taman pelagi jogja

Taman Pelagi Jogja: Spot Foto Yang Instagramble

Halo sobat Pesonanusantaraku, jika kita sedang berencana untuk menghabiskan libur akhir pekan  pada malam harinya saat sedang di kota gudeg, maka berkunjunglah ke taman pelagi Jogja.

Gemerlap taburan seribu cahaya lampion turut menghiasi dan juga mempercantik taman ini. Ditambah sambil berwisata pengunjung juga bisa membeli cemilan khas Jogja di sana.

Kemudian keseruan apalagi ya yang bisa di lakukan saat ada di taman ini? Tentu ada banyak sekali keseruan yang bakal membuat jalan-jalan anda lebih menyenangkan serta ada banyak juga permainan yang dapat di coba sat berada di taman pelagi Jogja.

Lokasi dan Rute Menuju Taman Pelagi

Tenang jika anda yang berkeinginan ke taman ini, tapi belum tahu dimana alamatnya? Maka sobat bagi tahu ya, lokasi lengkapnya ada di jalan Ring Road Utara, Sariharjo, Kecamatan Ngagklik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Untuk mempermudah anda maka bisa jadikan Monumen Jogja Kkembali sebagai patokan, sebab jaraknya pun tidak jauh sekitar 8 Km saja dari taman.

Rutenya sendiri sangat mudah, jika pengunjung datang dari arah Stasiun Tugu. Maka selanjutnya bisa ambil arah ke halte Malioboro 1, lanjut naik bus Trans Jogja rute 2A dan turun di halte Ring Road Utara.

Alternatif lain jika anda datang dari arah Terminal Jombor, lalu bisa naik bus Trans Jogja rute 2B dan lanjut turun di Halte Ring Road Utara untuk sampai ke taman pelagi Jogja.

Atau jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung bisa ambil rute Terminal Jombol. Untuk selanjutnya ke Tugu yang mengarah ke jalan AM Sangaji dan kemudian ke arah jalan Monjali.

Dan ternyata wisata ini snagat dengan dengan wisata lainnya seperti Monumen Jogja Kembali, Jogja Bay Waterpark, Malioboro, Museum Sonobudoyo, serta Pasar Beringharjo.

Harga Tiket Masuk Ke Taman Pelagi

Semua wisata yang ada di Jogja dapat sobat pastikan bahwa sangat pas di kantong. Apalagi taman pelagi Jogja ini yang hanya di banderol tiket masuk sebesar Rp 15.000. di sana kan menikmati keindahan dari lampion yang berwarna-warni.

Sedangkan pada akhir pekan dan juga hari libur Nasional biaya masuk pun berbeda yakni menjadi Rp 20.000 dan untuk anak-anak cukup membayar Rp 3.000. Namun anak usia 3 tahun ke bawah tidak dikenakan biaya tiket masuk.

Terus berapa ya tarif parkir kendaraan yang membawa kendaraan pribadi? Tenang juga worth kok yakni Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat cukup membayar Rp 5.000.

Bagaimana murahkan secara keseluruhannya? Dan yang pastinya soal fasilitas yang ada pun di taman pelagi Jogja tidak bakal membuat pengunjung nantinya menyesal ber wisata kesini.

Jam Operasional Taman Pelangi

Nah setelah kita bahas terkait harga tiket masuk, lanjut ke jam operasionalnya. Takutnya pas datang ke taman eh malah belum buka karna nggak tahu wisata ini buka jam berapa?

Jam bukanya pun pada setiap hari yang di mulai dari pukul 16.20 sampai 22.00 WIB untuk hari biasanya, sedangkan di libur akhir pekan atau weekend buka dari jam 17.00 hingga jam 23.00 WIB.

Itulah alasannya ini di bukanya pada sore menjelang malam. Sebab kesan indahnya taman ini lebih enak berwsiata di malam hari. Akan ada banyak sekali spot foto yang instagramable.

Sobat menyarankan jika tidak ingin berdesakan dengan pengunjung lain maka anda bisa datang ke taman pelagi Jogja pada jam kerja sekitar pukul 17.00 sampai dengan 19.00 WIB.

Baca Juga: Wajib Kunjungi, Pantai Tiga Warna Yang Memiliki Gradasi Warna Berbeda-beda!

Fasilitas Pendukung Taman Pelagi

Selain ragam wahana dan juga spot foto yang menarik, pastinya ada fasilitas umum lainnya yang bakal menambah kenyaman pengunjung untuk berlama-lama di taman.

Seperti wisata lannya taman pelagi juga di lengkapi area parkir yang luas, toilet bersih, ruang bersantai, mushola serta food court yang menjajakan beragam makanan khas Jogja.

Terus ada nggak ya penginapan yang mudah di jangkau sekitar area taman pelagi Jogja? Terkhusus wisatawan yang dari luar kota yang berencana bermalam di sekitar area akan dengan mudah menemukan hotel dengan harga sewa yang terjangkau sekitar Rp 150.000 sampai Rp 750.000/malam

Beberapa di antaranya ada penginapan Indoluxe Hotel Jogyakarta, Homestay at Ekost Nandan, OYO 2296 Star House dan ada Sig Nature Jogja Hotel.

Daya Tarik Taman Pelagi

Berikut beberapa wahana yang menjadi daya tarik taman pelagi Jogja yang dapat pengunjung jajali.

  1. Ragam Jenis Lampion
sumber foto: IG @tamanpelagijogja
taman pelagi jogja
sumber foto: IG @tamanpelagijogja

Gemerlap warna-warni yang di hasilkan lampion ini dengan ragam ukuran mulai dari yang kecik, sedang, besar yang turut memberikan kesan keramaian di taman tersebut.

Ini lah objek pertama yang menjadi daya tarik pada wisata ini. Selain memang indah di pandang mata juga cocok juga untuk berselfie dan berfoto ria yang bakal mempercantik sosmed anda.

Serta pihak pengelola juga sangat memperhatikan setiap pernak pernik disini, salah satunya setiap bulan lampu-lampu lampion ini selalu di ganti dan di tambah dengan yang lebih menarik agar tidak membuat pengunjung yang datang jenuh jika berkali-kali berkunjung.

  1. Arena Bermain Trampoline

Selain dari itu juga pengunjung dapat mencoba bermain trampoline yang telah di sediakan di sana. Disana juga si buah hati dapat berani dalam melakukan sesuatu. Dan tak perlu khawatir sebab perlengkapan dan standar area sudah di berlakukan.

  1. Puri Hantu

Layaknya seperti pasar malam ternyata juga ada puri hantu lho yang bisa menambahkan keseruan saat berkunjung ke taman pelagi Jogja.

Puri hatu disini cukup berbeda dari yang ada pada umunya, kenapa begitu? Sebab hantu-hantunya berkeliaran dan hidup untuk menyapa para pengunjung. Serta kostum dan hiasan para hantunya cukup mirip dengan yang aslinya.

  1. Aneka Pantung yang Menyala
sumber foto: IG @taman pelagijogja
taman pelagi jogja
sumber foto: IG @tamanpelagijogja

Wah ini juga banyak menarik hati para pengujung lho yang aman ada banyak sekali replikasi yang menyala dan bakal menambah spot foto anda.

Jadi sudah pasti cocok sekali taman pelagi Jogja ini dijadikan wisata di malam hari bagi keluarga dengan mengajak si buah hati gitu.

  1. Wahana Permainan
taman pelagi jogja
batery car

Eits tidak sampai di wahana di atas saja yang tersedia, ternyata ada banyak lagi permainan yang dapat pengunjung coba dan sudah pasti bakal seru.

Terdapat banyak wahana permainan disini seperti boom-boom car, becak mini tandem, junior jet, auro bungee, ATV, batery car, bianglala mini, euro bungai, rumah balon, halacik, serta ada permainann air (perahu dayung, bola iar dan speed boat).

Untuk menikmati semua wahana permaian tersebut ternyata tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak cukup menambah uang sebesar Rp 10.000 sampai dengan Rp 20.000 saja.

  1. Wisata Kuliner
taman pelagi jogja
sumber foto: Aimin Embisa

Setelah merasa puas menikmati setiap area yang ada di sana, tak afdol jika tidak kulineran. Di kawasan ini ada banyak sekali stand-stand yang berdiri yan pastinya menjajakn ragam kuliner khas kota Jogja yang enak.

Harganya juga sangat bersama dan pas di kantong. Tettapi soal cita rasanya tidak bakal mengecewakan pengunjung.

Tips Berunjung ke Taman Pelagi Jogja

Biar liburan pengunjung lebih nyaman dan menyenangkan maka sobat akan bagi tips. Seperti apasih tips yang wajib di ingat oleh anda, agar saat ini di taman tidak terbuangnya waktu dengan sia-sian.

  • Usahakan datang pada waktu yang tepat yakni cuaca yang cerah agar menghasilkan foto yang keren juga.
  • Kemudian datang lah pada hari yang bukan hari libur Nasional agar tidak begitu dipadati pengunjung.
  • Dan tetapi awasi di buah hati ya jika berkunjung bersama keluarga agar tidak terjadi kejadian yang tidak di inginkan dan jangan lupa cuba sewa kostum lucu untuk mengabadikan momen si kecil.
  • Kalau ini sudah pastinya, pasti setelah selesai menikmati suasana dan wahana permainan, perut pun akan di landa keroncongan. Maka bisa makan dan minum di area yang sudah ada di taman.

 

Bagaimana ulasan dari sobat Pesonanusantaraku terkait wisata Taman Pelangi Jogja ini bikin kamu penasaran kan? Langsung saja jika ada waktu luang berkunjung kesini dan ajak keluargamu atau teman dekatmu untuk bersenang-senang dan seru-seruan.

Dan juga lupa juga untuk membagikan pengalaman anda di kolom komentar di bawah ini. Semoga bermanfaat dan menambah referensi anda saat sedang melanjong ke kota Jogja.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *