Bantuan Laptop

Daftar Sebaran Sekolah Dapat Bantuan Laptop dari Nadiem

Sebaran Sekolah Dapat Bantuan Laptop –  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bakal memberikan bantuan laptop dan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) kepada 12.674 sekolah lewatAPBN dan 16.713 sekolah lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik.
Bantuan tersebut diberikan kepada PAUD, SD, SMP, SMA, dan SLB sepanjang tahun 2021.  keseluruhan anggaran yang dikeluarkan tahun ini menyentuh angka Rp3,7 triliun.

Di tahap pertama penyaluran laptop dan bantuan TIK diberikan kepada Sekolah Penggerak di penjuru daerah.

Kepala Biro Perencanaan Kemendikbudristek M. Samsuri mengatakan bantuan hanya diberikan bagi sekolah yang membutuhkan.

Direktur PAUD Kemendikbudristek Muhammad Hasbi mengatakan bantuan laptop dan TIK diberikan kepada 346 satuan PAUD yang tersebar di 111 kabupaten/kota.

“Untuk jenjang PAUD pemberian laptop diprioritaskan untuk mendukung pelaksanaan Program Sekolah Penggerak,” kata Hasbi Rabu (4/8).

Untuk mengirim permohonan Bantuan Laptop Gratis ini , Bpk/ibu  bisa mengunjungi Laman http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/bantuan

Sementara, Direktur SMP Kemendikbudristek Mulyatsyah mengatakan pengadaan bantuan TIK diberikan untuk 7.859 SMP. Mulyatsyah tidak menyebutkan jumlah daerah atau sebaran penerima bantuan.

Baca Juga : Registrasi/Daftar Βansos Lain nya

“Untuk SMP TIK [dari] APBN pusat untuk 6.435 sekolah. DAK fisik ke daerah untuk 1.424 sekolah, pengadaan oleh daerah,” kata Mulyatsah

Direktur SMA Kemendikbudristek Suhartono Arham melalui stafnya mengatakan ada 1.195 SMA yang mendapat bantuan TIK. Bantuan diprioritaskan bagi daerah khusus yang membutuhkan.

Sementara Direktur SD Kemendikbudristek Sri Wahyuningsih belum memberikan data jumlah maupun sebaran sekolah dan daerah yang menerima bantuan laptop dan TIK.

“Saya coba koordinasikan ke kawan-kawan yang menangani ini ya,” kata Sri pada Senin (2/8). Sri belum menjawab kembali konfirmasi terkait data yang diminta.

Baca Juga : Bansos Ibu Hamil dan Balita

Namun, program tersebut mendapat kritik. Pengamat pendidikan Indra Charismiadji menyoroti pengalaman negara tetangga membagi-bagikan laptop dan perangkat teknologi informasi dan komunikasi (TIK) ke sekolah, namun berujung gagal karena strategi yang tidak tepat. Ia menekankan agar Indonesia tidak membuat kesalahan yang sama.

“Kalau tidak disiapkan nasibnya bisa sama seperti kegagalan program 1Bestarinetnya Malaysia atau program pengadaan tabletnya Thailand,” kata Indra melalui keterangan yang disampaikan , Senin (1/8).

Sebaran daerah penerima bantuan laptop di halaman berikutnya… ==>>

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

2 comments

  1. Bilham Malik Alaudin

    Terima kasih semoga aku mendapatkan bantuan laptop gratis semoga bermanfaat dalam belajarku saat ini baru menginjak SMP sekokah baruku dan tetap semangat..

  2. Asalammualaiku saya ibu Baning Dewi K.S saya ibu rumah tangga dari kota solo jawa tengah.saya mempunya 3 anak.apa lagi dalam pandemik gini kebutuhan saya sangat sangat sulit dn butuh biyaya babtak nih.kapalagi anak yg 1 dan ke 2 saya udah masuk SMKN 7 SURAKARTA JAWA TENGAH.ingin sekali anak saya mempunyai sebyah LAPTOP,tapi saya tidak bisa membelinya,,Bismillah siapa tahu ini rejekinya anak saya bisa mendapatkan LAPTOP gratis dari Pemerintah.Amin yrb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *