Taman Sari Jogja

Taman Sari Jogja: Spot Foto Instagramable

Halo sobat Pesonanusantaraku, taman Sari Jogja ialah lokasi yang memiliki banyak peninggalan sejarah di masa lampau serta tempat wisata yang penuh edukasi bagi siapa pun yang datang.

Di sana menawarkan keindahan setiap sisi bangunannya dan sekaligus mempunyai nilai sejarah yang menanamkan kebanggaan sebagai pewaris dari peradaban agung.

Dengan bentuk bangunan arsitektur ala Portugis-Jawa yang menjadi daya tariknya tersendiri. Tempat wisata ini salah satu cagar budaya warisan Keraton Yogyakarta yang sampai saat ini masih berdiri kokoh.

Nah, dari pada kita berlama-lama, mari langsung simak ulasan di bawah ini yang bakal membuat sobat menjadikan taman sari Jogja ini masuk ke daftar destinasi yang akan di kunjungi saat ada di Yogyakarta.

Sejarah Taman Sari Jogja

Taman sari ini di bangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengku Buwono I atau yang juga di kenal sebagai Pangeran Mangkubumi, sekitar tahun 1758 sampai 1765.

Di bangun di atas tanah seluas 10 hektar yang dahulunya lokasi pembangunan tepat berada di Pesanggrahan Garjitawati didirikan oleh Sisuhunan Paku Buwono II.

Pesanggrahan sendiri ialah tempat istirahat bagi kereta kuda yang akan pergi ke daerah Imogirir dan juga pernah di singgahi sementara oleh Sultan Hamengku Buwono I saat pembangunan Keraton Yogyakarta setelah Perjanjian Giyanti.

Bangunan ini juga di lengkapi 57 bangunan lain seperti gedung, jemnatan, kolam pemandian, terowongan bawah air hingga danau buatan pun ada. Dahulu juga ternyata Taman sari Jogja lebih di kenal dengan nama The Fragrant Garden, sebab ada taman bunga yang khas dengan wewangian semerbak.

Sebenarnya pada awal pembangunan taman ini di fungsikan sebagai bentuk penghoramatan untuk menghargai jasa para istri sultan yang telah membantu semasa perang.

Namun, setelah di lihat secara detail yang apada khirnya di ahli fungsikan menajdi benteng terakhir Keraton. Dan biasanya juga di jadikan tempat pemandian bagi istri, selir dan putrid raja.

Arsitektur bangunan yang sangat indah dan unik ini yang mendominasikan gaya dari perpaduan Eropa, Hindu, Budha, Jawa hingga China. Ternyata banyak sekali menarik wisatawan untuk berkunjung.

Lokasi Taman Sari Jogja

Alamatnya tepat di jalan kompleks taman sari, kelurahan Patehan Keraton, kota Yogyakarta, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pengunjung juga dapat menjangkau tempat wisata lainnya seperti Keraton Yogyakarta berjarak 1 Km serta dekat dengan alun-alun Selatan Yogyakarta.

Untuk rutenya sendiri jika pengunjung dari jalan Malioboro menuju arah selatan melewati titik nol kilometer dan kantor pos, lanjut ke selatan tepat alaun-alaun Utara Keraton. Setelahnya belok kanan kea rah jalan Ngasem, kemudian lurus hingga bertemu pasar ngasem, belok kiri ke jalan Taman lalu sekitar 100 m akan menemukan tembok benteng putih. Anda tinggal masuk saja ke pintu masuknya.

Tetapi jika anda berada di pusat alun-alun selatan bisa langsung kearah barat lewat jalan Patehan Lor. Lanjut ke jalan Taman, lalu tinggak masuk hingga bertemu gerbang pintu masuk Taman Sari Jogja.

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Untuk tiket masuknya di bedakan antara pengunjung local dengan mancanegara. Jika pengunjung lokal hanya di kenakan tarif Rp 5.000 saja sedangkan pengunjung mancanegara membayar Rp 12.000.

Tetapi jika anda ingin mengetahui sejarah lengkap dari taman sari beserta fungsi dari setiap sudut bangunan yang ada. Maka dapat menggunakan jasa tour guide yang cukup membayar biaya tambahan bekisar Rp 25.000 hingga Rp 30.000 saja.

Sobat Pesonanusantaraku juga menyarakan untuk menyewa pemandu yang sudah memiliki lisensi agar informasi yang di dapat akurat. Karena tidak sedikit para tour guide di sana tidak ada lisensinya.

Oh iya sampai lupa ini bahwa taman sari Jogja di buka sekitar pukul 08.00 hingga jam 17.00 WIB pada setiap harinya.

Baca Juga: Sumber Maron Malang: Wisata Alam Yang Seru!

Fasilitas Pendukung Taman Sari Jogja

Selanjutnya kita juga bakal membahas terkait fasilitas umum yang akan menunjang kegiatan saat berwisata kesini seperti tempat parkir yang luas, toilet, pemandu wisata, toko cindramata untuk membeli oleh-oleh. Bagaimana lengkap bukan?

Bahkan jika anda ingin bermalam dan mencari penginapan serta tempat makan di sekitar area, tentu tidak perlu khawatir akan hal itu. Karena yang sama-sama kita ketahui bahwa taman sari sendiri berada di tenagh kota Jogja, jadi akan sangat mudah menemukan fasilitas penginapan dan tempat makan di sekitar wisata.

Spot Foto Instagramable

Sampai sekarang bangunan di Taman Sari Jogja masih sangat terawat, dengan gaya arsitektur yang unik dan akan banyak menghasilkan spot foto buat kalian yang lain hunting.

  1. Kolam Taman Sari
Taman Sari Jogja
sumber foto: IG @carolinethio79

Awal memasuki pintu gerbang anda sudah terpesona akan ornamen yang ada di dinding berbentuk ukiran-ukiran futuristik.

Setelahnya anda pasti akan melewati gerbang utamanya yang langsung di sapa oleh 2 buah kolam yang bersebelahan, dua koalm ini trenyata 3 di antara 3 kolam yang ada di Taman Sari Jogja.

Nah dari masing-masing 3 kolam tersebut memiliki nama dan fungsi yang berbeda. Dimana umbul panguras kolam untuk raja, umbul kawitan untu para putri-putri raja dan umbul pamucar untuk para selirnya.

Kemudian pada sekitar kolam di hiasi oleh beragam ornamen mirip air pancur gitu dengan bentuknya seperti kepala naga yang di sekililingnya di hias pot-pot bunga.

  1. Gapura Panggung
Taman Sari Jogja
sumber foto: Anis Pramesti

Lalu beralih ke area dekat kolah terdapat gapura panggung yang dahulunya hanya raja dan keluarga saja yang boleh masuk.

Biasanya raja sering menikmati keindahan dan kemegahan taman sari yang lengkap dengan danau buatan serta hamparan taman berhias jenis bunga cantik dari atas gapura.

Dari sana juga raja sesekali menikmati berbagai tarian tradisional yang di iringi oleh merdunya musik gamelan. Para istri raja biasanya bercermin dan terdapat juga lemari pakaian raja.

Untuk menambah kesan astetiknya terdapat tangga terbuat dari kayu jati yang sampai sekarang masih kokoh dan memberikan kesan artistiknya.

  1. Gapura Agung
Taman Sari Jogja
sumber foto: IG @miaasela

Ini juga bangunan yang sangat cocok untuk di jadikan spot foto saat berkunjung ke taman sari Jogja. Berdiri megah yang di fungsikan sebagai taman kesultanan, gapura agung ini juga lokasi transit bagi kereta kencana kesultanan. Sekitar area ornamennya di dominasi berbentuk sayap burung dan bung-bunga.

  1. Sumur Gamuling
Taman Sari Jogja
sumber foto: IG @jeriecho7
Taman Sari Jogja
sumber foto: IG @staycationjogja

Kalau tempat ini mah snagat populer di kalangan wisatawan yang inin mendapatkan spot foto yang instagramable. Oh iya ini bukan sumur tempat mengambil air ya, namun melainkan sebuah masjid bawah tanah.

Masjidnya di bangun di bawah tanah dan di jadikan sebagai bungker perlindungan bagi elit kesultanan saat kesultanan mengalami serangan yang membahayakan.

Bentuk bangunannya berbentuk dua tingkat melingkar hingga 360 derajat, pada bagian tengah berlubang dan desainya menghasilkan tata astistik. Posisinya juga yang membuat suara imam yang memimpin solat bakal terdengar ke setiap penjuru ruangan.

Uniknya dalam masjid ada sumur yang di kelilingi lima tangga yang bermakna jumlah rukun Islam. Setelah itu tembok masjid ini memiliki ketebalan 1,25 meter yang terbuat dari batubata yang di rekat dengan bahan alami yakni putih telur.

Jika ingin sampai ke masjid bawah tanah yang ada di taman sari Jogja pengunjung tinggal melewati gerbang yang punya tingkat dua. Dahulunya juga menara ini digunakan para raja untuk mengawasi para selirnya saat mandi di Umbul Kuras.

  1. Gedung Kenongo
Taman Sari Jogja
sumber foto: IG @aratheexplorer

Terakhir ada gedung kenongo, yang merupakan bangunan paling tinggi di antara bangunan yang ada di komplek taman sari. Dahulu di fungsikan sebagai tempat jamuan makan kerajaan.

Tapi sekarang pengunjung bisa menikmati keindahan sunset di kota jogja dari ketinggian gedung. Bahkan seluruh area kawasan sari garden Jogja termasuk dinding tebal tinggi berwarna putih pun kelihatan. Dinding tersebut ialah pagar bangunan yang memiliki ketinggian 2-4 meter.

Tips Berwisata di Taman Sari Jogja

Nah sebelum memutuskan berkunjungi kesisni sobat mau bagi tips agar liburan anda menyenangkan.

  • Ajaklah teman atau kerabat yang sudah pernah kesini agar mempermudah perjalanan menuju lokasi.
  • Untuk mendapatkan area parkir yang luas anda bisa masuk dari pintu gerbang sebelah Timur.
  • Tidak ada salahnya menyewa tour guide agar liburan anda juga mengedukasi terkait sejarah setiap bagunan tempat ini.
  • Tetap jaga kebersihan dan kelestarian dimana pun anda berwisata untuk menjaga kesan khasnya.

 

Itulah sekilas ulasan mengenai Taman Sari Jogja yang dapat di bagikan sobat Pesonanusantarku pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat sekalian. Jangan lupa bagikan pengalaman anda di kolam komentar di bawah ini ya.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *