Surabaya North Quay, Wajib di Kunjungi!

Surabaya North Quay awalnya adalah tempat bagi kapal pesiar mewah yang bersandar. Melihat adanya potensi akan objek wisata maka di benahi oleh pihaknya supaya bisa di nikmati sebagai tempat wisata bagi warga Surabaya.

Tidak ada salahnya datang kesini saat melanjong Ke Surabaya. Pasti bosankan jika ke ibukota Jawa Timur hanya belanja ke pasar tradisional atau modern saja. Maka coba datanglah kesini.

Sebab tak sedikit para treveler dari luar daerah yang berdatangan karena penasaran ingin menikmati indahnya pemandangan. Laut lepas dengan kapal pesiar mewah yang bersandar di terminal menjadi daya tariknya tersendiri.

Kali ini sobat Pesonanusantaraku berkesempatan untuk membahas terkait sekilas sejarah, lokasi dan jam operasional, harga tiket masuk, dan wahana yang bisa di kunjungi saat di Surabaya North Quay.

Sekilas Mengenal SNQ (Suarabaya North Quay)

Saat masih dalam proses pembangunan terminal pelabuhan tercanggih di dunia, pihak PELINDO III melakukan suatu terobosan dengan me-launcing tempat wisata ini. Mengingat kota Surabaya kekurangan objek wisata sedangkan masyarakat butuh tempat refreshing.

Awal pembukaan SNQ waktu itu berlangsung selama 3 hari yakni dari tanggal 27-29 Februari 2016, yang ikut di tandai dengan merapatnya kapal pesiar dari Negeri Belanda ke pelabuhan Tanjung Perak yaitu Kapal Ms Rotterdam.

Bahkan pengunjung bisa melihat secara dekat kapal pesiar yang mewah tersebut saat pembukaan. Dari pihak Direktor menjelaskan bahwa alasan di bukanya SNQ ialah menyadari kawasan GSN ini memiliki view premium yang dapat menarik wisatawan.

Tujuan lainnya juga ternyata untuk menaikan potensi UMKM, sebab ada beberapa UKM yeng bersandar pada wisata ini di antaranya ada di Putat Jaya (bekas lokasi Dolly), UKM Kampung Lawas Maspati dan ada beberapa UKM lain.

Alamat dan Jam Operasional

Ini merupakan salah satu wisata yang ada di kota Pahlawan yang berlokasi di gedung terminal pelabuhan tanjung perak. Tepatnya ada di Kelurahan Perak Utara, Kecamatan Pabean Cantian, Kota Surabaya.

Baca Juga: Rekomendasi Wisata Terbaik di Aceh, Wajib di Kunjungi!

Berada di tepi laut utara Surabaya, yang berjarak kurang lebih 9 Km dari pusat kota dan hanya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 30 menit berkendara.

Rutenya sangat mudah di jangkau dari bandara, dengan langsung memesan angkutan online menuju lokasinya yang biasanya di tarif Rp 50.000-Rp100.000. Atau jika anda menaiki kendaraan pribadi cukup gunakan google map saja dengan pencarian Surabaya North Quay.

Nah untuk jam buka Surabaya North Quay saat ini di sesuaikan dengan kondisi dan situasi pandemic yang masih  melanda negara tercinta.

Objek wisata ini buka setiap hari Selasa sampai Minggu pada pukul 12.00 hingga 19.00 WIB. Sedangkan jumatnya buka jam pukul 13.00 sampai 19.00 WIB. Sedangkan Seninnya di tutup, akan tetapi jika ada event akan di buka. Anda juga bisa datangnya hanya saat menjelang siang.

Tiket Masuk

Nah untuk anda ingin menikmati indahnya pemandangan disini cukup worth lho harga tiket masuknya yakni hanya di banderol Rp 10.000. sementara yang membawah kendaraan roda dua di kenakan tarif parkir sebesar Rp 5.000 dan Rp 10.000 untuk kendaraan roda empat.

Pada pintu masuk kompleks pelabuhan anda tinggal masuk saja ke gedung terminal gapura surya nusantara (GSN), gedungnya warna biru. lanjut naik deh ke lantai 2 dan 3. Pengunjung juga tidak perlu capek -capek naik tangga, karena disini telah tersedia eskalator dan lift.

Jika anda ingin mencoba beberapa wahana yang tersedia disana maka akan di kenakan biaya tambahan. Salah satunya yang wajib banget di kunjungi dan ini cukup populer yakni wisata keliling Selat Madura yang di kenakan biaya Rp 75.000.

Oh iya sobat Pesonanusantaraku juga sampai lupa bahwa ada beberapa hal yang harus di perhatikan saat berada disini:

  • Tiket masuk Surabaya North Quay berlaku mulai dari usia 2 tahun ke atas.
  • Dari harga tiketnya juga terdapat voucher diskon sebesar Rp 4.000 yang dapat di tukar oleh pengunjung di foodcourt SNQ dengan minimum transaksi Rp 20.000.
  • Saat anda membeli voucher makanan sebesar Rp 50.000, maka sudah mendapatkan akses ke teras tepi laut.

Fasilitas Pendukung

Pengunjung tidak perlu khawatir jika mencari faslitas umum seperti mushola, toilet sebab sudah tersedia. Selain dari fasilitas di atas juga ada tempat belanja untuk membeli cinderamata untuk di jadikan oleh-oleh, sepatu dan juga tersedia tempat makanan yang enak juga.

Kenapa sobat bilang makanannya enak? Karena ini merupakan pelabuhan kapal pesiar termewah di Asia, tentu akan ada banyak hal peremium yang di tawarkan.

Saat memasuki tempat wisata yang di kelola pihak PT. PELINDO III ini anda akan merasakan suasana yang sama seperti berada di Avenue of star Hong Kong.

Jika di Hong Kong pengujung dapat menikmati lautan dan hilir mudik kapal-kapal yang membelah pulau-pulau di Hong kong, maka beda halnya di Surabaya North Quay yang memberikan indahnya pemandangan lautan dan kapal-kapal yang hilir mudik membelah Selatan Madura dan ada juga kapal-kapal yang berlayar datang dan pergi menuju pulau-pulau di kawasan Indonesia Timur.

Wahana Menarik SNQ

  1. Wisata Belanja

Bagi pengunjung yang suka belanja maka bisa langsung menuju ke lantai II, di sana ada begitu banyak lapak pedagang Pop Market dan Basha Market. Untuk barang yang dijual pun beragam mulai dari harga murah hingga kelas premium.

Walaupun memang tempat wisata Surabaya North Quay belum bisa di bandingkan dengan pusat-pusat perbelanjaan kelas Internasional. Tapi hal itu tidak perlu di khawatirkan sebab pihak pengelola terus melakukan inovasi dan kerjasama dengan pihak lain untuk memajukan SNQ melihat meningkatnya antusias pengunjung.

  1. Wisata Seni dan Kerajian

Tidak sampai di sana saja, masih di lantai II GSN juga di sulap sebuah wisata senin dan kerajinan yang berjajar booth serta galeri termasuklah ada booth pengraian sepatu dari kawasan bekas lokalisasi Dolly.

Hasil seni dan kerajinan yang di pajang pun bukan sekedar di pamerkan, akan tetapi memiliki nilai jual yang cukup terjangkau.

Di tambah lagi pengunjung Surabaya North Quay bisa mendatangi mini stage yang di sering mengelar pertunjukan live musik mulai dari top 40, jazz, perkusi dan atraksi seni lainnya.

  1. Wisata Kuliner

Wah setelah puas menikmati wisata di atas pasti anda akan merasakan perut keroncongan. Jadi tidak salah dong datang ke lantai II yang ada banyak sekali food court yang menyediakan ragam makanan dan minuman.

Hal yang wajib di coba ialah makanan khas Jawa Timur seperti kupang lontong, lontong balap, sate dan soto madura, sego kucing kobong dan lainnya. Bahkan juga ada menu Nusantara lho Asian Fppd dan western food seperti bakso, nasi krengseng ayam, dimsum, taro shake dan lychee shake.

Soal kebersihan, rasa, keamanan dan gizi sudah pasti terjamin. Dan yang apstinya harga makanan dan minuman disini cukup terjangkau dan tidak akan membuat kantong terkuras.

Misalnya ada satu porsi lontong balap pak gendut (makanan khas Surabaya) yang di banderol seharga Rp 15.000 saja. Kemudian nasi campur bali, dimsum, nasi krengseng ayam yang harganya berkisaran Rp 15.000 smapai Rp 20.000.

Tidak kalah lagi anda akan di suguhkan view pemandngan yang menakjubkan apalagi di area outdoor yang bakal menambah kesan nyaman berada di Surabaya North Quay.

  1. Nongkrong dan Hunting Foto.

Dimana sudah di utarakan pihak pengelola bahwasannya tempat wisata ini punya view yang manawan. Tentu akan ada banyak spot foto yang instagramable, apalagi saat sunset terbenam kesan romantis pun di dapatkan.

Terutama sat berada di lantai III saat kapal pesiar merapat ke pelabuhan Tanjung Perak, yang menjadi spot foto populer bagi para pengunjung dan bisa juga di ruang tunggu Bandara Soekarno Hatta yang tak kalah kerennya. ini beberapa galeri yang dapat anda jadikan referensi hunting foto fo SNQ yang di dapat dari Instagram @Surabayanorthquay.

Surabay North Quay
Menikmati Indahnya Sunset
Surabay North Quay
Jalan Sore
Surabay North Quay
Menyatap Makanan dengan View Laut

  1. Berlayar Selat Madura

Ini yang paling menarik dan banyak di kunjungi para wisata Surabaya North Quay yakni menjelajahi Selat Madura dengan naik ke atas kapal Cruise bernama Artama 3 yang mulai beroperasi dari jam 09.00-11.00 pagi pada setiap hari.

Untuk tarifnya di hari biasa pengunjung dewasa membayar Rp 75.000, anak-anak cukup membayar Rp 50.000. sedangkan hari Minggu dan libur tarifnya di banderol sebesar Rp 120.000/orang.

Saat di dalamnya anda akan menemukan kabin kapal seperti cafe yang juga di lengkapi tempat karaoke. Rutenya sendiri dari terminal Peti Kemas Pelabuhan tanjung perak menuju Cagar Budaya Bandunan Kesyahbandaran Surabaya.

Kemudian melewati Monumen Jalesveva Jayamahe hingga berlayar ke Jembatan Suramadu, lanjut berputar kembali ke dermaga Tanjung Perak.

Bagaimana sungguh menyenangkan bukan? Oh iya jika Pelabuhan Tanjung Perak makin banyak di lintasi kapal-kapal Internasional maka Surabaya North Quay semakin terkenal untuk menjadi wisata terpopuler baik di wisatawan lokal maupun mancanegara.

 

Itulah sekilas ulasan mengenai Surabaya North Quay di pelabuhan Tanjung Perak yang dapat di bagikan sobat Pesonanusantarku pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat ya sobat sekalian. Jangan lupa bagikan pengalaman anda di kolam komentar di bawah ini ya.

 

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *