Taman Nasional Bunaken

Taman Nasional Bunaken Di Sulawesi Utara

Halo sobat Pesonanusantaraku, jika sedang melanjong ke Sulawesi Utara wajib deh sempatkan ke destinasi wisata bahari yang sudah terkenal dan di ibaratkan surga bawah laut yakni Taman Nasional Bunaken.

Jadi tidak heran jika Indonesia mendapatkan julukan negeri yang kaya raya, mulai dari sumber daya alam hingga alam yang kaya akan pesona untuk dapat membius mata para pengunjungnya. Entah itu wisatawan lokal atau pun mancanegara.

Tidak lengkap jika mengenali negeri tercinta tanpa tahu dunia bawah laut yang dimiliki sudah menjadi identitas Indonesia. Ibu pertiwi yang patut kita banggakan ini kaya kan potensi laut, salah satunya spesies yang hanya ada di lautan papua saja.

Yuklah kita simak ulasan dimana ini dan di baca dengan seksama agar menjawab semua rasa penasaran terkait Taman Nasional Bunekan!

Kilas Sejarah Taman Nasional Bunekan

Untuk sampai di titik hingga pada akhirnya di resmikan sebagai taman nasional bunaken yang termasuk dari kawasan perairan di sebelah timur Manado. Sejarah tersebut pun di mulai dari tahun 1975.

Tepat di tahun itu di bentuknya kawasan taman nasional untuk pertama kalinya. Awalnya pembukaannya masih sangat begitu asri dan belum tersentuh oleh tangan-tangan manusia yang menodai.

Hinga pada akhirnya di keluarkan Surat Keputusan Gubernur No 224 tahun 1980 yang berisi bahwa kawasan Pulau Bunaken dan wilayah perairannya dijadikan sebagai kawasan Wisata Laut Manado atau dikenal sebagai Taman Laut Manado.

Tepat di tahun 1984 taman ini melakukan perluasan area wisata laut Manado dengan di tambahnya Arakan-Wawontulap berdasarkan Suarat Keputusan Gubernur N. 201 tahun 1984  .

Tak berjelang lama yakni di tahun 1985 keluarlah lagi Surat Keputusan Menteri Kehutanan No. 328/Kpts-II/1986 akan penetapan Cagar Alam Laut Bunaken Manado Tua yang mencakup wilayah Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, dan wilayah perairan dan pesisir yang berada di sekitar Tanjung Pisok di sebelah utara Teluk Manado.

Dan masih ada beberapa deretan sejarah lainnya hingga pada tahun 2005 Taman Nasional Bunekan resmi sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. Sebelumnya juga ternyata pernah di tetapkan sebagai wilayah Sister Parks yakni kerjasama antara Indonesia dan Malaysia.

Alamat dan Rute Lokasi

Tepatnya ada di Liang Beach Bunaken, Kecamatan Wori, Kotamadya Manado, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Untuk sampai ketujuan anda bisa mencoba mulai dari jalur darat hingga jalur udara.

Setiap wisatawan baik dari luar daerah maupun luar negeri bisa menaiki pesawat menuju kota Manado terlebih dahulu. Setelah tiba di Bandara Internasional Sam ratulangi, lanjut perjalanan ke Teluk Manado dengan kendaraan taksi sebagai angkutan paling cepat yang memakan waktu 30 menitan.

Kemudian anda bisa memilih beberapa tempat yang dapat di akses untuk sampai ke Taman Laut Bunaken. Di antaranya yakni Pelabuhan Marina Blue Banter, Pelabuhan Manado dan Nusantara Diving Centre (NDC). Kendaraannya pun bisa menggunakan kapal atau pun perahu motor bersama wisatawan lain.

Disini pertama anda bisa melalui pelabuhan Marina Blue Banter dengan menggunakan kapal pesiar selama 10-15 menit untuk sampai ke Taman Nasional Bunaken.

Atau bisa dari jalur pelabuhan Manado dengan waktu tempuh 30 menit untuk sampai ke pulai bunaken, 20 menit sampai ke Pulau Siladen serta 60 menit sampai ke pulai Naen dengan kendaraan perahu motor.

Sedangkan jika mencoba jalur Nusantara Diving Centre memakan waktu 20 menit  menggunakan kapal pesiar. Pengunjung juga bisa sambil menikmati pemandangan alam yang hijau dengan air laut yang tak kalah indahnya.

Lain dari itu untuk sampai lebih cepat lagi anda bisa menaiki speedboat dengan harga kisaran Rp 800.000 sampai denagn Rp 1.300.000. Sesuai namanya kapal ini punya kecepatan tinggi yang siap menampung 6 hingga 30 orang.

Tapi jika mencari harga yang murah bisa menggunakan kapal taksi yang cukup membayar Rp 30.000/orang. Setelah sampai di Pulai Bunaken ada begitu banyak gojek yang siap mengantar anda denagn tarif Rp 15.000.

Baca Juga: Rekomendasi Pantai Karang Bolong Sebagai Wisata di Kebumen Yang Wajib Dikunjungi!

Harga Tiket Masuk

Wah ternyata untuk menikmati segala keindahan Taman Nasional Bunaken ini kita hanya cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000 saja dan berbeda harga dengan para wisawatan mancanegara yang di banderol seharga Rp 150.000.

Itu hanya harga tiket masuk ya jika ingin mencoba kegiatan lain anda perlu menambah biaya.

Kegiatan Tarif
Perlengkapan Snorkling Rp 150.000/jam
Perlengkapan Diving Rp 350.000
Perahu dan Speedboat Rp 1.500.000 – Rp 2.000.000
Jasa Tour Guide Rp 150.000

 

Harga di atas bisa berubah kapan saja ya sobat Pesonanusantaraku sesuai dengan pihak pengelolah. Tapi jika lihat harganya sangat worth dengan apa yang di dapat nantinya.

Kemudahan lainnya ada banyak sekali hotel untuk anda yang mencari penginapan di sekitar area. Dan tinggal anda memilih sesuai denagn kebutuhan dan juga budget yang di miliki.

Hal yang Menarik Di Lakukan di Taman Nasional Bunaken

Anda begitu banyak yang dapat di lakukan pengunjung saat tiba di destinasi wisata ini. Apalagi mengajak rekan-rekan dan juga keluarga besar akan menambah keseruan.

  1. Bermain dan Belajar

Ini yang paling penting jangan sampai berlibur dan tidak mendapatkan pengetahuan. Taman Nasional Bunaken sering di jadikan sebagai tujuan study tour. Yang menjadi nilai plusnya selain menikmati keindahan alam dan bermain air, tentu juga bisa belajar mengenali biota, ekosistem, hingga bentang alam di Bunaken.

Bahkan anda juga bisa mengikuti program penanaman pohon mangrove  yang bakal jadi pengalaman yang tak terlupakan. Sampai kegiatan transplantasi karang yang tak kalah seru juga bisa di coba. Ajaklah teman dan saudara agar menambah wawasan pengetahuan lebih dalam tentang laut.

  1. Snorkling dan Diving
Sumber Foto: IG @adventuretravels
sumber foto: IG @habibiiibaim98
sumber foto; IG @prajaarie

Kegiatan snorking tampaknya cukup banyak di minati pengunjung dengan menyaksikan beragam aneka biota laut yang hidup pada ekosistem terumbu karang. Atau sambim memberi makan di permukaan lautnya saat kegiatan berenang.

Beragam spesies fauna dan flora di taman nasional bunaken, trecatta ada sekitar 39- spesies terumbu karang yang dapat di temukan di peraiarannya. Bahkan juga di dominasi oleh fauna jenis Fitoplankton dan Zooplankton. Dan juga ada salah satu spesies langka yang hanya ada di pulai ini saja yakni penyu sisik hawksbill. Setiap harinya penyu ini akan berkeliling dan bermain di area terumbu karang.

Tapi jika pengunjung tidak menyukai kegiatan snorkling, maka bisa mencoba kegiatan divinng. Yang mana anda di sungguhkan pemandangan bawah laut dengan jarak yang lumayan dekat yakni 20 meter sampai dengan 35 meter. Semua biota laut akan terlihat jelas dengan mata telanjang sebab air laut yang masih begitu jernih.

  1. Menyaksikan Atraksi Lumba-Lumba dan Paus
sumber foto: IG @nadinelist

Taman Nasional Bunaken

Jika anda beruntung saat berkunjung ke Taman Nasional Bunaken maka akan bertemu dengan lumba-lumba asli dari laut bunaken yang bakal atrakasi seperti melomba dari dekat anda.

Dengan jalan anda menyewa perahu yang akan mengarah ke tengah laut sehingga area satwa dapat di jangkau. Jangan lupa juga ya abadikan momen berharga ini harga dapat dijadikan pengalaman.

  1. Sunset
Taman Nasional Bunaken
sumber foto: IG @harivalzayuka
taman nasional bunaken
sumber foto: IG @panjicaesar

Keindahan di sore harinya juga tidak kalah indah, sambil bersantai menikmati kelapa muda serta sungguhan sunset yang memukau. Anda bisa menunggu hingga bias cahaya orange mulai menyebar memantul di atas laut. Sobat jamin anda bakal berdecak kagum.

Kemudian kebanyakan dari turis menghabiskan waktu disini juga dengan berjemur di atas lembutnya pasir baik di lakukan di sinar matahari pagi atau pun sorenya.

Jadi wajar bukan jika Taman Nasional Bunaken masuk ke dalam warisan dunia oleh UNESCO dan sudah sepatutnya Indonesia bangga serta merawat kekayaan alam ini dengan sebaik mungkin.

Bagimana sobat Pesonanusantaraku sampai disini sudah cukup jelaskan terkait keindahan serta aktivitas apa yang nantinya dapat dilakukan anda saat sedang berlibur ke Taman Nasional Bunaken.

Semoga ulasan di atas bermanfaat ya sobat dan jangan lupa juga untuk membagikan pengalaman anda jika sudah pernah berwisata ke sini agar dapat di nikmati oleh orang lain juga. Tepatnya di kolam komentar di bawah ini ya sobat.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *