Sumber Maron Malang
sumber foto: abdul aziz

Sumber Maron Malang | Wisata Alam yang Seru

Halo sobat Pesonanusantaraku, kali ini kita beralih ke kota Malang yang masih berapa di wilayah Jawa Timur. Sumber Maron Malang ialah wisata alam yang ternyata menyimpan eksotisme tersendiri hingga menjadi daya tarik pengunjung.

Tempat wisata ini menawarkan suasana dengan kesegaran sumber mata air alami dengan tempat pemandiannya juga. Padahal dahulunya sumber manta air ini hanya digunakan untuk mengaliri budidaya kangkung masyarakat sekitar dan juga tempat beristirahat selepas bertani.

Namun melihat adanya pontensi menjadi tempat wisata yang bakal menarik banyak pengujung, di tambah indahnya alam sekitar serta sejuknya udara maka di buka lah menjadi objek wisata di area Malang.

Sobat pada penasaran nggak sih terkait aktivitas apa yang bisa di lakukan di sana, kemudian lokasinya dimana, jam operasionalnya beserta tiket masuk yang di banderol wisata Sumber Maron Malang.

Sejarah Sumber Maron

Objek wisata yang menjadi daya tarik tempat ini adalah sungainya. Memiliki debit air yang begitu melimpah dan bersih, tetapi air yang mengalir belum bisa di manfaatkan secara optimal untuk kebutuhan sehari-hari di sekitar.

Hingga pada tahun 2005, kawasan ini mendapat bantuan dari World Bank berupa Program Air Bersih dan Program Sanitasi Untuk Masyarakat Miskin. Hal tersebut pun menjadi sebuah momentum awal bagi penataan kawasan Sumber Maron Malang sendiri.

Tidak sampai di sana di tahun 2011 kawasan ini lagi-lagi mendapatkan bantuan untuk pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) yang kemudian dapat menghasilkan listrik untuk di alirkan ke rumah-rumah penduduk yang ada di sekitarnya. Pada akhirnya kawasan Sumber Maron Malang semakin tertata dengan baik dan menjadi objek wisata yang berpotensi.

Awal tahun 2012 menjadi awal mula di resmikannya dan juga dapat menjadi Taman Wisata Edukatif Sumber Maron. Dan pemberlakuan tiket masuk baru dilakukan di tahun berikutnya yakni 2013 sampai saat ini. 

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Melihat pemandangan Indah di atas Kapal: Surabaya North Quay!

Lokasi dan Jam Operasional

Saat sedang melanjong ke kota Malang, entah bersama keluarga tercinta atau teman maka tidak salah menyempatkan untuk berwisata alam kesini. Jalan ke tujuan pun sudah bagus dan mudah di jangkau para treveler.

Tepatnya ada di Desa Karangsuko, Kecamatan Pagelaran, Dusun Adi Luwih, Kabupaten Malang, Jawa Timur 65174. Lokasinya sendiri dekat dengan 2 kecamatan yakni antara kecamatan Gondanglegi dan kecamatan Kepanjen.

Untuk pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa melalui arah kecamatan Gondanglegi ke jalan Sumber Maron. Kemudian melanjutkan perjalanan hingga sampai ke Desa Karangsuko, di sana akan menemukan SDN 2 Karangsuko. Tinggal ikuti saja jalannya sampai ke lokasi yang di tuju.

Tapi jika menaiki angkutan umum, sobat Pesonanusantaraku menyarankan untuk mencari angkot berkode AG, GL, LG atau GA dari kota Malang. Kemudian turun di Terminal Hamid Rusdi, lanjut naik angkot lagi dan turun di Gondanglegi. Setelahnya naik ojek selama 10 menit untuk smapai ke Sumber Maron Malang.

Sedangkan jam buka wisata ini sekarang menyesuaikan dengan kondisi dan situasi pandemi yang masih melanda Indonesia. Jam operasionalnya sendiri buka pukul 07.00 hingga 18.00 WIB pada setiap harinya.

Tiket Masuk

Buat mengeksplor wisata alam sumber maron tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak. Dengan dana yang sedikit anda sudah bisa menikmati kesegaran airnya sampai puas, bagaimana menyenangkan bukan?

Cukup dengan membayar tiket masuk saja yang di banderol harga sekitar Rp 5.000/orang. Sedangkan bagi pengunjung yang membawa kendaraan bermotor maka membayar biaya parkir sebesar Rp  3.000 dan kendaraan roda empat membayar Rp 5.000 per unit.

Rasanya tidak lengkap ya jika sudah datang ke Sumber Malon Malang tanpa bermain wahana air di sana, akan tetapi ada biaya tambahan seperti sewa ban kecil Rp 3.000, sewa ban sedang seharga Rp 7.000, ban dalam untuk river tubing seharga Rp 10.000, sewa karpet untuk bersantai Rp 3.000, dan untuk ke toilet cukup membayar Rp 3.000.

Daya Tarik Sumber Maron

Sebelum sobat Pesonanusantaraku membahas apa saja sih tempat yang menjadi daya tarik tempat ini?

Terdapat fasilitas pendudung yang akan menambah kenyaman anda saat berkunjung k e wisata ini mulai dari area parkir yang luas, kamar mandi, ruang ganti pakaian, mushola serta warung-warung makanan dan minum.

Barulah ke wahan-wahana yang menjadi daya tarik tempat ini. Dimana sudah di sungguh bahwa objeknya ialah sungai, maka sudah di pastikan wahananya berhubungan dengan air.

  1. Air Terjun Grojogan Sewu

Sumber Maron Malang

Ini salah satu spot terfavorit oleh banyak pengunjung, letaknya pun tepat berada di tengah-tengah aliran sungai. Jadi sudah pasti sumber mata airnya berasal dari Sungai Sumber Maron Malang.

Uniknya bentuk air terun Grojogan Sewu tidak seperti pada umumnya yang berdiri tegah, yang mana memiliki kemiringan sekitar 60 derajat. Serta berada pada ketinggian sampai 6 meter dan bebatuan besar yang ada di sekitarnya menjadi spot selfie tersendiri bagi pengunjung.

Tetapi sobat Pesonanusantaraku mengingatkan bahwa pengunjung harus berhati-hati juga saat ada di sana sebab dalam kondisi tertentu seperti hujan batuannya akan menjadi lici.

  1. River Tubing
sumber maron malang
sumber foto: bermain seru river tubing

Selanjutnya ada wahana river tubing yang dapat di nikmati para wisatawan baik dengan keluarga maupun sahabat. Dari pihak petugas pun akan tetap menjaga keselamatan para pengunjung saat mencoba wahana ini.

Sebab ini salah satu wahana yang menantang sekaligus memacu adrenalin, yang lebih di kenal dengan sebutan susur sungai.

Rutenya dimulai dari sisi bawah air terjun, dengan melakukan kegiatan telentang di atas ban yang akan membawa anda melaju mengikuti arus air sepanjang aliran sungai sekitar 500 meter.

Sensasi tegang yang di rasakan saat bermain river tubing di Sumber Maron Malang akan lebih menyenangkan dengan indahnya pemandangan, sawah yang hijau, kejernihan sungai serta asrinya alam sekitar.

Peralatan river tubing pun sudah di sediakan oleh pihak pengelola yang dapat di sewakan seperti sewa ban yang di banderol dengan harga yang sangat terjangkau.

  1. Terapi Ikan

Tapi bagi anda yang ada hanya ingin bersantai menikmati pemandangan dan suasana alam sekitar, maka bisa datang ke kolam ikan. Nah kolam ikannya bukan sekedar pajangan saja tapi anda juga bisa melakukan terapi.

Kolam terapi ikan yang ada di Sumber Maron Malang ini biasanya akan di padati oleh kebanyakan orang tua. Wahana terapi ikan ini begitu banyak manfaatnya salah satunya dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di kaki pengunjung.

Lain dari itu sangat baim bagi kesehatan pengunjung, dengan merendam kaki di dalam kolam ikan maka rasa pegal-pegal setelah menjalani rutinitas akan sedikit terobati.

  1. Flying Fox

Selanjutnya ada wisata lain yangsama-sama menguji adrenalin yakni flying fox. Ini wahana yang banyak sekali di datangi pengunjung. Tarif yang di banderol untuk bermain pun sangat terjangkau. Anda cukup mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja untuk bermain dengan segala perlengkapan baik itu helm maupun penagman badan.

  1. Wahana Edukasi

Berwisata sambil mendapatkan sebuah edukasi, maka tidak merugikan bukan? Iya pengujung dapat mempelajari cara kerja Pembangkit Listrik Tenaga Micro Hidro (PLTMH) saat sedang ada di Sumber Maron Malang.

Ini juga sudah sangat membantu warga sekitar terutama di 4 desa sumber maron yang mendapat pemasok listri seperti Desa Karangsuko, Desa Sukosari, Desa Gondanglegi Kulon, dan Desa Panggungrejo.

Nah ternyata PLTMH ini di buka menjadi wisata edukasi yang mana akan di ajarkan kepada setiap pengunjung yang berkunjung bagaimana cara kerja PLTMH dalam mengolah listri lalu mengalirkannya ke ruma-rumah warga.

Bahkan ada banyak sekali baik itu pelajar maupun mahasiwa yang datang untuk belajar serta mahasiswa sendiri datang karena ingin melakukan penelitian.

Oh iya sobat dari beberapa wahana di atas ternyata wisata ini cukup dekat untuk menjangkau wisata lain yang jaraknya sangat mudah di jangkau oleh pengunjung. Seperti ada wisata sumber taman yang berjarak 2 Km saja, malkindo green farm yang berjarak 5,9 Km, taman puspa kepanjen berjarak 11,7 Km, TPA wisata edukasi Talangagung hanya berjarak 10,7 Km serta stadion kanjuruhan yang berjarak 4,6 Km.

 

Itulah sekilas ulasan mengenai Sumber Maron Malang yang dapat di bagikan sobat Pesonanusantarku pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat sekalian. Jangan lupa bagikan pengalaman anda di kolam komentar di bawah ini ya.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *