Pantai Minang Rau

Pantai Minang Rua | Berburu Spot Foto Instagramable

Halo sobat Pesonanusantaraku, Kota Lampung begitu banyak sekali pantai dengan daya tariknya tersendiri. Nah kali ini sobat tertarik mengulas Pantai Minang Rua yang katanya memiliki Green Canyon tersembunyi.

Pastinya sobat tidak asing lagi dengan nama dari Green Canyon, iya ini adalah tempat yang Cuma ada di luar negeri yakni Amerika. Tapi ternyata kota Gajah juga punya lho. Bagaimana penasaran nggak sih sampai disini ?

Yuk lah daripada lama-lama penasarannya mending kita ulas deh secara lengkap mulai dari lokasi dan rutenya, harga tiket masuk smapai daya tarik dari Pantai Minang Rua di Lampung.

Letak Lokasi dan Rute Perjalanannya

Destinasi wisata pantai ini tepat berada di Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan. Wilayahnya sendiri sudah masuk ke daerah Minang Rua yang di kelola oleh beberapa Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis).

Jadi wajar saja pantai ini terlihat begitu terawat dan terjaga. Lokasinya juga sangat mudah dijangkau oleh pengunjung berkendara. Dimana hanya berjarak sekitar 90 KM saja atau jika kita kalkulasikan dalam waktu bisa memakan waktu selama 2 jam perjalanan.

Rute perjalanan jika dari kota Bandar lampung, maka silakan arahkan kendaraan ke jalan Soekarno Hatta Panjang, kemudian melewati kota Kalianda. Dan melintasi Jalan Lintas Sumatera Bakauheni.

Setelahnya akan terlihat sebuah Patung Garuda berwarna hitam pekat yang berada di dekat pom bensi.  Kemudian ambil jalur kanan dan tinggal ikuti jalannya saja mausk ke dalam gang hingga menemukan semacam papan petunjuk rah ke menuju ke Pantai Minang Rua.

Jika tidak ingin repot-repot membawa kendaraan, bisa naik tavel saja di pertigaan jalan Kalibalau Antasari/daerah Rajabasa sebelah kanan bundaran Hajimena. Yang biasanya juga di kenakan tarif sekitar Rp 80.000/orang.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan pantai ini, diawal pintu masuk anda harus terlebih dahulu membayar tiket masuk yang dikenakan biaya sebesar Rp 5.000/orang.

Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi ke Pantai Minang Rua seperti roda dua dikenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000/unit dan kendaraan roda empat sebesar Rp 10.000/unit.

Tapi biaya parkir tersebut bakal berubah lagi lh sobat, dimana hari biasa dengan hari besar di berlakukan biaya parkir berbeda. Jika di atas di peruntuhkan untuk hari biasa. Sementara hari besar tarif parkirnya kisaan Rp 10.000 sampai dengan 20.000/unitnya.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata yang Cocok Hunting Foto Ialah Muncak Teropong Laut!

Jam Operasional dari Pantai Minang Rua

sumber foto: IG @pantaiminangrua_official

Jika sudah membuat suatu acara pastinya anda akan mencari tahu terlebih dahulu kira-kira tempat wisata itu mulai dibuka jam beapa ya? Agar lebih cepat untuk mengefesiensi wkatu pengunjung.

Anda bisa datang sekitar pukul 08.00 hingga selesai. Sebab masih banyak pengunjung yang datang untuk berkemah atau camping bermalam di lokasi.

Tapi sobat mau mengingatkan setelah beraktivitas kemah jangan lupa semua barang dan sampah yang di bawah jangan di biarkan saja di area Pantai Minang Rua. Ada baiknya menerapkan bahwa kebersihan itu sebagaian dari iman. Untuk tidak mencemari lingkungan.

Fasilitas Pendukung

Seperti tempat wisata lainnya, pantai ini juga di dukung fasilitas lainnya agar menambah kenyaman pengunjung. Karena Pantai ini di kelola oleh pihak Kelompok sadar wisata sudah pasti terawat.

Nah beberapa di antaranya di lengkapi dengan tempat makan, toilet yang bersih, mushola, tempat bilas serta area parkir yang luas.

Lain dari itu juga jika anda sedang mencari penginapan terdekat dengan ahrga yang pas di kantong bisa mencoba ke salah satunya ialah Reddoorz Near Pelabuhan Bakauheni Lampung, Kahai Beach Resort dan juga wisama belerang.

Daya Tarik Dari Pantai Minang Rua

  1. Terdapat Sarang Penyu dan Konservasi Tukik

Ini salah satu pantai yang mempunyai penangkaran penyu sendiri di Kota Lampung. Sebab disini ada sarang tukik untuk bertelur. Ini juga menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung untuk melihat penyu.

Anda bisa menemukan penyu telurnya di bawah pasir, setelah mereka menetas. Anak penyu tersebut akan menuju laut, jika beruntung pun pengunjung bisa ikut melepas penyunya dan berfoto langsung dengan penyu.

  1. Memiliki Goa Petualangan
Pantai Minang Rua
Sumber Foto: IG @febryadisaputra02
Sumber Foto: IG @febryadisaputra02

Ini adalah salah satu spot foto yang banyak di incar oleh para wisatawan. Ternyata Pantai Minang Rua selain memiliki keindahan lautnya berupa pasir putih yang bersih dan terdapat bebatuan yang unik.

Juga ada goa yang di dalamnya banyak kelelawar yang bergelantungan. Jadi di saran jika ingin berfoto cukup dari luar saja. Sebab cukup berbahaya, tapi tetap mempunyai pesonan tersendiri kok yang juga tak aklah indah.

  1. Pesona Green Canyon Lampung
Pantai Minang Rua
Sumber Foto: IG @pantai_minangrua

Ini adalah sebuah hal yang wajib banget sobat datangi sebab jika ingin keluar negeri cukup jauh, tapi Lampung punya itu. Tempat ini benar-benar menyuguhkan suasana alam yang berbeda.

Dimana pengunjung bisa melompat dan bergelantungan menggunakan gantungan pohon dan tinggal menyeburkan diri ke dalam air pantai yang jernih. Setelahnya anda akan merasakan sensasi dingin nan sejuk setelah melompat dari ketinggian.

Air di sini sangat jernih dengan warna kehijauan sehingga tampak jelas gradasi warna airnya. Serta di sekelilingnya terdapat tebing tinggi yang cocok banget tuh berfoto ala-ala green canyon di Amerika.

  1. Sunset yang Memukau
sumber foto: IG @pantaiminangrua_official

View sunset selalu menjadi primado tersendiri bagi banyak pengunjung di berbagai tempat wisata. Dan tak aklah juga di Pantai Minang Rua yang akan terlihat pesona sunset berwarna jingga dan banyak di jadikan sebagai latar foto yang instagramable

  1. Perbukitan dan Lingkungan yang Asri
Pantai Minang Rua
Sumber Foto: IG @pantai_minangrua

Terakhir daya tarik yang cukup banyak di buru juga ialah area yang di himpit oleh bukit dan masih begitu asri dengan nampaknya pepohonan yang hijau dan lebat. Bisa kebayang tidak dengan luas Pantai Minang Rua yang mencapai 300 meter.

Terhampar pasir putih dari arah utara sampai selatan dengan pantai yang landai. Jadi cocok sekali yang ingin duduk bersantai di sekitar pantai sambil menikmati panorama keindahan pantai.

Aktivitas Menarik di Pantai Minang Rua

  1. Berenang

Sudah Sampai di pantai tidak afdol jiak tidak berenang tapi jangan ketengah laut ya sobat akan cukup berbahaya.

  1. Voli Pantai

ini salah satu nilai plusnya jika berkunjung kesini sebab bisa sambil berolahraga yakni bermain voli pantai. Dimana dengan bibir pantai yang juga mendukung juga untuk beraktivitas ini

  1. Melihat Penangkaran Penyu

Berlibur sambil edukasi itu termasuk hal yang tepat juga, dari ulasan di atas suda di sebut di pantai ini terdapat tempat penangkaran penyu untuk berkembang biak. Setelah penyu tersbeut menetas hingga berusia 7 bulan akan di lepas untuk kembali ke habitatnya.

Kegiatan ini bisa anda ikuti apalagi jika membawa si buah hati untuk belahar tentang kehidupan penyu secara langsung. Pasti lebih menyenangkan dan seru bukan?

 

Bagaimana smapai disini sudah cukup jelas bukan sobat Pesonanusantaraku tentang Pantai Minang Rau di Lampung yang sangat cocok untuk berwisata bersama si buah hati.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat. Atau bisa juga share ulasan di atas untuk menambah informasi.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *