Laptop Gratis dari Pemerintah Harga 10 Juta, Berikut Detailnya !

Laptop Gratis dari Pemerintah – Belum lama ini, pemerintah melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) dikabarkan akan mengalokasikan dana senilai Rp 2,4 triliun untuk pengadaan laptop sebanyak 240.000 unit.

Alokasi dana ini juga termasuk untuk pengadaan proyektor dan layarnya, printer, scanner, wireless router, konektor tipe C ke HDMI dan VGA, serta headset. “Pemerintah mengalokasikan Rp 2,4 triliun untuk dana alokasi khusus pendidikan tahun 2021 di tingkat provinsi, kabupaten/kota untuk pembelian 240.000 laptop,

” kata Mendikbud Ristek Nadiem Makarim dalam keterangan virtualnya, Kamis (21/7/2021), dikutip dari KompasTV.

Disebut ketinggalan zaman Menurut pengguna Twitter dengan handle @duwket, spesifikasi laptop yang dicantumkan sudah ketinggalan zaman karena masih menggunakan hard drive berkapasitas 32 GB dan menggunakan prosesor dual core.

Seriusan itu HDD 32GB? Berasa balik ke 20 tahun lalum,” kicau akun dengan handle @satriaariwibowo

“Serius itu HD 32 GB kek FD aja…FD gw aja 128GB,” twit @dennykwee0807.

“Hard Drive 32 GB. Itu laptop atau hape siomi?” kicau @Tresna_Dewiii

Laptop Gratis dari Pemerintah Harga 10 Juta ini. Biasanya Pesona Nusantara nggak pengen komen apa apa soal kerjaan pemerintah,mau positif,mau negatif,karena pintargadget ga ngerti lah. Banyak politiknya.

Tapi kali ini beda,ada hubungannya sama teknologi,dan pintargadget bakal bahas dari sudut pandang teknologi juga.

Nah, jadi, buat yang belum tau,kemaren ada berita soal pemerintah yang ngealokasiin dana 2.4 triliun buat pengadaan 240 ribu laptop untuk pelajar. Berita bagus ni

Pemerintah lewat kemendikbudristek,mau ngebagiin alat yang penting banget buat pelajar zaman sekarang.

Sebuah laptop. Dan sebagai manusia,apalagi netizen yang selalu penasaran,otomatis kita pasti bakal itung dong.kayak pelajaran matematika SD.2.4 triliun, dibagi 240 ribu laptop.Artinya 1 laptop, harganya 10 juta.

Kalau misalnya pengen merekyang lebih mainstream,kayak dari Acer misalnya,duit 10 juta itu sudah bisa dapetin prosesor Core i5 generasi ke 11,RAM 8GB, SSD 512GB,dapet Windows 10, dapet Microsoft Office,pokoknya laptop yang cakep buat semua orang lah,apalagi buat pelajar.

Nah, masalahnya.Di berita soal Laptop Gratis dari Pemerintah Harga 10 Juta itu,dikasih tau juga kalau ternyata spesifikasi dari laptopnya udah diatur di peraturan menteri.

Spek yang ketulis gini:

  • Tipe prosesor core: 2, frekuensi: > 1,1 GHz, Cache: 1 M
  • Memori standar terpasang: 4 GB DDR4
  • Hard drive: 32 GB
  • USB port: dilengkapi dengan USB 3.0
  • Networking: WLAN adapter (IEEE 802.11ac/b/g/n)
  • Tipe grafis: High Definition (HD) integrated
  • Audio: integrated
  • Monitor :11 inch LED
  • Daya/power: maksimum 50 watt
  • Operating system: chrome OS
  • Device management: ready to activated chrome education upgrade (harus diaktivasi setelah penyedia ditetapkan menjadi pemenang)
  • Masa Garansi: 1 tahun

Spek yang barusan pintargadget sebutin,adalah spek minimal dari laptopnya ya. jadi kalau misalnya duit 10 juta tadi mau dibeliin spek yang lebih bagus, itu bisa.Tapi kalau mau kayak gitu doang,ikutin aturan minimal, ya juga boleh.

Buat anda yang nggak ngerti soal spek laptop,spek yang barusan pintargadget sebutin adalah spek yang rendah banget buat harga 10 juta. Makanya berita ini jadi hot topic lah.

Kok dana 10 juta, cuma dapet laptop yang levelnya 5 juta doang? 5 jutanya lagi kemana ?

Baca Juga : Registrasi/Daftar Βansos Lain nya

Abis berita itu, langsung ada berita susulan lagi buat ngelurusin isu ini. Kemendikbud bilang “kalau istilah laptop 10 juta itu kurang tepat” Lebih tepat kalau dibilang paket TIK,jadi dana 2.4 triliun itu,bakal dialokasiin buat beli 242.565 paket TIK buat 15.656 sekolah.

Isi paket TIKnya ada laptop dengan spek minimal kayak tadi,terus ada router, connector, printer,dan scanner. Jadi bukan laptop doang.

Cuma tetep aja ada netizen yang ga bisa terima.Pada komen, memangnya harga router,connector, printer, dan scanner,berapaan sih sampe 5 juta? Harganya baru bakal segitu kalau mereknya bagus semua dan pintargadget setuju.Misalnya beli printer+scanner brother yang 2jutaan,router TP-Link bagus yang satu setengah jutaan,kalau connector pintargadget nggak tau connectorapaan sih, Jenisnya banyak banget

Tapi kalau sisa duitnya dibeliin pelengkap yang semewah itu,itu bakal kerasa berlebihan bangetkalau harga laptopnya aja cuma 5 juta.

Baca Juga : Βantuan Subsidi Listrik PLN Gratis

Ibarat beli mobil LCGC yangharganya 50-60 juta, atau 100.terus dikasih ban 30 juta, jok custom 10 juta, sound system 10 juta. Overkill banget.Jadi ga heran kalau banyak ,netizen yang mikir negatif.Pintargadget pun awalnya pengen ikut julid,pengen ikut komen-komen.Pengen ikut post tapi…

Mikir, kenapa aturannya bisa kayak gitu,coba dipikir biar masuk akal gitu menteri pendidikan kita orangnya super hebat lho, Pak Nadiem. Dan pintargadget punya satu teori kenapa laptopnya Cuma “gitu doang”.

Kata kuncinya ada di SISTEM OPERASI. OS .

Laptop Gratis dari Pemerintah Harga 10 Juta ini memang punya spek yang cupu banget,kalau kita ngukurnya pake standar Windows, ato MacOS. 2 OS mainstream yang dipake banyak orang.jadi nggak heran kalau orang patokannya gitu

Tapi kalau kita baca sekali lagi, spek laptop yang jadi syarat disini,harus pake Chrome OS. Buat anda yang baru pertama kali denger soal Chrome OS,ini sistem operasi buatan Google yang berbasis kernelnya Linux.

Mirip mirip kayak Android yang ada di HP kita, basisnya sama, kernel Linux juga.Anda harusnya pernah denger aplikasi Google Chrome juga,itu aplikasi buat browsing internet.Nah, namanya diambil dari sana.Kenapa namanya diambil dari situ?

Baca Juga : Bansos Ibu Hamil dan Balita

Karena cara kita pake Chromebook,sebutan buat laptop yang pake Chrome OS,memang mirip banget sama cara kita pake aplikasi Google Chrome.

Sebuah browser .Anggep aja Chromebook ini kayak laptop biasa,yang pas kita idupin, langsung otomatis ngebuka Google Chrome,dan kita nggak bisa keluar dari sana. Di chromebook, kita cuma bisa ngelakuinkerjaan yang bisa dikerjain lewat browser.

Kedengeran sempit banget ya? Tapi coba kita pikir pas kita baru idupin komputer,biasanya aplikasi apa yang diidupin?

Baca Juga : Berita Bansos Lain nya

Yup Browser.Kalau mau meeting? Browser. Buka email? Browser. Buka chat? WA, Telegram? Browser bisa. Ngetik kerjaan? di Browser bisa.

Udah ada google docs dan lain lain .Bahkan aplikasi Office juga bisa kita akses lewat browser,memang mayoritas buat dikasih ke pelajar kan? Sesuai target kemendikbud.

Dari awal dia ada, chromebook kayak memang udah diposisiin sebagai laptop murah buat pelajar.bukan yang lain,dia nggak lemot,proses booting cepet,ga bisa dipake main game,

Chrome OS juga dikenal sebagai OS yang bebas virus.Ortu keknya seneng banget,kalau ada laptop gitu Makanya tahun lalu,pas dunia lagi di rumah semua,termasuk kegiatan sekolah,penjualan chromebook langsung ngeroket,naik 2-3 kali lipet di luar negeri.

Baca Juga : Bansos Anak Sekolah Senilai 4,4 Juta

Di Indonesia nggak kedengeran karena chromebook memang ga ngetren aja.Ga ngetrennya itu pun ada alesannya ya.Dan ini yang pintargadget khawatirin dari program ini.Kalau pintargadget tebak, Chromebook nggak laku di Indonesia karena dia sangat ngandelin internet biar dia bisa maksimal.Dipake offline bisa aja, filenya bisa kita download dulu dan edit offline.

Kesimpulan

Untuk Syarat penerima bantuan ini belum ada kabarnya dari Kemendikbud Ristek. Sobat pantengin terus Pesona Nusantara untuk mendapatkan berita terupdate tentang Bantuan Pemerintah ini sekaligus mendapatkan info dan berita terupdate seputar teknologi

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

2 comments

  1. Elly bambang sujanji

    Untuk biaya sekolah anak semoga bisa dirralisasi

  2. Elly bambang sujanji

    Bantuan sekolah sangat bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *