Hutan Monyet Bali

Hutan Monyet Bali : Wisata Keren dan Unik Di Ubud Bali

Hutan Monyet Bali Halo sobat Pesona nusantara dimanapun kalian berada, nah di artikel ini kita akan Melihat monyet-monyet Bali yang nakal harus berada di daftar aktivitas dan tujuan anda di Bali, dan Suaka Hutan Monyet Ubud adalah tempat paling populer untuk melakukannya.

Hampir 600 monyet tinggal di hutan monyet Bali! Ini adalah area hutan seluas 30 hektar yang mengelilingi candi Hindu abad ke-14 yang terletak di Ubud.

Wisata ini ramah keluarga, menyenangkan, dan terjangkau, dan Anda dapat berinteraksi dengan hewan dalam suasana yang lebih alami daripada kebun binatang. Apa yang tidak disukai?

Panduan perjalanan ini akan menjelaskan cara menuju ke hutan monyet Ubud, biaya masuk saat ini, dan semua hal lain yang perlu Anda ketahui sebelum Anda pergi!

Hutan Monyet Bali

Mungkin terdengar aneh, tapi Monkey Forest yang terkenal di Instagram adalah salah satu inspirasi terbesar untuk perjalanan pertama saya ke Bali.

Saya melihat semua foto orang berpose dengan monyet, dan itu terlihat sangat menyenangkan bagi saya. Pendapat orang tentang hutan monyet ada di mana-mana. Beberapa menyukainya, beberapa membencinya.

Banyak orang yang takut dengan monyet, jadi mereka lebih memilih menjauh dari tempat ini. Saya suka monyet, jadi pergi ke sini sepertinya pengalaman yang sangat menyenangkan dan otentik yang tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain.

Sekarang saya tinggal di Bali, saya telah kembali ke hutan monyet berkali-kali, dengan dan tanpa teman, dan selalu lucu untuk melihat kejenakaan monyet yang konyol.

Baca Juga :   Laptop Gratis dari Pemerintah Harga 10 Juta, Berikut Detailnya !

Siapa pun Anda, dijamin Anda akan mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan di sini!

Hutan Monyet Bali
Sumber : Pinterest
Hutan Monyet Bali
Sumber : Pinterest

Hal yang Perlu Diketahui

Hutan monyet Bali bisa sedikit liar.

Saya pernah melihat monyet merangkak di wajah orang, menurunkan atasan wanita, mencuri botol air, mencuri kacamata hitam (tidak memakainya), dan hanya menjatuhkan diri dan tidur siang di tengah jalan setapak.

Entah bagaimana saya secara ajaib lolos dari pipis, meskipun saya telah membiarkan monyet yang tak terhitung jumlahnya naik di pundak saya selama bertahun-tahun.

Dengan mengatakan itu, ini adalah tempat di mana Anda memiliki peluang bagus untuk digigit atau dikencingi. Jika Anda tidak suka monyet, maka menjauhlah!

Saya mendapat beberapa gigitan, tetapi tidak ada yang terlalu serius, dan monyet tidak memiliki penyakit yang perlu dikhawatirkan (lihat diskusi keamanan di bawah).

Sekali lagi, hutan monyet Ubud sedikit berbeda dengan kebun binatang, karena monyet bebas datang dan pergi sesuka hati.

Ini adalah habitat alami mereka. Monyet tinggal di sini, dan tidur di pohon beringin. Anda akan pergi ke tempat tinggal monyet kesayangan mereka. Istana hutan mereka, jika Anda mau.

Namun, Anda dapat memberi makan monyet atau berfoto bersama mereka. Mereka mudah untuk berinteraksi, sebagian karena staf yang membantu di Ubud Sacred Monkey Forest Sanctuary.

Staf dapat menggunakan makanan ringan untuk memikat monyet ke bahu Anda, dan mereka juga memiliki ketapel untuk menjaga mereka tetap dalam antrean (biasanya yang harus mereka lakukan adalah mengeluarkan ketapel dan monyet pengacau apapun menuju bukit).

Hutan Monyet Ubud memang agak ramai saat ini. Jika itu mengganggu Anda, maka Anda mungkin ingin mengunjungi Hutan Monyet Sangeh. Tidak jauh dari Ubud, dan tidak terlalu ramai.

Baca Juga :   INFO LOKER Anak BUMN! PT Reska Multi Usaha (KAI Services) Buka Lowongan Untuk D3 Dan S1 September 2021

Hal-hal yang TIDAK Untuk Dilakukan

  • JANGAN membawa segala jenis barang berharga. Monyet Bali akan mencurinya.
  • JANGAN memakai kacamata atau kacamata hitam. Monyet akan mencoba untuk mencuri mereka dari wajah Anda.
  • JANGAN membawa makanan dari luar atau menyembunyikannya di saku Anda. Monyet akan menemukannya, dan mereka tidak akan senang Anda menyembunyikannya.
  • JANGAN lari dari monyet. Mereka tahu apa artinya ini.
  • JANGAN menatap mata monyet dan menyeringai pada mereka. Mereka akan panik jika Anda melakukan ini, terutama yang lebih besar. Untuk beberapa alasan mereka menganggapnya sebagai tanda agresi.
  • JANGAN menyentuh atau mengambil monyet Bali. Mereka tidak akan membiarkan siapa pun mengambilnya, dan mereka benci disentuh. Biarkan mereka melakukan sentuhan.

Hutan & Pura Ubud

Salah satu alasan untuk mengunjungi hutan monyet Bali adalah untuk melihat beberapa hutan yang indah, lengkap dengan patung-patung kuno dan kuil-kuil (maka mengapa disebut ‘suaka monyet hutan suci’).

Ada pohon beringin besar di sini yang diketahui berusia setidaknya 100 tahun, dan mungkin jauh lebih tua.

Pura utamanya adalah Pura Dalem Agung Padangtegal dan diperkirakan dibangun sekitar tahun 1350 Masehi.

Pura dalem agung, sumber : Pinterest

Anda tidak bisa masuk ke dalam kuil, tetapi mudah untuk mengambil beberapa gambar bagus dari luar gerbang.

Patung Naga

Jika Anda mengikuti jalan setapak lebih dalam ke dalam hutan, ada patung komodo tua berlumut dan makhluk lainnya.

Ini adalah lingkungan Indiana Jones-y yang luar biasa yang masih saya nikmati bahkan setelah banyak kunjungan ke tempat ini.

Hutan Monyet Bali

Salah satu spot foto terbaik adalah jembatan beton besar di atas jurang yang di depannya dijaga dua patung naga batu.

Apakah Monyet Bali Mengalami Rabies?

Jawaban singkat — TIDAK

Baca Juga :   Yuk Lapor ke Sini jika Belum Terima BLT Ibu Hamil dan Anak Sekolah

Hutan Monyet Bali mendapat lebih dari 1,5 juta pengunjung per tahun, dan banyak dari orang-orang ini, termasuk saya, pernah digigit monyet dan tidak menjalani perawatan apa pun.

Jika rabies ada di sini, Anda pasti sudah tahu sekarang. Kami akan mendengar cerita horor di berita tentang pria yang meninggal karena gigitan monyet pada liburan tropisnya.

Di forum internet ada banyak kekhawatiran dan Desas-desus tentang rabies dan virus lainnya, dan beberapa kekhawatiran dapat dimengerti, tetapi faktanya adalah bahwa virus ini untungnya TIDAK hadir di Hutan Monyet Bali.

Dengan demikian, jika Anda mendapatkan gigitan monyet maka mungkin ide yang baik untuk membersihkannya. Monyet bukanlah hewan terbersih!

Ada kantor pertolongan pertama kecil di sini di mana staf dapat memperbaiki Anda dengan alkohol atau krim antiseptik.

Jam & Biaya Masuk

  • Jam: 08:30 – 18:00
  • Dewasa: Rp 80k
  • Anak-anak: Rp 60rb

Cara Menuju Hutan Monyet Ubud

Hutan monyet terletak di Ubud, di Bali tengah.

Cara terbaik untuk sampai ke sana adalah dengan menyewa skuter atau menyewa mobil pribadi dan sopir (keduanya dapat dipesan secara online).

Saya merekomendasikan untuk datang ke sini sedini mungkin, karena hutan monyet adalah tujuan wisata yang sangat populer dan ramai, terutama di musim ramai.

Tentang Adjie Prasetyo

Seseorang yang senang sharing segala hal tentang teknologi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *