Curug Tilu Leuwi Opat

Curug Tilu Leuwi Opat | Wisata Alam di Lembang

Halo sobat Pesonanusantaraku, Curug Tilu Leuwi Opat adalah salah satu dari sekian banyaknya wisata air terjun yang ada di Kabupaten Bandung Barat. Tempat wisata ini juga masih belum banyak di kenal oleh para wisatawan lho.

Padahal letaknya di Parompong yang dekat dari Lembang dan enaknya juga keasrian tempat ini masih begitu alami. Udara segar bakal anda rasakan saat berada disini.

Jadi tidak salah dong jika anda menyempatkan datang kesini untuk sekedar menghabiskan waktu libur akhir pekan dan jangan lupa datangnya bersama teman atau keluarga atau pasangan ya biar tambah seru.

Sampai sini apakah sobat pada penasaran akan indahnya wisata Curug Tilu Leuwi Opat ini? Mari kita simak secara bersama ulasan di bawah ini.

Sekilas Tentang Curug Tilu Leuwi Opat

Sedikit cerita tentang pemilihan nama curug ini, dimana dalam bahasa sunda arti Curug Tilu ialah tiga air terjun. Yang memang sesuai dengan tingkatan dari air terjun ini.

Sedangkan Leuwi Opat atau empat sungai ini di sebabkan dari aliran air terjun tersebut terdapat empat jalur sungai yang mengalir seperti Sungai Bagong, Sungai Kacapi, Sungai Baeud dan Sungai Geuntong.

Area curug ini cukup luas yakni sekitar 5 hektar, jadi anda dapat dengan bebas melakukan kegiatan mulai dari outbond, camping, paint ball, rappelling, panjat, arum jeram dan pastinya wisata air terjun dan sungai.

Kemudian memiliki ketinggian mencapai 10 meter dengan lebar curug sekitar 2 meter. Sementara itu di bagian bawah rangkaian dari Curug Tilu Leuwi Opat terdapat kolam air. Yang tidak sembarangan untuk di jadikan lokasi berenang sebab cukup dalam.

Lokasi dan Rute Menuju Curug Tilu Leuwi Opat

Alamarnya terletaj di daerah Ciwangun Parongpong, Kabupaten Bandung. Atau lebih tepatnya ada di jalan Ciwangun Indah Cam, Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung.

Dan ternyata objek wisata ini juga dekat dengan wisata lain yang mudah di jangkau seperti bersebelahan dengan kawasan wisata Dusun Bambu, curug cimahi, kampung gajah wonderland dan ciwangun indah camp.

Kemudian ada dua rute yang bisa di lalui pengunjung untuk sampai ke tujuan. Pertama jika anda datang dari dearah Cimahai maka arahkan kendaraan ke jalan Kolonel Masturi. Lalu kea rah Parongpong, nah tidak jauh dari sana ambil sebelah kiri jalan dan masuk ke Gerbang CIC. Sekitar 4 Km lagi anda akan sampai ke  Curug Tilu Leuwi Opat.

Selain dari itu jika datang dari Lembanga, arahkan saja kendaraan anda ke Parompong tea rah air terjun pelagi (Dusun Bambu). Setelahnya anda akan melewati Universitas Advent, kemudian akan di temukan jalan menurun dan belok ke kiri. Lanjut saja mengikuti jalan sampai terlihat tulisan CIC, kurang lebih 1,5 Km lagi akan menemukan gerbang masuk dari curug ini tepat sebelah kiri.

Baca Juga: Rekomendasi Berwisata ke Taman Nasional Lorentz di Papua!

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Curug Tilu Leuwi Opat

Sobat Pesonanusantaraku tidak perlu khawatir juga jika ingin menikmati keindahan alam tapi budget pas-pas. Sebab pengunjung cukup membayar Rp 10.000 saja per orangnya untuk biasa tiket masuk.

Sedangakn jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya tambahan yakni tarif parkir kendaran roda dua membayar sebesar Rp 2.500 sedangkan kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 saja. Bagaimana benar-benar pas di kantong kan sobat?

Nah untu jam operasional pengunjung bisa datang sekitar pukul 06.00 sampai dengan jam 18.00 WIB. Atau bisa langsung hubungi nomor 081222246821 untuk tahu informasi lebih lanjutnya.

Fasilitas Pendukung Curug Tilu Leuwi Opat

Seperti wisata lainnya untuk mendukung agar kegiatan berwisata pengunjung nyaman pastinya ada fasilitas umum mulai dari area parkir yang luas, masjid, toilet, kantin dan warung.

Serta ada fasilitas pendukung aktivitas juga mulai dari camping ground, arum jeram, paint ball, flying fox dan lain sebagainya.

Tiga Curug Yang Ada Di Curug Tilu Leuwi Opat

Sesuai dengan nama dari air terjun ini, tentu aka nada curug lain yang bisa kita nikmati selain dari curug utamanya, yakni.

  1. Curug Cilaki

Ini merupakan curug yang paling kecil di antara ketiga curug lainnya. Tapi tidak kalah indahnya dimana di suguhkan lebatnya pepohon di sekitar area dan di sana juga suasananya masuh tenang serta udara sejuk.

  1. Curug Aseupan

Selanjutnya ada curug aseupan yang berada pada ketinggian di antara dua buah ngarai yang ada di Curug Tilu Leuwi Opat. Sesuai dengan namanya bentu curug ini pun menyerupai kukusan tradisional Sunda yakni kerucut.

  1. Curug Citulang

Dan yang terakhir ada curug citulang yang memiliki aliran air paling tinggi di antara curug lainnya. Pengunjung pun tidak perlu repot untuk dapat sampai ke curug ini. Sebab sudah ada jalan yang tersedia hanya saja akan tetapi harus berhati-hati dari batuan sungai yang ukurannya berbeda-beda.

Sungai Di Curug Tilu Leuwi Opat

Setelah puas menikmati air terjunya, mari berahlih ke aliran sungai (Leuwi) yang ada di bagian lembah. Sesuai dengan namanya tadi ternyata sungai disini memiliki keunikan masing-masing yang wajib anda ketahui.

  1. Leuwi Gentong

Aliran sungai yang pertama bakal di bahas sobat ini ialah yang paling dangkal dari sungai lainnya. Jika di waktu tertentu pun kedalamannya hanya sekitar 1 meter saja. Jadi disini pengunjung bisa menikmati sepuasnya dan bermain air juga.

  1. Leuwi Kacapi

Pilihan lainnya ialah ada Leuwi Kacapi, aliran satu ini pun berhasil menarik banyak wisatawan dan menjadi spot foto yang populer bagi para pengunjung.

  1. Leuwi Baeud

Leuwi Baeud ini ialah aliran sungai yang paling dalam bahkan mencapai 20 meter. Itulah sebabnya pihak pengelola Curug Tilu Leuwi Opat melarang pengujung mendekati atau bahkan berenang di dekat kawasan. Dan sudah ada juga tanda mana tempat khusus dan aman bagi para pengujungnya.

  1. Leuwi Bagong

Aliran sungai satu ini tidak begitu dalam atau dangkal, dimana kebalikan dari yang sebelumnya dengan ukuran kedalaman sungainya sekitar 4 meter. Di sekitar area terdapat rakit yang dapat di manfaatkan pengujung mengelilingi sungai yang sengaja di buat oleh pihak pengelola.

Aktivitas di Curug Tilu Leuwi Opat

Area kawasan curug yang luas sehingga membuat pengunjung bisa dapat berlama-lama untuk menghabiskan waktu disini. Apalagi pihak pengelolanya menawarkan berbagai kegiatan seru yang dapat dicoba, beberapa di antaranya ialah.

  1. Arum Jeram

Kegiatan arum jeram juga banyak peminatnya lho sobat, dimana di lakukan di salah satu aliran sungai yang ada denagn arus yang cukup besar. Untuk menambah kenyaman pengujung pihaknya telah melengkapi perlengkapan yang aman untuk aktivitas arum jeram.

  1. Panjat Tebing

Sini merapat bagi yang suka kegiatan yang menguji adrenalin yakni panjat tebing. Anda bisa juga memilih beberapa spot yang berdekatan dengan goa di tempat wisata agar lebih seru.

  1. Bermain Paint Ball
Curug Tilu Leuwi Opat
Sumber Foto: hasan sadiq syahab

Kemudian anda juga bisa melakukan kegiatan atraksi paint ball di beberapa spot bagian hutam alami ini. Dan bermainlah secara kelompok agar lebih menyenangkan.

  1. Camping
Curug Tilu Leuwi Opat
Kegiatan berkemah bersama

Nilai plus lainnya dari Curug Tilu Leuwi Opat ialah bisa sambil berkemah untuk menghabiskan waktu di wisata ini dan memang areanya juga cukup luas. Jadi anda bisa membawa semua peralatan camping yang di butuhkan jika ingin berkemah disini.

  1. Flying Fox

Aktivitas yang terakhir ialah kegiatan yang paling populer bagi banyaknya pengunjung. Apalagi pengujung sudah di bekali dnegan kelengkapan kemanan yang bakal terjamin saat mencoba kegiatan ini.

Tips Berwisata ke Curug Tilu Leuwi Opat

Karena wisata alam satu ini cukup berbeda dari objek wisata laini, sebabb pengujung bakal benar-benar bebas untuk menikmati setiap keindahannya.

Coba deh tips di bawah ini agar liburan ke Curug Tilu Leuwi Opat lebih berkesan dan menyenangkan.

  • Berhati-hatilah saat datang kesini dalam situasi dan kondisi setelah huja, apalagi akses menuju air terjun walupun cukup mudah di jangkau tapi belum mumpuni fasilitas pengamannya.
  • Sudah jauh-jauh kesini jangan lupa untuk bermain air atau rafting sepuasnya, maka di sarankan untuk membawa baju ganti.
  • Gunakanlah alas kaki outdoor yang nyaman agar perjalanan anda lebih nyaman untuk dapat mellauo jalur yang landai.
  • Bawalah keluarga atau sahabat agar menambah keseruan dan jangan lupa abadikan setiap momen anda saat berada di sini entah itu menggunakan kamera smartphone atau kamera lainnya.

Bagimana sobat Pesonanusantaraku sampai disini sudah cukup jelaskan terkait keindahan serta aktivitas apa yang nantinya dapat dilakukan anda saat sedang berlibur ke Curug Tilu Leuwi Opat.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *