pantai tiga warna

Pantai Tiga Warna |Wisata Di Malang

Halo sobat Pesonanusantaraku, saat melanjong ke Malang pastikan anda berkunjung ke pantai tiga warna. Alam yang di sajikan pantai ini sungguh menakjubkan. Sobat jamin anda akan susah move on dari pantai ini.

Wisata pantai satu ini ternyata masuk ke dalam kawasan CMC (Clungup Mangrove Conservation). Jadi sudah terjamin kebersihan serta keasrian kawasan ini.

Keunikannya sendiri sesuai dengan namanya dimana memiliki gradasi warna yang berbeda-beda dan terlihat sangat cantik dari ketinggian. Yuk dari pada penasaran langsung kita simak informasi terkait pantai tiga warna.

Lokasi dan Rute Pantai Tiga Warna

Lokasi pantai ini hanya berjarak sekitar 150 Km atau 3 jam perjalan dengan kendaraan. Tepatnya ada di jalan Sendang Biru, desa Tambakrejo, Kecamaran Sumber Manjing Wetan, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Rute yang di lewati pun tidaklah sulit yakni untuk smapai ke tujuan pengunjung akan melewati Pantai Goa Cina. Sebab rute ini paling sering dilalui, dari kota Malang ambil saja jalan ke arah Gadang lalu ke Turen.

Lalu anda tinggal mengikuti jalan yang mengarah ke Pantai Sendang Biru. Sekitar 2 jam menempuh perjalanan akan di temukan persimpangan kedua pantai anatara Goa Cina dan Sendang Biru.

Karena kita akan melewati Pantai Goa Cina maka ambil jalan tersebut dengan lurus saja hingga 2 Km. Anda akan menemukan lagi persimpangan dan tinggal belok ke arah kiri saja dimana ada tempat pelelangan ikan yakni TPI.

Dari sana pengunjung pun tinggal masuk ke perkampungan warna dan ambil jalan ke Mangrove Conversation sebelum melihat Bank BRI. Intinya berada di patokan harus melewati Pantai Clungup dan juga Mangrove Conversation.

Barulah akan terlihat pintu masuk kearah kawasan pantai tiga warna. Jalannya pun cukup sempit yang hanya bisa di lalui kendaraan roda dua saja. Sedangkan kendaraan roda empat bisa di parkirkan 1 Km sebelum Mangrove Conversation dan setelah itu anda dapat berjalan kaki untuk melanjutkan perjalanan.

Oh iya kami ingatkan juga sebelum berlibur ke pantai ini pengunjung harus terlebuh dahulu melakukan reservasi kepada pihak pengelola atau petugas konservasi dengan menghubungi nomor telpon 0812-3333-9889.

Harga Tiket Masuk Pantai Tiga Warna

Pengunjung yang ingin meikmati keindahan alama pantai ini hanya di banderol dengan harga Rp 10.000 saja perorangnya. Sedangkan tarif sewa lahan dan tenda di banderol seharga Rp 150.000, snorkeling hanya Rp 15.000.

Kemudian tarif parkir kendaraan roda dua sebesar Rp 3.000, kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000 serta bus di kenakan tariff biaya sebesar Rp 10.000.

Untuk lebih mendapatkan informasi pengunjung dapat menyewa tour guide yang cukup membayar Rp 100.000 untuk 10 orang selama 24 jam. Dan jika datang sendiri anda akan di masukkan ke kelompok lain.

Wisatawan yang datang pun di batasi, ketika kuota sudah penuh maka anda harus bersabar menunggu kelompok yang lainnya keluar. Hal tersebut di berlakukan untuk tetap menjaga kebersihan area pantai tiga warna.

Sampai-sampai barang yang anda bawak masuk ke area pantai akan di datakan dan di cek kembali saat keluar area. Untuk melihat apakah ada barang yang tertinggal, jika ia anda harus membayar Rp 100.000/barang terutama sampah yang di tinggalkan.

Sobat Pesonanusantaraku menyarankan untuk anda yang ingin ke sini bawaklah bekal dari rumah karena akan sulit sekali menemukan warung di sekitar area. Dan juga jangan sekali-kali berniat meninggalkan smapai sebab akan di denda.

Jam Operasional Pantai Tiga Warna

Jam buka dari pantai ini yakni dimulai dari pukul 06.00 sampai jam 18.00 WIB pada setiap harinya.

Daya Tarik Dari Pantai Tiga Warna

Ada banyak sekali aktivitas yang dapat anda lakukan saat berada di pantai. Berikut rekomendasi yang sobat sarankan:

  1. Pantai Bersih dan Asri

pantai tiga warna

Sungguh tidak akan mengecewakan siapa pun yang berkunjung ke pantai ini dengan suasana yang masih asri serta bersih. Karena sudah di jelaskan bahwa area ini membatas kuota pengunjungnya.

Di pantai tiga warna juga anda bisa menikmati indahnya hamparan pasir putih dengan air laut yang juga jernih dengan gradasi tiga warna berbeda.  Bahkan bersantai sambil bermain di bibir pantai pun tidak kalah menyenangkannya.

Atau juga bisa berkeliling di sekitar area pantai yang terdapat pulai yang dinamakan pulai Sempu. Pulaunya pun cukup luas lengkap dengan area yang amsih hijau yakni di tumbuhi pepohonan yang lebat.

  1. Snorkeling dan Diving
Pantai Tiga Warna
sumber foto: IG @dimasfrisqi

Aktivitas seru lainnya yang dapat di lakukan saat ada di pantai ini ialah snorkeling dan diving atau menyelam ke dasar laut. Di dukung juga dengan segala perlengkapan dan peralatan yang di sewa oleh pihak pengelola di pos penyewaaan.

Kemudian anda akan di arahkan ke lokasi yang tepat untuk melihat kehidupan biota laut yang ada di pantai tiga warna. Nilai plus lainnya akan lebih jelas dengan mata telanjang menyaksikan perbedaan warna aiar laut.

Perlu sobat ingatkan juga ternyata Cuma pantai ini yang adanya spot snorkeling di Malang. Menyelam pun sangat di perhatikan pihak pengelola agar tidak merusak ekosistem terumbu karang yang ada jadi tidak menggunakan kaki katak.

Dan aktivitas diving pun hanya boleh di lakukan kepada pengunjung yang sebelumnya sudah paham, jika belum tidak di sarankan pihak pengelola.

  1. Berkemah
Pantai Tiga Warna
sumber foto: IG @ocyocy

Untuk itulah yang membuat pantai tiga warna ini memberlakukan reservasi terlebih dahulu kepada setiap pengunjungnya. Agar pengunjung dapat bermalam dengan mendirikan tenda.

Jadi anda bisa membawa tenda sendrii atau bisa menyewa di tempat dengan harga Rp 25.000/malam dan biaya tambahan untuk sewa lahan sebesar Rp 25.000.

  1. Cocok Buat Hunting Foto
pantai tiga warna
sumber foto: IG @ara.adventure
sumber foto: IG @infomalangraya

Di sekitar kawasan pantai banyak sekali view yang bisa di jadikan spot foto yang instagramable. Seperti bukit yang lengkap dengan gardu pandang untuk berfoto ria.

Untuk sampai di sana anda harus menapaki jalur yang sudah tersedia, jalurnya kecil dan cukup juga menanjak. Ketika tiba di atas, anda akan menyaksikan Pantai Tiga warna yang benar-benar menghadirkan warna alam yang berbeda.

Lain dari itu juga akan terlihat pantai lain yang ada di sekitar kawasan dari ketinggian dan di tambah gagahnya Pulau Sempu seakan melengkapi panorama alam yang tersaji.

  1. Tracking
pantai tiga warna
sumber foto: phinemo.com

Tidak salah bukan bagi pengunjung yang memiliki jiwa mengekspor alam maka dapat melakukan tracking. Biayapun cukup terjangkau yakni seperti yang sudah di jelaskan di atas sebesar Rp 100.000.

Jasa ini akan benar-benar menuntun para pengunjung untuk lebih menjelajahi kawasan pantai tiga warna dan hutan magrovenya. Kegiatan ini cukup menyenangkan untuk di lakukan.

  1. Melihat Ubur-ubur
sumber foto: kompas.com

Ini salah satu keuntungan anda bagi yang datang ke pantai yang ada di Malang, sebab anda akan dengan mudah menemukan ubur-ubur yang berkeluaran. Tidak lupa juga mengabadikannya saat sedangkan memancarkan warna cantik.

Akan tetapi pengunjung tetapi menjaga jarak ya agar tidak terkena segatannya, jadi liburan tetapi menyenangkan dan berkesan.

 

Itulah sekilas ulasan mengenai Pantai tiga warna yang dapat di bagikan sobat Pesonanusantarku pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat sekalian. Jangan lupa bagikan pengalaman anda di kolam komentar di bawah ini ya.

 

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *