Wisata Terbaik di Aceh

15 Tempat Wisata Terbaik di Aceh (Indonesia)

Wisata Terbaik di Aceh – Halo sobat Pesona Nusantara, Aceh adalah provinsi di ujung utara Indonesia dan pengunjungnya jauh lebih sedikit daripada banyak bagian lain negara ini. Provinsi ini dikenal dengan tsunami dahsyat tahun 2004 yang menewaskan hampir 200.000 orang, dan juga terkenal sebagai satu-satunya tempat di Indonesia yang memiliki hukum Syariah. Provinsi ini kurang dikenal karena atraksi dan keindahan alamnya, tetapi sebenarnya Aceh memiliki beberapa pantai terbaik di negara ini, dan ibu kota Banda Aceh memiliki banyak tempat untuk direkomendasikan.Jika Anda menyukai museum yang menarik dan arsitektur yang indah maka kalian juga akan menemukan lokasi-lokasi yang menarik di ibukota Aceh, dan juga monumen – monumen yang di dedikasikan untuk orang orang yang meninggal karena tsunami aceh. Banda Aceh bukan satu-satunya tempat yang perlu diperhatikan di provinsi ini, dan Anda dapat dengan mudah menemukan garis pantai emas dan pulau-pulau yang tenang di lepas pantai. Aceh juga merupakan rumah dari salah satu taman nasional paling terkenal di Indonesia, dan ada kesempatan untuk trekking, hiking, dan berkemah di seluruh provinsi.Mari kita Bahas Wisata Terbaik di AcehWisata Terbaik di Aceh

1. Kunjungi Museum Tsunami

Lebih dari 170.000 orang di Aceh kehilangan nyawa akibat tsunami tahun 2004, dan Museum Tsunami di Banda Aceh bertindak baik sebagai monumen dan pusat pendidikan tentang tragedi itu.

Museum ini memiliki rekaman bergulir dari tsunami dan akibatnya, tetapi salah satu bagian yang paling mencekam dari museum adalah bagian air terjun yang bertujuan untuk meniru bagaimana gelombang yang menjulang akan terasa.

Area museum ini terdiri dari koridor gelap yang meneteskan air, dan saat Anda bergerak, Anda akan dapat mendengar suara deburan ombak di sekitar Anda.

Ini adalah pengalaman yang kuat dan sangat mengharukan dan juga merupakan salah satu atraksi paling terkenal di Aceh.

2. Berkemah di Air Terjun Blang Kolam

Jika Anda berada di Lhokseumawe Provinsi Aceh maka pertimbangkan untuk melakukan perjalanan ke Desa Sidomulyo di mana Anda akan menemukan Air Terjun Blang Kolam.

Anda dapat melakukan perjalanan singkat ke air terjun yang akan membawa Anda melewati hutan hujan yang rimbun dengan pemandangan yang menakjubkan, dan di akhir pendakian yang berkeringat Anda akan dihadiahi kabut dingin yang keluar dari air yang memancar.

Banyak orang juga memilih untuk membawa beberapa perlengkapan berkemah dan bermalam karena pengaturannya sangat tenang, jadi jika Anda suka berkomunikasi dengan alam maka bersiaplah untuk mendirikan kemah di tengah hutan.

3. Naik ke PLTD Apung

Maklum Aceh memiliki sederet tempat wisata yang didedikasikan untuk tsunami dan salah satunya yang terletak di Banda Aceh adalah PLTD Apung yang namanya kapal besar.

Ketika tsunami melanda Aceh, kapal itu membawa kapal ke daratan di mana ia telah diposisikan sejak saat itu, dan sekarang telah diawetkan sebagai penghormatan kepada mereka yang meninggal di perairan yang mengamuk.

Anda dapat mengunjungi perahu dan bahkan naik ke atas kapal dan dari dek kapal Anda dapat menikmati pemandangan yang terbentang di seluruh kota.

Ini adalah daya tarik yang unik dan juga pengingat kekuatan laut yang tepat waktu dan layak untuk perjalanan sendirian untuk melihat kapal ini duduk di tengah kota.

4. Minum kopi di Warung Kopi Solong

Orang mungkin tidak menyadari bahwa Aceh terkenal dengan kopinya, tetapi sebenarnya di seluruh Indonesia biji Aceh sangat diminati.

Untuk mencobanya sendiri, Anda perlu menuju ke Warung Kopi Solong yang telah beroperasi sejak tahun 1970-an dan terkenal sebagai tempat yang harus dikunjungi jika Anda ingin kopi yang enak di provinsi ini.

Anda bahkan dapat membeli sekantong kacang khas mereka di sini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kedai kopi ini sangat populer di Banda Aceh dan juga merupakan tempat untuk dikunjungi jika Anda ingin melihat bagaimana penduduk setempat berkumpul di provinsi di mana alkohol dilarang dan bar dan klub malam tidak ada.

5. Menikmati hutan hujan di Ketambe

Taman Nasional Gunung Leuser dimulai di provinsi Sumatera Utara dan membentang sampai ke Aceh.

Banyak orang memilih untuk mengunjungi taman melalui Bukit Lawang di Sumatera, tetapi jika Anda ingin bagian hutan hujan yang lebih terpencil jauh dari keramaian maka tempat terbaik untuk melakukannya adalah di Ketambe di Aceh.

Ada berbagai pendakian yang dapat Anda lakukan mulai dari perjalanan sehari yang singkat hingga perjalanan yang lebih panjang yang memakan waktu beberapa hari dan memungkinkan Anda berkemah di tengah hutan.

6. Berkunjung ke Museum Negeri Banda Aceh

Museum Aceh di Banda Aceh adalah Wisata Terbaik di Aceh untuk dikunjungi jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang sudut Indonesia ini.

Ini bukan museum terbesar di Aceh, tetapi diisi dengan galeri menarik dan Anda akan menemukan berbagai barang di sini seperti peralatan pertanian kuno, tekstil, persenjataan, dan bahkan beberapa keanehan lokal.

Salah satunya adalah boneka bayi kerbau yang dipamerkan dan terkenal memiliki dua kepala.

Museum tutup pada hari Senin, tetapi jika Anda berada di area tersebut pada waktu lain, pastikan untuk tidak melewatkannya jika Anda menginginkan wawasan yang menarik tentang budaya dan sejarah Aceh.

7. Jelajahi Rumah Aceh

Rumah Aceh sebenarnya adalah bagian dari kompleks Museum Negeri Banda Aceh dan terdiri dari rumah panggung tradisional setempat.

Rumah Aceh Ini adalah contoh gaya bangunan tradisional yang terbaik ,jadi pastikan untuk tidak melewatkannya saat Anda mengunjungi Museum Negeri Banda Aceh.

8. Berjemur di Pantai Lampuuk

Beberapa pantai Wisata Terbaik di Aceh, meskipun beberapa di antaranya cocok untuk berselancar dan olahraga air lainnya.

Arus di sekitar Aceh bisa kuat, jadi jika kamu kepengen berjemur dan berenang tempat yang tepat  untuk melakukannya adalah Pantai Lampuuk yang terletak di luar Banda Aceh.

Pantai memiliki bermil-mil pasir yang bergulir dan menjadi tempat yang bagus jika Anda ingin berjemur atau mendayung di air.

Karena pantai berjarak sekitar 20 menit dari ibu kota, Anda dapat dengan mudah pergi ke sana untuk hari itu dan pantai menghadap ke Samudra Hindia yang indah memberi Anda beberapa pemandangan laut yang menakjubkan.

9. Kunjungi Kherkhof

Banda Aceh penuh dengan monumen bergerak dan salah satunya adalah Kherkhof yang merupakan kuburan besar yang diisi dengan kuburan Indonesia dan Belanda.

Kuburan-kuburan ini milik tentara yang akan dimakamkan di sini setelah mereka terbunuh dalam pertempuran melawan orang Aceh.

Sayangnya kuburan itu sebagian hancur oleh tsunami dan batu nisan tidak dapat diselamatkan, tetapi sekarang telah diganti dengan salib kayu sederhana dan Anda juga dapat menemukan prasasti nama-nama mereka yang meninggal di pintu masuk kuburan.

10. Kagumi Mesjid Raya Baiturrahman

Mesjid Raya Baiturrahman sering disebut sebagai Mesjid Raya yang berarti Masjid Utama dan ini mungkin yang paling indah dari semua atraksi Banda Aceh.

Masjid ini dibangun pada masa kolonial Belanda, dan ditutupi dengan sentuhan estetika hiasan.

Begitu masuk Anda akan menemukan kubah-kubah indah yang menjulang tinggi serta karya seni Islami dan pemandangan masjid saat diterangi lampu di malam hari juga sayang untuk dilewatkan.

Non-Muslim diizinkan masuk selama Anda berpakaian Sopan dan konservatif.

11. Lihat Gunongan

Gunongan adalah salah satu objek wisata Banda Aceh yang terkenal meskipun Anda mungkin tidak tahu apa itu pada pandangan pertama.

Sebenarnya Gunongan adalah monumen yang dibangun oleh sultan Iskandar Muda untuk istrinya.

Karena merindukan kampung halamannya di Pahang di Malaysia, Iskandar Muda menugaskan patung yang juga akan digunakan sebagai tempat mandi oleh sang putri.

Sekarang monumen ini terbuka untuk umum dan pekerjaan batu serta ukiran di sini layak untuk dikunjungi.

12. Berselancar di Lhok Nga

Banyak orang mungkin terkejut mendengar bahwa Aceh memiliki tempat selancar, tetapi hanya 15 kilometer jauhnya dari pusat kota Banda Aceh adalah Lhok Nga yang terkenal dengan olahraga airnya.

Laut di sini berombak dan memiliki beberapa tempat selancar yang bagus, sehingga Anda dapat dengan mudah menyewa papan dan naik ke air untuk menunggang ombak.

Selain berselancar, kite boarding juga populer di sini dan Anda dapat berseluncur melintasi laut sambil memanfaatkan kekuatan angin.

13. Makan malam di Pasar Malam Rek

Banda Aceh terkenal dengan pasar malamnya dan salah satu yang terbaik adalah Pasar Malam Rek.

Pasar akan buka begitu malam tiba dan kios-kios didirikan yang menjual makanan lezat seperti mie, gorengan, dan sate Indonesia atau tusuk sate daging panggang.

Ini juga merupakan salah satu tempat termurah untuk menikmati makanan lokal, jadi jika Anda memiliki anggaran terbatas atau hanya ingin mencicipi berbagai hidangan lokal, jangan lewatkan pasar malam ini dari rencana perjalanan Anda.

14. Snorkeling di Pulau Weh

Pulau Weh adalah salah satu alasan utama orang melakukan perjalanan ke Provinsi Aceh dan pantai-pantai di sini dengan mudah menyaingi pantai-pantai di Bali.

Hanya perjalanan singkat dengan feri dari Banda Aceh membawa Anda ke pulau terpencil yang dikelilingi oleh perairan pirus dan dilapisi dengan pasir emas lembut.

Beberapa snorkeling dan menyelam terbaik yang bisa didapat di Indonesia dapat ditemukan di lepas pantai dari Pulau Weh karena visibilitasnya sangat baik dan Anda dapat mengharapkan banyak atau kehidupan bawah laut termasuk penyu dan pari.

15. Mendaki Bukit Pantan Terong.

Turis domestik berduyun-duyun ke sini untuk mendaki bukit, dan alasan utama melakukannya adalah untuk menikmati pemandangan yang menakjubkan dari atas.

Dari puncak bukit Anda dapat melihat ke seberang danau kaca yang menyerupai kuali serta menikmati pemandangan tropis yang rimbun.

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *