hutan pantai dan alang-alang.

Di antara flora yang ada ialah api-api, pidada, nipah, gelam, salam, merbau, rawang, cemara laut, pandan, puspa, ketapang, meranti, bayur, dan masih banyak lagi.

Lain dari itu juga terdapat habitat fauna yang mendominasi seperti badak Sumatera (Dicerorhinus sumatrensis), Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrensis) dan tentunya gajah Sumatera (Elephas maximus).

Sementara itu juga ada habibat Tapir, Anjing hutan, Rusa, Beruang madu, Ayam hutan, Lutung Merah, Bebek Hutan, Rangkong, dan masih banyak lagi. Itulah membuat taman nasional ini benar-benar layaknya surge yang tersimpan keanekaragaman flora dan fauna.

Tips Berkunjung Ke Taman Nasional Way Kambas

  • Sopan dan ikuti aturan yang berlaku
  • Tentunya berwisata harus dalam kondisi sehat ya sobat agar tidak terjadi hal di luar keinginan
  • Bagi yang ingin mudah bisa mencari layanan tour and trevel atau guide sekalipun
  • Nikmatilah segala kegiatan seru disini agar liburanmu tidak sia-sia.

Bagaimana sampai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Taman Nasional Way Kambas di Lampung yang sangat cocok untuk berwisata sambil mendapat ilmu.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau bisa juga share ulasan di atas untuk menambah informasi.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *