Tebing Breksi

Tebing Breksi Wisata di Yogyakarta

Tebing Breksi Jogja sekilas jika di lihat mirip dengan wisata Brown Canyon yang ada di kota Semarang.

Saat ada berada di puncak selain pemandangan yang indah di suguhkannya, anda juga sekaligus dapat melihat wisata Candi Barong, Gunung Merapi, Candi Prambanan dan Candi Sojiwan.

Ternyata selain dari Kota Kembang atau kota Bandung, Yogyakarta juga punya ragam tempat wisata yang bakal buat anda susah move on lho. Serta anda tidak perlu khawatir saat berlibur saat pandemic sekarang, sebab tempat wisata ini sudah sangat ketat memberlakukan protocol kesehatan.

Tebing Breksi sendiri sudah menjadi salah satu cagar budaya di Jogja yang langsung di tanda tangani oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X pada bulan Mei 2015 lalu. Awalnya tebing ini adalah lokasi tambang batu breksi yang menjadi pendapatan warga sekitar.

Lambat tahun pun di sulap dan bertransformasi menjadi objek wisata yang popular serta banyak memikat wisatawan yang menyukai dunia pertualangan alam. Yuk simak review terkait tebing breksi Yogyakarta.

Alamat dan Rute Tebing Breksi Yogyakarta

ini salah satu lokasi untuk mendapatkan spot foto yang instagramable saat melanjong ke kota pelajar. Wisata ini ada di salah satu dusun di Jogja yakni dusun Groyokan, Kelurahan Smabirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Disini juga anda dapat sekaligus berwisata ke Candi Ijo yang merupakan candi tertinggi di Jogja lho. Bahkan spot foto sunsetnya di candi juga indah.

Baca Juga: Hotel Dengan Harga Terjangkau Tapi Punya Fasilitas dan Layanan Terbaik Yakni Ibis Styles Jogja.

Sedangkan rute termudah yang bisa anda lalui adalah dari arah Candi Prambanan, akan menemukan pertigaan pasar Prambanan. Kemudian langsung belok ke kanan untuk kea rah yang meuju Piyungan. Dari jarak pasar tersebut pun hanya berjarak 3 Km untuk sampai ke lokasi.

Selanjutnya jika anda dari arah Candi Ijo disana akan terlihat pertigaan yang ada sebelum SDN Sambirejo, kemudian belok ke kiri pertigaannya. Lanjut jalan sekitar 1 Km dengan melintasi jalanan yang kurang mulus ya sobat pesonanusantaraku dan sampai lah di lokasi tujuan anda.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional Tebing Breksi

Untuk menikmati view pemandangan yang indah saat berada di sini anda tidak perlu mengeluarkan uang yang bakal menguras kantong.

Sebab hanya cukup mengeluarkan harga tiket masuk sebesar Rp 10.000 per orangnya untuk wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara di banderol harga tiket sebesar Rp 20.000.

Kemudian jika anda membawa kendaraan sendiri untuk kendaraan roda dua biaya prakirnya Rp 2.000, kendaraan roda empat biaya parker Rp 5.000, tarif parker minibus seharga Rp 15.000 dan bus biaya parkirnya Rp 25.000.

Jam buka wisata ini juga menyesuaikan kondisi dan situasi Indonesia saat ini, buka mulai dari pukul 06.00 WIB pagi hingga pukul 18.00 WIB di hari selasa-jumat. Kemudian di hari sabtu dan minggu buka pukul 06.00 hingga 19.00 WIB dan hari senin libur ya sobat.

Jam tersebut sangat tepat untuk anda melihat sunrise dan juga sunset dari ketinggian tebing.

Fasilitas Di Tebing Breksi

Fasilitas di tempat destinasi objek wisata satu ini sudah cukup mendukung kegiatan wisatawan saat berwisata. Seperti adanya toilet, tempat makan seperti food court dengan menu makanan dan minuman yang terjangkau, musholla, area parker yang memadai, tlatar pertunjukan dan lokasi off road.

Sedangkan area penginapan pengunjung bisa mencari di sekitar area dekat Candi Prambanan. Tapi hingga saat ini pihak pengelola terus berbenah untuk memberikan fasilitas yang terbaik kepada pengunjungnya.

Wahana Di Tebing Breksi

  1. Sepeda Gunung

jika anda bersepeda di daratan mungkin sudah biasa, nah disini anda bisa bersepeda di tebing-tebingnya yang menjulang tinggi. Apalagi pas banget buat anda juga suka kegiatan adrenalin akan cukup menantang apstinya. Kegiatan ini juga pastinya sebelumnya sudah di pastikan oleh pihak pengelola aman untuk di lakukan.

  1. Panjat Tebing

Ini adalah salah satu olahraga yang adapat dilakukan saat ada di tebing breksi yakni panjat tebing.  Kelihatannya ini mudah di lakukan padahal aslinya cukup sulit di taklukkan. Anda membutuhkan tenaga yang extra untuk menaiki tiap tebingnya.

  1. Tempat melihat Sunrise dan Sunset

Disini memang waktu yang pas buat menikmati indahnya matahari terbit atau sunrise dan matahari terbenang atau sunset. Apalagi dari ketinggian tebing sunggu akan membuat siapa pun terpesona akan keindahannya. Maka anda bisa datang di pagi harinya atau bisa juga di sore hari untuk waktu yang pas.

  1. Tlatar Seneng
tebing breksi
sumber foto: Reva Aryani

Sisi lain dari tempat ini di bagian kaki bukit anda bangunan undakan dengan kursinya juga yang membentuk setengah lingkaran seperti amphitheater gitu dan di beri nama tlatar seneng. Serta di sekelilingnya ada pohon besar yang memberikan kesan sejuknya, untuk ukurannya kurang lebih 15 sampai 20 meter.

Di salah satu area di tebing breksi ini juga biasanya aka nada pertunjukan pada kegiatan tertentu. Seperti kegiatan konser dan festival seni campursari, hadroh, perkusi, live music, wayang dan tari. Bahkan pernah ada kegiatan ngabuburit juga disini yang mendatangi musisi local hingga nasional.

Tips Berwisata di Tebing Breksi

  • Jangan lupa anda membawa penutup kepala serta memakai sunblock untuk melindungi anda dari teriknya sinar matahari yang menyengat.
  • Bawa air minum dari rumah karena untuk mencapai puncak tebing cukup menguras tenaga anda dan juga untuk menghemat biaya berlibur juga.
  • Gunakan juga alas kaki yang nayman untuk anda dan tidak licin saat menaiki area tebing.
  • Terakhir datanglah bukan pada hari libur karena aka nada banyak pengunjung lainnya sehingga anda tidak leluasa menikmati berlibur ke tebing breksi.

 

Oke itulah sedikit review dari sobat pesonanusantaraku terkait tebing breksi. Semoga ulasan di atas dapat bermanfaat bagi anda. Selamat berlibur dan jangan lupa untuk membagikan pengalaman jika sudah berkunjung disini di kolam komentar di bawah ini.

Tentang Serli Munawaroh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *